26.5 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

Satu-satunya Fiat 500 Spiaggina Boano 1958

Mobil ini adalah salah satu dari 2 contoh mobil Fiat 500 Spiaggina Boano tahun 1958, awalnya dimiliki oleh Gianni Agnelli, salah satu industrialis besar abad ke-20. satu mobil lainnya dimiliki oleh Aristoteles Onassis

Automoto – Fiat 500 Spiaggina Boano tahun 1958 telah banyak mendapat pujian karena memulai tren mobil pantai pada akhir tahun 1950-an dan awal 1960-an.

Mobil-mobil ini niasanya sangat sederhana dengan bodi minimalis, tanpa atap atau panel samping, dan berukuran kecil.

Digunakan untuk mengankut pemilik kaya dari vila mereka ke pantai atau tepi danau selama musim panas.

 

Mobil Pantai Pertama

Gianni Agnelli sendiri berjasa mengembangkan konsep mobil pantai, ia menugaskan Mario Boano dari Carrozzeria Ghia untuk merancang Fiat 500 Spiaggina Boano sesuiai spesifikasinya sendiri berbasis Fiat Nuova 500.

Hanya ada 2 unit yang dibuat, Agnelli menghadiahkan mobil kedua kepada teman lamanya dan sesama industrialis yaitu Aristoteles Onassis.

Mobil kedua ini kini telah hilang dari sejarah. dan mobil Agnelli asli yang ada artikel ini adalah satu-satunya didunia

Agnelli menggunakan Spiaggina Boano terutama di musim panas di villa Leopolda di Villefrance-sur-mer, Perancis.

Mobil tersebut digunakan untuk mengangkut para tamunya dan anggota keluargannya disekitar halaman Vila dan ke kota terdekat atau pergi ke pantai.

Mobil ini pernah dipublikasikan di majalah Vogue pada periode tersebut dan diyakini fitur inilah yang memicu gelombang minta terhadap mobil pantai.

Segera setelah itu, Fiat 600 Jolly edisi terbatas memasuki jalur produksi, menawarkan pengalaman berkendara yang mirip dengan Spiaggina Boano yang juga dirancang di Ghia berbasis Fiat 500.

Dan akhirnya banyak mobil-mobil pantai menyusul, termasuk Citroen Mehari, Mini Moke, Volkswagen Thing dan renaut Rodeo.

Beberapa dari mobil ini awalnya dirancang untuk tujuan militer, termasuk Moke dan Thing, namun kemudian sering digunakan kemalabi oleh pemiliknya untuk dipantai.

Fiat 500 Spionggina Boano Milik Agnelli

Seperti disebutkan diatas, Fiat 500 Spiaggina Boano adalah mobil pribadi Agnelli, yang ditampilak di halaman depan majalah Vogue, menginspirasi pecinta genre otomotif yang benar-benar baru pada saat itu.

Mobil pantai tersebut diselesaikan dengan dua tone warna bagian atas warna krem dan bagian bawah warna biru tua, dengan strip kayu disekelilingnya, tidak memiliki pintu atau atap, meskipun memilki kaca depan penuh dan satu kaca spion tengah.

Jok depan dibuat dari bahan tenunan yang sangat sederhana dan memiliki bangku belakang yang lebih mewah dengan sandaran tangan untuk tamu.

Pelek terbuat dari bahan baja berwarna dof krome dan dibalut ban model klasik dengan dinding ban warna putih.

Mesin yang digunakan adalah mesin dari mobil Fiat Nouva 500 yang tediri dari mesin dua silinder inline Fiat 479cc yang dipasang dibagian belakang mobil.

Berpendingin udara dan memiliki 2 katup overhead setiap silindernya, mobil ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 15 bhp pada putaran mesin 4.000 rpm.

Tenaganya memang kecil tapi cukup disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 4 percepatan.

di padu dengan suspensi depan dan belakang menggunakan suspensi independen, untuk pengereman masih menggunakan rem tromol.

Bagasi depan berisi tangki bahan bakar, aki, dan gulungan perkakas dan ban serep yang diikat dengan tali karet, terdapat sedikit ruang tambahan untuk bagasi.

Sebagai satu-atunya mobil didunia contoh Spiaggina Boano ini sekarang masih ada, mobil ini memiliki nilai sejarah yang signifikan.

Agnelli menghadiahkannya kepada sopir pribadinya bernama bernadiao Aiassa pada tahun 1973 dan kemudian dijual ke Mario Rossi.

Mobil tersebut baru-baru ini ditemukan kembali dalam kondisi yang sangat sedikit hilang keasliannya oelh seorang kolektor terkenal yang tinggal di Turin.

Disimpan sebelum direstorasi, mobil tersebut pernah dipamerkan di Concorso d”eleganxa Villa d’Este pada tahun 2018 dan banyak menarik perhatian pengunjung.

Kini mobil tersebut meluncur di pelalangan RM southeby’s di paris yang dilelang mulai tanggal 31 Januari 2024 dengan tafsiran harga mulai dari 270.000 Euro hingga 290.000 euro.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications