34 C
Jakarta
Saturday, May 18, 2024

Penampakan Triumph Daytona 660 Tahun 2024

Triumph Daytona 660 2024 merupakan motor sport dengan mesin 3 silinder yang menjadi jantung kebangkitan serba bisa.

Automotor Triumph Setelah bertahun-tahun berada dalam kelesuan, ada kebangkitan di pasar motor sport kelas menengah karena produsen menemukan kembali resep sensasi murah dengan sisi praktisnya.

Sekarang Triumph siap untuk mengambil bagian dalam aksi dengan Daytona 660 barunya, dan setidaknya di atas kertas, ia memiliki semua bahan untuk menjadi yang terbaik dari semuanya.

Beberapa dekade terakhir merupakan masa yang sulit bagi sepeda motor sport. Setelah menjadi mobil terlaris di seluruh dunia pada tahun 90an,.

Mereka mengalami penurunan popularitas yang spektakuler di milenium baru ketika para pengendara meninggalkan generasi baru mesin empat silinder 600cc yang semakin ekstrim.

Pabrikan motor terjebak dalam pertarungan sengit untuk mendapatkan supremasi spesifikasi dan kesuksesan balap yang tampaknya membutakan mereka terhadap kegunaan yang membuat kelas menengah tahun 80-an dan 90-an yang begitu menarik.

Alih-alih membuat balapan lebih menarik, peraturan yang memaksa penggunaan streetbike dengan modifikasi minimal di kategori Supersport 600cc justru mengarah pada pengembangan generasi mesin yang terlalu fokus pada lintasan untuk menarik pelanggan yang sebelumnya menjadikan kelas tersebut sukses.

Honda CBR600F yang senang bepergian selama seminggu, touring selama liburan, dan mengunjungi trek di akhir pekan, memungkinkan pengendara memiliki satu motor dengan harga terjangkau yang memenuhi semua kebutuhan mereka.

Digantikan dengan  motor balap mahal untuk jalan raya , meskipun merupakan prestasi teknik yang mengesankan, tapi tidak cocok untuk digunakan sebagai motor harian

Untungnya, perusahaan motor ini tampaknya telah menemukan kembali kenikmatan dari sebuah sepeda motor sport yang praktis dan terjangkau, meskipun itu berarti mengorbankan beberapa tenaga kuda atau sepersekian detik waktu putaran.

Kategori baru mencakup sepeda motor seperti Yamaha YZF-R7, Honda CBR650R, Kawasaki Ninja 650, dan Suzuki GSX-8R. Namun, Triumph Daytona 660 baru terlihat lebih menarik dibandingkan model lainnya berkat mesin tiga silinder yang kaya karakter,

Harga Terjangkau

Performa terdepan di kelasnya, dan bandrol harga yang kompetitif. Daytona mulai dari $9.195 (Rp 143.047.534 jutaan), meluncur tepat di bawah Yamaha R7 seharga $9.199  (Rp. 143.109.762) meskipun menawarkan silinder ekstra dan 22 hp lagi.

Ini juga lebih murah, lebih ringan, dan lebih bertenaga dibandingkan GSX-8R seharga $9.439 dan memiliki keunggulan harga yang lebih besar dibandingkan Honda CBR650R seharga $9.899.

Pertama kali melihat motor ini diuji pada bulan Agustus lalu dan langsung terlihat jelas bahwa motor ini hampir siap produksi dan sebagian besar didasarkan pada Triumph Trident 660

Berbagi banyak komponen roadster tersebut. Namun, pengungkapan resmi mengungkapkan bahwa Triumph telah melakukan lebih dari sekedar memasang beberapa bodywork ke Trident.

Karena Daytona 660 memiliki beberapa perubahan mendasar termasuk versi mesin 660cc Trident yang direvisi secara besar-besaran.

Meskipun tenaga tiga kali lipat yang dimiliki Trident, yaitu 81 hp, sudah cukup untuk membuat motor ini setara dengan Suzuki GSX-8R baru dan mengalahkan R7 dari Yamaha dalam hal tenaga kuda.

Triumph telah memilih untuk meningkatkan standarnya lebih jauh lagi, dengan menciptakan versi 94 hp. mesin untuk Daytona 660. Lubang, langkah, dan kapasitasnya tidak berubah.

Tetapi ada kepala silinder baru, poros bubungan berbeda, poros engkol baru, sistem pembuangan 3-ke-1 baru, dan yang paling terkenal adalah triple throttle body baru. pengaturan sebagai pengganti throttle body tunggal Trident.

Bersama-sama, perubahan ini membantu mendorong redline ke 12,650 rpm, dengan tenaga puncak 17 persen lebih tinggi dibandingkan Trident dan mencapai 11,250 rpm, 1,000 rpm lebih tinggi dibandingkan roadster.

Torsinya juga lebih besar, dengan peningkatan 9 persen menjadi 51 lb.-ft., mencapai puncaknya pada 2.000 rpm lebih tinggi dari sebelumnya pada 8.250 rpm.

Ia dikendarai melalui kopling assist-and-slipper dan transmisi enam kecepatan yang sama dengan Trident, tetapi dengan rasio final-drive yang direvisi agar sesuai dengan sifat putaran mesin yang lebih tinggi. Quickshifter adalah opsional.

 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications