34 C
Jakarta
Saturday, May 18, 2024

Berkunjung Ke Museum Yamaha Yuk!

Nippon Gakki sekarang dikenal dengan Yamaha Corporation, pada awalnya adalah produsen alat musik selama perang dunia ke-2, perusahaan tersebut juga memproduksi baling-baling pesawat terbang dan pada akhirnya perang membutuhkan adanya penggunaan peralatan berbahan logam.

Automoto – Pada tahun 1955 akhirnya Yamaha memutuskan untuk berbisnis motor, sepada motor pertama yang diproduksi oleh pabrikan Yamaha adalah Model YA-1. Yamaha Corporation didirikan oleh Genichi Kawakami dengan karyawan sebanyak 150 orang.

Yamaha tipe YA-1 ini untuk pertama kalinya mengikuti ajang balap bergengsi di Jepang dan berhasil menjadi juara, Tuan Genichi Kawakami yakin bahwa dirinya akan menjadi pemenang, dan dikukuhkanlah bahwa Yamaha yang muncul sebagai pendatang baru yang tangguh dalam dunia balap motor. dan hal ini mendorong Yamaha menjadi terdepan dalam model sport, motor ini dijuluki sebagai motor sport pertama “Akatonbo” atau capung merah. 

 

Setelah dirilisnya Yamaha YA-1 tersebut kemudian mengembangkan dan menjual berbagai produk seperti mesin umum, mesin kelautan, generator dan juga motor. Pada bulan juli tahun yang sama, Nippon Gakki diganti menjadi Yamaha Motors yang sekarang menjadi salah satu perusahaan Jepang yang aktif dibanyak negara.

Yamaha Communication Plaza dijadikan sebagai ruang pamer untuk menjelaskan masa lalunya, masa sekarang dan yang akan datang dari Yamaha Corporation. dengan filosofi yang diusungnya yaitu “ Memberikan insprirasi bagi semua orang.

Lantai 1 

Hal yang paling menarik ketika kita memasuki museum Yamaha communcating Plaza dan berada di lantai 1 terdapat motor YA-1 sebagai cikal bakal dari perusahaan Yamaha Motors, dan berbagai jajaran produksi terbaru. selain itu ada juga produk skuter yang lama dan yang baru, ada pula kapal boot, sepeda yang dipasang mesin dan beberapa produk lain berlabel logo Yamaha.

Yang Menjadi pusat perhatian di ruangan itu ternyata ada Toyota 2000GT berwarna emas berkilauan, lantas apa hubungannya dengan Yamaha, ternyata mobil sprot ini aslinya dulunya dikembangkan oleh Yamaha Motors dan Toyota Motor Corporation pada tahun 1967.

Di lantai 1 juga terdapat berbagai macam produk  lain dan juga ada sebuah sumulator yang berada di ujung ruangan dimana pengunjung bisa merasakan sensasi mengendarai motor atau boat seperti yang sebenarnya diberbagai macam rute yang ada di monitor. selain itu juga ada panggung hiburan dan juga ada ruangan kerajinan untuk anak-anak.

Lantai 2

 

 

Di lantai 2 museum Yamaha dipajang beberapa motor, tehnologi dan aktivitas-aktivitas dari sejarah Yamaha motors dari awal sejak didirikannya. diantara motor-motor yang dipajang sesuai dengan kronologi berurutan dari yang paling awal hingga paling akhir, ada 1 motor yang pernah ikutan Paris-Dakkar asli. ada beberapa mobil balap, kursi roda, mobil buggies 4WD. 

ada ruangan pamer khusus untuk acara pameran tertentu seperti pameran “Revival of the motor show” ada koleksi modull dari model 2 silinder hingga tahun 1970-an ada ilustrasi dan koleksi photo yang berhubungan dengan mesin Yamaha dan motor-motor Yamaha. 

Lantai 3 

Dilantai 3 ada Plaza cafe yang buka mulai pukul 11.00 hingga pukul 4:00, setelah pengunjung menikmati segala apa yang dipajang baik di l

antai 1 maupun di lantai 2 maka pengunjung bisa istirahat di lantai 3 sambil menikmati menu dan minuman yang disediakan di cafe yang berada dilantai 3.

Hampir lupa, di lantai 1 terdapat toko untuk oleh-oleh yang beraneka ragam dari pakaian bermotor, helm, pin, kartu post, diecast dll.

 

 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications