34 C
Jakarta
Saturday, May 18, 2024

Joan Mir Tak Mau Debut Menyedihkan Bersama Repsol Honda Terulang di MotoGP 2024

Automoto – Joan Mir tak mau mengulang debut menyedihkan di tim Repsol Honda di MotoGP tahu lalu dan menyebut tahun 2024 adalah tahun terpenting dalam karirnya.

Juara dunia 2020 bersama Suzuki ini hanya mengkoleksi 26 poin di musim balap 2023. Ia tak pernah melihat bendera finish di akhir pekan selama April hingga Agustus akibat cedera yang dialaminya.

Sempat meraih posisi kelima di India yang dinilai menjadi secercah harapan, namun hasil itu jadi satu-satunya penampilan terbaiknya, finish di sepuluh besar.

“Tahun 2024 adalah tahun terpenting dalam karir saya,” tegas Joan Mir.

Motor prototype Honda 2024 yang telah mengalami revisi besar-besaran menunjukkan tanda-tanda kemanjuan. Ia bisa menempatikan dirinya di posisi kesepuluh dengan selisih 0,692 detik dari posisi pertama pada sesi tes pra musim lalu di Sepang.

“Sebenarnya ini adalah tahun yang sangat penting bagi saya, mungkin tahun terpenting dalam karir profesional saya sejauh ini,” kata Joan Mir saat peluncuran tim Repsol Honda (13/2).

“Jika seorang tampil tak bagus selama satu musim… maka dua tahun berturut-turut akan lebih buruk lagi. Jadi saya ingin ini berhasil. Aku akan melakukan yang terbaik. Saya pikir Honda memiliki pemikiran yang sama dan saya sangat optimis,” tuturnya.

Mir meyakini tahun 2024 adalah tahun perubahan. Ia merasa motornya benar-benar berbeda dan corak barunya sangat agresif.

“Sejujurnya, saya pikir kami telah sedikit meningkatkan segalanya. Kami hanya melewatkan sedikit akselerasi saat ini, lalu masalah aerodinamis.”

“Tapi motornya sudah sangat berbeda dalam hal aerodinamis. Ini lebih mirip motor modern! Tahun lalu hanya ada satu sayap dan tahun ini banyak,” jelasnya.

Di antara banyak perubahan yang dilakukan Mir musim ini adalah pindah ke garasi lain untuk bekerja dengan mantan kru Marc Marquez, yang dipimpin oleh Santi Hernandez.

“Ini perubahan yang bagus, bisa dibilang, karena dengan Santi, hal itu sangat wajar di tes Sepang,” kata Mir.

“Kami mampu menciptakan atmosfer yang baik di dalam garasi yang sangat penting bagi seorang pebalap dan kami mampu bekerja sama dengan baik.”

“Juga dengan semua mekaniknya, itu adalah sesuatu yang sangat hebat. Saya sangat menikmati bekerja dengan mereka dan saya pikir kami bisa menjadi tim yang bagus musim ini,” pungkas Joan Mir.

Manajer tim, Alberto Puig, menegaskan tidak ada tanda tanya mengenai Mir meski musim lalu ia kurang beruntung.

“Kami mengenal Joan Mir dari masa lalu dan kami tahu tahun lalu dia kesulitan dengan motornya, tapi tahun ini dia mendapatkan kembali kepercayaan dirinya dan dia adalah pembalap yang sangat cepat,” ucap Puig.

“Dia adalah juara dunia dua kali. Jadi kami tidak punya tanda tanya padanya. Jadi mari kita lihat bagaimana motor baru ini dapat membantunya mewujudkan potensinya,” cetus Puig.

Puig juga senang dengan adaptasi tim yang dilakukan pemain baru Luca Marini.

“Bagi Luca, dia adalah pemain baru, tapi kami sangat terkejut dengan caranya masuk ke dalam tim. Sepertinya kami sudah mengenalnya sejak lama,” kata Puig.

“Dia sangat tepat, sangat terstruktur. Dia tahu apa yang dia inginkan.”

Puig menilai Luca Marini sebagai seorang pemuda yang terlihat sangat dewasa dalam cara bertindak di dalam garasi bersama para mekanik dan dengan para insinyur.

“Dari sudut pandang kami, sangat mudah bekerja dengan orang seperti ini dan kami sangat senang dia ada di sini bersama kami,” pungkas Puig.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications