27.9 C
Jakarta
Sunday, June 16, 2024

Honda Super Cub Motor Terbanyak Diproduksi Didunia

Honda Super Cub memegang rekor sebagai kendaraan yang paling banyak diproduksi secara massal dalam sejarah dunia, lebih dari 100 juta unit diproduksi sejak debutnya pada tahun 1958.

Automoto – Keberhasilan Honda Super cub sebagian besar disebabkan oleh desainnya yang sederhana, harga yang sangat murah, dan keandalannya yang luar biasa. Super Cub dibeli secara massal di sebagian besar negara berkembang, termasuk Asia Timur, Asia Tenggara, dan India yang jika digabungkan merupakan negara yang luas.

Asal Muasal Super Cub 

Awal mula ide untuk menjadi Honda Super Cub, kadang juga disebut Honda Cub, berasal dari perjalanan Soichiro Honda ke Eropa dan Takeo Fujisawa yang tertarik dengan balap, dan berada di Eropa untuk Isle of Man TT , namun Takeo Fujisawa adalah seorang pebisnis yang pandai, ia ada di sana untuk belajar semua yang bisa ia pelajari dari industri sepeda motor Eropa yang lebih maju.

Video Di Atas: Episode Garasi Jay Leno ini membahas tentang Honda Super Cub, dan Honda 50 yang terkait erat. Leno menawarkan rincian besar tentang sejarah model tersebut, dan Anda dapat melihat dan mendengarnya beraksi.

Fujisawa segera menyadari bahwa mereka dapat membuat sepeda motor berkapasitas kecil serupa dengan Lambretta dan Vespa yang dilihatnya di jalan, namun dengan roda yang lebih besar lebih cocok untuk jalan bergelombang dan tidak beraspal.

Dia memutuskan bahwa dia juga perlu menambahkan fairing plastik untuk melindungi pengendara dari angin, debu, dan cipratan genangan air.

Rangka “tulang bawah” monocoque baja tekan dikembangkan sekembalinya ke Jepang karena menghasilkan produksi yang lebih murah dibandingkan sasis tabung baja yang dilas dan jauh lebih cepat dalam jumlah besar.

Salah satu persyaratan Fujisawa yang lebih tidak biasa adalah desain barunya harus dapat dioperasikan dengan seseorang sementara pengendara membawa nampan mie soba.

Alasannya dijelaskan sebagai berikut: “Kalau bisa mendesain sepeda motor kecil, katakanlah 50 cc dengan penutup untuk menyembunyikan mesin dan selang serta kabel di dalamnya, saya bisa menjualnya. Saya tidak tahu ada berapa toko mie soba di Jepang, tapi saya yakin setiap toko pasti menginginkannya untuk pengiriman.” – Takeo Fujisawa

Membangun Pabrik Sepeda Motor Terbesar Di Dunia

Kedua orang tersebut sangat percaya pada pasar untuk desain baru ini baik di Jepang maupun di Barat, sehingga mereka membangun Pabrik Honda Suzuka yang akan menjadi pabrik sepeda motor terbesar di dunia.

Pada saat itu, mengerdilkan pabrik lainnya dan menghabiskan banyak uang Inspirasinya berasal dari Ford di Amerika Serikat dan Volkswagen di Jerman – yang keduanya menggunakan pabrik besar dan skala ekonomi untuk memproduksi kendaraan berkualitas tinggi dan berbiaya rendah.

Iklan Honda era tahun 1960-an di Amerika Serikat menampilkan kalimat “Anda bertemu orang-orang terbaik di Honda.” Ini menjadi salah satu slogan yang paling berkesan pada saat itu, dan hal ini sangat melunakkan tanggapan AS terhadap iklan Jepang. sepeda motor buatan. Gambar milik Honda.

Ketika memasuki produksi pada tahun 1958 dengan mesin sederhana berpendingin udara, satu silinder, empat langkah dan harga yang terjangkau, Honda tidak dapat memproduksi cukup banyak untuk memenuhi permintaan.

Honda Super Cub terbukti menjadi transportasi yang populer dan berbiaya rendah di Amerika Serikat jauh sebelum mobil Jepang diadopsi secara luas – dan banyak yang berpendapat bahwa Honda Super Cub adalah kendaraan yang pertama kali membangun reputasi keterjangkauan dan keandalan yang kemudian dinikmati oleh mobil Jepang. .

Honda terus memperbarui Super Cub dan memperbaikinya secara bertahap, selalu memastikan untuk tidak terlalu mengacaukan formulanya dan berisiko membuat model tersebut kehilangan daya tariknya. Model tersebut masih diproduksi hingga saat ini sebagai C125 Super Cub, popularitasnya telah meningkat sekali lagi dalam beberapa tahun terakhir berkat desain retronya sekali lagi menjadi bergaya.

Honda Super Cub C102 Ditampilkan Di Sini

Sepeda motor, atau skuter jika Anda lebih suka, yang ditampilkan di sini adalah Honda Super Cub yang direstorasi sebagian dari tahun 1965, model C102.

Restorasi sebagian dilakukan pada tahun 1997, dan diyakini bahwa kendaraan tersebut telah menempuh jarak 236 mil pada tahun-tahun berikutnya.

Tidak banyak yang diketahui tentang sejarahnya karena sepeda ini dibeli dari properti yang sudah meninggal pada tahun 2022, dan sejak saat itu dilaporkan telah dilakukan commissioning ulang.

Sepeda motor ini diberi finishing dalam warna tradisional merah dengan fairing plastik krem, dan jok dengan sisi krem ​​​​yang serasi dan atasan hitam.

Desain Super Cub telah memenangkan penghargaan model selama beberapa dekade. Ia telah dipamerkan di museum-museum besar dan dijadikan sebagai contoh desain industri yang nyaris sempurna.

Ia memiliki rem tromol di depan dan belakang seperti yang Anda harapkan, dengan pelat nomor depan yang dipasang memanjang dan pelat belakang yang dipasang melintang.

Tenaga disediakan oleh mesin empat langkah, 49cc, satu silinder, berpendingin udara yang menghasilkan 4,5 bhp.

Ini dikawinkan dengan transmisi tiga kecepatan, dan menggunakan satu set roda kawat klasik berukuran 17 inci.

Sekarang mobil tersebut ditawarkan untuk dijual oleh Collecting Cars out of Stockton on Tees di Inggris, dan jika Anda ingin membaca lebih lanjut tentang mobil tersebut atau mendaftar untuk menawar, Anda dapat mengunjungi daftarnya di sini.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications