26.5 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

Bertransformasi Melalui Mercedes-Benz Truk & Bus Euro 4 & 5 Di GIICOMVEC

GIICOMVEC (Gaikindo Indonesia Internasional Commercial Vehicle Expo 2024) adalah sebuah event tahunan pameran kendaraan komersial, Daimler Comercial Vehicle Indonesia (DCVI) luncurkan Beberapa Kendaraan Komersial terbaru.

automoto –  Lebih dari 50 tahun, Mercedes-Benz Bus lewat berbagai macam sasisnya telah banyak berkontribusi untuk tranportasi di Indonesia. secara konsisten mendukung program Pemerintah utamanya dalam penyediaan produk kedaraan yang mengeluarkan gas buang rendah emisi.

Di gelaran GIICOMVEC 2024 ini, Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) secara official merilis beberapa jajaran produk terbaru Mercedes-Benz Bus Euro 4 dan Euro 5 di Jakarta Convention Center. (7/03/2024).

Ini merupakan komitmen yang tinggi bagi DCVI dalam mendukung kebijakan pemerintah untuk menurunkan emisi gas buang. dengan diluncurkannya 2 produk kendaraan terbaru yaitu Bus Mercedes-Benz Euro 4 dan Euro 5 maka bertambahlah unit kendaraan komersial DCVI yang tergolong dalam jajaran kendaraan dengan gas buang renda emisi.

Pada tahun 2022 DCVI memperkenalkan Mercedes-Benz Truk Axor Euro 4 dan pada tahun 2023 Mercedes-Benz Truk Actros/Arocs Euro 5 pada 2023. disusul tahun 2024 ini memerkenalkan Bus Mercedes-Benz Euro 4 dan 5.

Naeem Hassim, President Director Daimler Commercial Vehicles Indonesia, dalam pidato singkatnya dihari pertama (pressday) GIICOMVEC 2024 menegaskan bahwa hadirnya unit Mercedes-Benz Bus Euro 4 dan Euro 5 menjawab permintaan berbagai pelanggan setianya untuk memberikan layanan Bus yang lebih ramah lingkungan bagi masyarakat Indonesia.

Secara global, Daimler Truck akan terus berupaya mencapai ambisi strategisnya untuk memimpin transformasi industri menuju era transportasi zero-emisi. Sejalan dengan visi Daimler Truck tersebut, dan menekankan perlunya kemajuan di bidang infrastruktur dan teknologi kendaraan, DCVI mengadopsi strategi ROAD TO TRANSFORMATION di Indonesia”

Selaras dengan percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia, DCVI dengan bangga menghadirkan model terbarunya, sasis Mercedes-Benz Bus Euro 4 dan 5, sekaligus dengan Truk Mercedes-Benz Actros dilengkapi dengan sistem suspensi udara dan Axor dengan Medium cabin untuk kenyamanan berkendara jarak jauh.

“Mendukung program lokalisasi produk, Mercedes-Benz OH 1626 L Euro 4 telah dirakit dan dibangun di Indonesia untuk Indonesia dan salah satu pencapaian terbaik kami adalah pencapaian penjualan Mercedes-Benz OF 917 dengan mesin depan yang di bulan ini akan merayakan pencapaian peluncuran 1000 unit di pasar Indonesia.” tegas Naeem Hassim.

Sebagai salah satu brand yang paling disukai di segmen bus besar, PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia membawa empat dari delapan model baru Mercedes-Benz Bus pada GIICOMVEC 2024; berikut beberapa perkembangan Mercedes-Benz Bus Euro 4 dan Euro 5 dibanding seri-seri sebelumnya:

  • Mercedes-Benz Bus O 500 RSD 2445 Euro 5 sudah dilengkapi dengan mesin OM 460 LA dengan 6 silinder berkapasitas 12,82 liter, dan mampu mencapai daya 449 hp dengan Torsi 2200 Nm. Mercedes-Benz O 500 RSD 2445 ini hadir sudah dengan Alcoa Alloy Wheels, dan teknologi keselamatan terlengkap yaitu Adaptive Cruise Control (ACA) dengan Active Brake Assist (ABA) 5 yang bisa mengantisipasi jarak dengan kendaraan depan, Lane Departure Warning System untuk memastikan posisi kendaraan di jalan, dan juga ESP (Electronic Stability Program). Unit ini sudah memenuhi persyaratan untuk diaplikasikan sebagai bus double-decker.
  • Mercedes-Benz Bus OH 1626 L Euro 4 hadir dengan keunggulan kekuatannya di tanjakan (highest gradeability) dan dilengkapi mesin OM 906 LA 6 silinder berkapasitas 6,3 liter, serta kapasitas besar 200 liter tangki utama + 200 liter cadangan tangki BBM dan 60 liter tangki AdBlue. Sasis OH 1612 L terbaru ini mampu memiliki kapasitas bagasi yang besar melalui adanya Space Frame Chassis, serta dilengkapi dengan Anti-Lock Braking System (ABS) dan Constant Throttle Valve (CTV) Engine Brake, serta Cruise Control yang mampu mendukung kontrol kecepatan pengendaraan.
  • Mercedes-Benz Bus OF 1623 L Euro 4 membawa mesin OM 906 LA 6 silinder dengan capaian daya 238 ps dan torsi maksimum mencapai 850 Nm / 1600 rpm. Sasis ini sudah dilengkapi dengan 380 liter tangki BBM serta 60 liter tangki AdBlue, balon suspensi udara di depan dan belakang untuk menyerap guncangan di jalan, dan Anti-Lock Braking System (ABS), serta Constant Throttle Valve (CTV) Engine Brake.
  • Mercedes-Benz Bus OF 917 Euro 4 masuk dalam kategori Bus Besar yang memiliki harga terjangkau di pasarnya. Hadir dengan mesin 4D34i yang mengusung 4 silinder berkapasitas 3,9 liter, sasis OF 917 ini juga dibekali 200 liter tangki BBM, 30 liter tangki AdBlue, serta Anti-Lock Braking System (ABS), Full-Air Brake dan Auto Slack Adjuster yang menjamin keamanan pengendara ketika bermanuver ataupun melakukan pengereman di jalanan licin.

Pada acara GIICOMVEC 2024 ini, DCVI tidak hanya membawa 4 produk bus terbarunya, namun juga membawa model terbaru dari seri truk Mercedes-Benz Axor dan Actros. Mercedes-Benz Axor serta Actros terbaru yang dibawa oleh DCVI memiliki keunggulan fitur baru dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yaitu:

  • Mercedes-Benz Axor 2528 R M-Cab masuk dalam kategori medium truk logistik, dan diperuntukkan untuk pengusaha logistik yang membutuhkan daya angkut yang terjaga di berbagai medan. Dengan kapasitas tangki bahan bakar 380 liter, diharapkan pengendara memiliki waktu yang lebih panjang di jalan untuk mempercepat waktu pengiriman. Unit ini juga sudah dibekali dengan fitur variable green band indicator untuk memantau efisiensi dalam mengemudi. Ditambah dengan adanya teknologi Constant Throttle Valve (CTV) Engine Brake serta Anti-lock Braking System (ABS) yang sudah lazim digunakan pada truk-truk Mercedes-Benz. Teknologi ABS mampu memberikan perlambatan yang baik sehingga pengendara bisa mengendalikan kecepatan terutama di jalan menurun.
  • Mercedes-Benz Actros 2636 LS masuk dalam segmen On-Road, dan hadir dengan fitur keamanan terlengkap bagi pengemudi seperti Active Brake Assist (ABA) 5, airbag khusus pengemudi, suspensi udara untuk poros belakang (rear axle), ditambah Roll Control Assist yang merupakan kontrol elektronik untuk penyesuaian suspensi udara di berbagai kondisi angkutan dan jalanan. Actros Euro 5 ini juga sudah dilengkapi dengan ESP (stability control assist) yang mampu mempertahankan kestabilan kendaraan di kondisi kritis, terutama dengan bantuan sensor yang canggih dan perangkat lunak terbaru. Adanya fitur keamanan canggih ini sangat direkomendasikan untuk perusahaan logistik yang memiliki standar keamanan yang sangat tinggi dalam faktor keselamatan pengemudinya.

Exif_JPEG_420

 

 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications