26.5 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

Harley-Davidson FL Panhead 1949, Motor Harley-Davidson Ikonik

Harley-davidson FL series diperkenalkan pada tahun 1941, Pada awalnya dibekali dengan mesin Knucklehead V-Twin, suspensi depan model Lead-link dan bagian belakang ridgid atau hard tail.

Automoto – Pada tahun 1948 Harley-Davidson FL kemudian dilakukan update dengan menggunakan mesin Panhead V-Twin yang diaplikasikan untuk pertama, setahun kemudian garpu depan menggunakan garpu teleskopik hidrolik “Hydra-Glide” yang dikombinasikan dengan rem tromol dibagian depan.

Dengan demikian maka handling dan pengereman semakin lebih bagus, alhasil pada tahun 1949 Harley-Davidson FL menjadi pilihan antusias motor dan kolektor  Harley yang populer.

Mesin Knucklehead diganti dengan Panhead ini sangatlah signifikan, mesin baru V-Twin yang dilengkapi dengan valve cover yang terlihat seperti wajan (Pan) sehingga julukan Panhead sudah tidak asing lagi bagi para pecinta Harley.

Yang paling signifikan lagi dari perubahaan ini adalah pada valve cover-nya dimana ada fitur hydraulic lifter otomatis dan silinder head terbuat dari alumunium sehingga bobot mesin berkurang dan tidak mudah panas.

Harley-Davidson menawarkan series FL dengan pilihan 1200 cc Pada versi Panhead dan yang 999cc dipasang pada model EL. tidak diragukan lagi motor Harley-Davidson Pandhead gaya chopper ini menjadi motor ikon di film Easy Rider pada tahun 1969 yang dibintangi oleh Peter Fonda, Dennis Hopper dan Jack Nicholson.

Motor yang digunakan oleh Fonda dan Hopper menggunakan mesin Panhead, yang dipakai Fonda berjuluk ‘Captain Amerika” dan yang digunakan oleh Hopper berjuluk ‘Billy Bike” 

Harley memproduksi versi Harley-Davison FL Panhead ini dari tahun 1948 hingga 1969 dan setelahnya mesin panhead diteruskan model Shovelhead. namun walau mesin shovelhead diperkenalkan pada tahun 1969, tetapi ada kemungkinan masih bisa membeli motor dengan mesin Panhead yang dilakukan oleh perusahaan S&S dengan mesin panhead yang sudah direvisi.

Hingga dijaman sekarang ini motor-motor Harley bermesin Panhead masih banyak yang terselamatkan, seperti salah satunya motor yang ada diphoto, Harley Davidson FL Panhead tahun 1949 yang populer di acara TV series di amerika yaitu ‘Chasing Classic Cars” dengan bintang Wayne Carini .

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications