34 C
Jakarta
Saturday, May 18, 2024

Builder Motor Local Canada, Bangun Kastem BMW R18

Builder motor asal Canada unjuk kebolehan bangun 3 motor kastem berbasis motor cruiser BMW Motorrad R18

Automoto – Bahkan jauh sebelum didebutkan secara resmi pada tahun 2020, motor berjenis Cruiser besutan BMW Motorrad yaitu BMW R 18 yang telah disebar ke Amerika dan berbagai negara lainnya diseluruh dunia,  pihak perusahaan BMW memerintahkan untuk membuat motor kastem berbasis R18  untuk didisplay setiap dealer-dealernya.

Dealer BMW Motorrad Cabang Canada berniat untuk ikut serta membuat prototip dan konsep dari motor berbasis R18 meskipun mereka sedikit terlambat dibanding dealer-dealer lainnya. 

Untuk proyek kustomasi motor pertamanya, BMW motorrad cabang Canada bekerjasama dengan 3 builder lokal untuk membangun motor kastem berbasis BMW R18 untuk dimodifikasi. keputusan untuk membangun motor kastem ini merupakan kesepakatan yang dibuat oleh perusahaan, hal ini merupakan salah satu misi dari BMW Motorrad agar motor produk mereka lebih mendunia lagi.

Jadi ke-3 builder Motor Lokal asal Canada ini masing-masing membangun 1 unit BMW R18 dengan gaya masing-masing, hal ini Pihak BMW ingin memberikan edukasi kepada para pecinta motor Triumph dan kepada masyarakat umum bahwa BMW R18 berpotensi sekali dikastem. 

Satu unit yang dibangun oleh Jay Donovan yang kemudian hasil garapannya dijuluki dengan ‘R18 Future Cafe”. Donovan memodifikasi rute knalpot R 18 yang tebal ke atas dan melewati silinder mesin dan langsung memposisikan knalpot ini dibawah jok motor. 

Mesin Big Boxer berkubikasi 802 cc dioptimalkan proses pembuatannya. dalam proses pembangunan motor tersebut Donovan bakal menambahkan beberapa spare part berbahan logam. dengan menggunakan keahliaannya atas perkerjaan dengan bahan-bahan logam.

jay donovan bersama bmw r 18 karyanya

Ornamen-ornamen pendukung lainnya dari konsep motor “Future Cafe” ini menampilan tangki, sadel dan bagian atas depan motor didesain ulang sepenuhnya dari bahan alumunium yang dipoles, spartboar depan dan belakang dipotong dengan warna finishing hitam kontras untuk menonjolkan kesan panjang, ramping dan futuristik.

bmw r 18 kastem karya jay donovan

Sementara builder asala Canda yang digawangi oleh Rob Thiessen dan tim Konquer Motorcycles yang bermarkas di Inggris. Ia mengerjakan proyek prototip motor Bunneville kastem R18 dengan sebutan “factory custom dragster” . dengan finishing cat garis-garis warna perunggu metalik yang unik yang langsung bisa membedakan dengan motor-motor lainnya.

bmw r18 kastem karta Rob Thiessen

spatbor depan dan belakang yang terlihat indah telah dimodifikasi, dipasang pola jok kastem dengan setelan rendah, dan dipasang fairing sehingga menambah kesan kokoh. Pada bagian tangki, Logo BMW dicat dengan graphis baru menambah kesan motor ini lebih berkelas, sementara untuk knalpot motor di cat dengan warna halus, knalpot posisinya bisa disetel.

Builder lokal Canada yang ke-3 bernama Nick Acosta dari Augment motorworks yang bermarkas di Toronto, Acosta mengusung konsep dan terinspirasi dari sebuah helikopter klasik Amerika dan seorang petinju asal Jerman, sehingga motor haris garapannya dijuluki dengan “El Boxerado, 

Selain stang model ape hanger yang dipasang, jok tunggal kastem dipasang pada motor R18, rumah lampu depan diukir dengan tangan dan knalpot model coctail. fitur lain pada motor tersebut dipasang old school sissy bar, untuk pengecatan bertema tatto diaplikasikan pada tangki motor dan panel samping sehingga memberikan kesan R 18 ini seperti motor klasik tahun 70-an. 

BMW R 18 kastem karta Acosta

Setelah ke-3 motor tersebut digarap, turut hadir untuk memeriksa hasil kerjaan ke-3 builder tersebut yaitu Roland Stoker yang menjabat sebagai kepala pimpinan proyek dari BMW motorrrad  dalam pengembangan model Heritage dan R18. Roland Stocker mengatakan bahwa Ia sangatlah terkesan atas keahlian yang dimiliki oleh ke-3 builder tersebut dan hasil kerja mereka sangat mengesankan, terlebih lagi usia para builder tersebuit masih tergolong muda-muda. semoga bisa memberi inspirasi bagi para pemilik R 18 khususnya

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications