26.5 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

VinFast, Produsen Otomotif Vietnam Ini Segera Bangun Pabrik di Indonesia

Produsen otomotif VinFast akan tancap gas dengan mendirikan pabrik di Indonesia dan akan jadi basis produksi mobil-mobil setir kanan untuk pasar ASEAN.

Automoto – Brand otomotif asal Vietnam, VinFast akan langsung tancap gas di Indonesia. Produsen otomotif tersebut akan segera mendirikan pabriknya di kawasan Bekasi, Jawa Barat.

VinFast akan mendirikan pabrik di atas lahan seluas 200 hektar  di Indonesia dan akan menjadi basis produksi mobil-mobil setir kanan untuk kawasan ASEAN (Thailand, Singapura, Malaysia) dan Australia.

Baca Juga : Yuanhang Auto Y6, Mobil Listrik Dengan Kemampuan Jelajah 1020 Km

Pembangunan pabrik tersebut akan dimulai pada kuartal I 2024 dan beroperasi pada 2025 mendatang.

“Pabrik VinfFast akan berlokasi di Bekasi, Jawa Barat, dan menjadi hub produksi ekspor negara-negara setir kanan yakni Thailand, Singapura, Malaysia dan Australia,” kata Surachman Nugroho, Sales and Network Director VinFast Indonesia, kepada beberapa wartawan, kemarin (5/1), di Jakarta.

Untuk tahun perdananya, VinFast akan mengimpor secara utuh (CBU = Completely Built Up) dari negara asalnya Vietnam.

Baca Juga : Hyundai Mobis Akan Pamerkan MOBION, Mobil Listrik Yang Bisa Melaju Ke Samping

Surachman menjelaskan, pabrik VinFast di Indonesia tak hanya sebagai lokasi perakitan mobil listriknya, tapi juga akan memproduksi komponen penting lainnya seperti baterai dan sepedamotor listrik.

“Kami akan bangun ekosistem di pabrik ini,” imbuh Surachman.

Mengutip dari Discover ASEAN, investasi yang akan digelontorkan oleh Vinfast ke Indonesia sebesar 18,6 triliun rupiah (USD 1,2 miliar).

VinFast didirikan pada 2017 dengan me-rebadge mobil-mobil BMW, dan merupakan bagian dari Vingroup. Vingroup sebelumnya dikenal sebagai Technocom Corporation, didirikan pada tahun 1993 di Ukraina.

Dalam 6 tahun, divisi otomotif Vingroup ini telah memasarkan 6 model: VF 5, VF 6, VFe34, VF 7, VF 8, dan VF 9.

Baca Juga : Hyundai Mobis Akan Pamerkan MOBION, Mobil Listrik Yang Bisa Melaju Ke Samping

Untuk pengembangan desain mobil-mobil yang mereka produksi, bekerjasama dengan rumah desain terkenal Italia, Pininfarina.

Pada awal tahun 2000an, Vingroup memulai bisnisnya di Vietnam dengan dua merek utama: Vincom dan Vinpearl. Pada Januari 2012, Vinpearl JSC bergabung dengan Vincom JSC untuk membentuk Perusahaan Saham Gabungan Vingroup.

Di Consumer Electronics Show (CES) 2024 mereka akan memberikan publik kejutan berupa sebuah mobil kecil SUV listrik (eSUV) VinFast VF 3 dan sepeda listrik DrgnFly.

Sementara pengenalan merek ini di pasar Indonesia akan dilakukan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 Februari mendatang.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications