26.5 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

Recall Toyota Sienta Lansiran 2016 – 2020, Perbaikan Bagian Front Garnish Pillar Clip

Automoto – PT Toyota Astra Motor (TAM) recall Toyota Sienta tahun produksi Juni 2016 – April 2020 untuk melakukan pengecekan dan perbaikan Front Garnish Pillar Clip di bengkel resmi Toyota terdekat.

Toyota melihat adanya potensi kebocoran air pada pilar depan karena performa sealer yang kurang maksimal sehingga berisiko mengganggu kinerja sistem kelistrikan tertentu, seperti pada sliding door electric jika tidak segera ditingkatkan kekuatan sealer-nya.

Toyota Sienta dilengkapi Front Garnish Pillar yang dipasang ke pilar depan atau pilar A menggunakan klip dengan sealer khusus berbahan resin untuk menutup lubang klip.

Karena daya tahan sealer atau penyegel yang kurang maksimal dalam menahan air, seiring waktu Front Garnish Pillar akan mengalami kebocoran sehingga air dapat mengalir dari pilar depan ke dalam kotak sambungan listrik yang terletak di ruang kaki pengemudi.

Jika sampai terjadi kondisi ini, konektor pada kotak sambungan listrik dapat mengalami korsleting, sehingga menyebabkan pengoperasian sistem kelistrikan tertentu seperti kunci pintu, sistem navigasi, dan lain-lain menjadi tidak tepat.

Selain itu, pintu geser elektrik pada Toyota Sienta dapat terbuka secara tiba-tiba saat berkendara di kecepatan berapapun, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan dan menciderai penumpang.

“Bengkel resmi Toyota akan melakukan pemeriksaan dan penggantian Front Garnish Pillar Clip pada pilar A untuk mengembalikan daya tahannya dalam menahan rembesan air,” ujar Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Langkah ini semakin penting karena sekarang sudah memasuki musim hujan.

Teknisi Toyota juga akan melakukan pengecekan apakah kebocoran sudah terjadi dengan menelusurinya hingga ke kotak sambungan listrik, dan melakukan Reprogramming pada ECU PSD (Power Sliding Door) jika kendaraannya dilengkapi fitur tersebut.

Durasi pengerjaan sekitar 2 – 3 jam di luar menunggu antrian dan proses administrasi. Setiap konsumen tidak dikenai biaya alias gratis.

“Recall ini merupakan bagian dari proses rutin quality monitoring yang kami lakukan, dan menemukan adanya ketidaksesuaian yang harus segera ditangani. Kegiatan ini juga memberikan masukan berharga dalam menghadirkan ever-better cars di masa depan,” pungkas Henry Tanoto.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications