28.4 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Maserati Mistral 4.0 1970 Di Temukan Terbengkalai Di Gudang

Mobil ini adalah satu dari 20 contoh terakhir dari Mobil Maserati Mistral yang pernah dibuat, juga merupakan Maserati “Casa Del Tridente” terakhir yang ditenagai oleh versi mesin six-inline yang memenangkan kejuaran dunia F1 pada tahun 1957

Automoto – Nama Mistral diambil dari nama angin utara yang kuat dan dingin di Prancis Selatan, sejumlah Maserati berikutnya juga diberi nama berdasarkan angin terkenal, termasuk Ghibli, Bora , Khamsin, Karif, Shamal dan Levante

Perkembangan Maserati Mistral jatuh ke tangan Pietro Frua, salah satu pembuat bus dan perancang mobil Italia terkemuka pada masanya yang berbasis di Turin, sebuah kota di Itali Utara yang telah menjadi pusat utama industi otomotif.

Sasis mobil Mistral ini adalah desain yang kompleks yang terdiri dari pipa baja berpenampang kotak dengan berbagai ketebalan dan elemen baja lainnya.

semuanya dilas bersama untuk membentuk struktur yang kaku, jarak sumbu roda lebih pendek 200mm dibandingkan model 3500GT sebelumnya, sehingga memungkinakan bodu lebih ringkas dan bobot mobil juga sedikit lebih ringan.

Pietro Frua dan timnya mengembangkan desain bodi baru yang sebagian besar terbuat dari baja, namun pintu, kap mesin dan kusen jendela belakang terbuat dari bahan alumunium untuk membantu mengurangi bobot mobil.

Ciri khas bodi adalah lampu depan tegak, dan bagian depan ramping dengan kisi-kisi dibawah bempir depan tipis, Pilar A yang tipis dan kaca yang luas menghasilkan jarak pandang lebih luas baik bagi sipengemudi maupun penumpang.

Jendela belakang yang melingkar menawarkan visibilitas ke belakang yang sangat baik saat memundurkan mobil, Mistral pertama kali diperlihatkan kepada masyarakat di Turin Motor Show pada 1963, awalnya sebagai model coupe yang dibekali dengan esin 3,5 liter 6- inline yang legendaris.

Mesin yang dikembangkan pada tahun 1950-an dan versinya telah menggerakkan mobil grand Prix maserati 250F, memenangkan total delapan Grand Prix antara tahun 1954 dan 1960-an. Serta menjadi juara di ajang kejuaran balap Formula pasa tahun 1957 bersama Juan Manuel Fangio di Roda. 

Spesifikasi Maserati Mistral

Berbasis standar tahun 1960-an, Mesin Maserati inline-six merupaan mesin yang canggih, mesin ini memiliki fitur cam overhead ganda, busi kembar perselinder, ruang bakar berbentuk setengah bola,d an variasi selanjutnya dilengkapi dengan sistem injeksi bahan bakar agar tidak boros.

Mesin dimulai dengan kapasitas 3,5 liter dan 235 bho namun dengan cepat dilakukan renovasi ke versi 3,7 lier yang mengghasilkan power sebesar 256 bhp, lalu 4 liter dengan keluaran tenga 365 bhp, ini biasanya contaoh yang paling banyak diminati orang.

Tenaga dikirm melalui transmisi manual ZF 5 percepatan  dan suspensi independen dengan poros dibagian belakang, pengaturan yang umum pada saat itu, rem cakram dipasang depan dan belakang dengan rotor baja.

Varian Coupe dan Spyder (Convertible) dibuat, meskipun terdapat jauh lebih banyak coupe di 828 versus 125 spyder dengan total 953. versi tin tip dan drop top memiliki tempat duduk 2+2, dengan jol kursi belakang kecil yang paling cocok untuk anak-anak untuk perjalanan pendek.

Maserati Mistral 4.0 tahun 1970 yang ada difoto

Maserati Mistral 4.0 tahun 1970 yang kalian liat disini dikatak sebagai salah satu dari 20 contoh model terakhir yang diproduksi, yang berasal dari pabrik dengan pilihan pelek Campagnolo yang langka, seperti yang terlihat pada model Ghibli. 

Mobil ini dikirim dari pabrik ke Perancis, tiba dideler thepenier di Paris pada tanggal 12 Maret 1969 selesai di Rame metallizzato dengan interior kulit Nero, pemilik pertama adalah Mr, Morschetti, emelewati tangan Marie Helenne Lindemann sebelum dibeli oleh pemilik saat ini.

Mobil tersebut digunakan untuk mengantar anak-anak ke sekolah, sebelum mobil tersebut diabaikan dan dilupakan dan digeletakkan berpuluh-puluh tahun di bagasi .

Mobil ini sekarang ini sedang di lelang di RM sotheby’s pada tanggal 31 Januari 2024 mendatang dengan tafsiran harga antara $65.000 – $85.000 jika berminat silahkan kunjungi disini

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications