34 C
Jakarta
Saturday, May 18, 2024

Harley-Davidson EL Knucklehead V-Twin 1938

Harley-Davidson EL Besutan tahun 1938 adalah kendaraan roda dua ikonik Amerika serikat yang terkenal dengan fitur mesin Knucklehead V-Twin, Mesinnya termasuk mesin yang terbaik di abad ke-20.

Automoto – Nama “Knucklehead” ini diciptakan oleh pemilik Harley series EL setelah pada Rocker boxes mesin dipasang silinder dan bentuknya melengkung seperti ruas-ruas jari tangan manusia. sejalan dengan perkembangannya muncullah Harley-Davidson dengan mesin dengan desain Head baru yang disebut dengan Panhead menggantikan mesin knucklehead, selanjutnya diciptakan lagi mesin Shovelhead.

Harley-Davidson EL knucklehead

harley-davidson

pada tahun 1930-an Pasaran motor di Amerika didominasi oleh motor-motor dengan mesin single dan V-Twin, baik model F-head maupun flathead. pun demikian tentunya ada juga mesin-mesin yang desainnya lebih rumit, tetapi mayoritas dijalanan raya Amerika banyak motor dengan mesin yang sederhana.

Saat Harley-Davidson EL diperkenalkan untuk pertama kalinya pada tahun 1936 mesinnya menggunakan mesin baru yaitu Overhead Valve 61 cu atau 1000 cc dengan paduan gearbox 4 percepatan dimana saat itu sudah termasuk motor yang canggih.

harley-davidson

Namun, dengan pemasangan model Rocker box yang baru ini tidak berjalan mulus, karena masih terdapat masalah kebocoran oli sehingga menimbulkan permasalah bagi para insinyur harley-Davidson untuk terus memproduksinya, terlebih lagi masalah yang ada pada katup knalpot yang lemah.

Kemudian pada tahun 1937 di-update dan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada dari model sebelumya, hingga akhirnya pada tahun 1941 mesinnya ditingkatkan menjadi 1.210 cc dengan mesin Knucklehead V-Twin dan dipasang pula pada mdoel Harley-Davisaon FL.

harley-davidson

Untuk membuktikan kepada masyarakat umum bahwa kendala mesin yang ada sudah bisa siselesaikan, maka seorang engineer HD bernama Joe Petrali membuat model E Knucklehead dan memodifikasi, pada tahun 1937 Harley-Davisson model E knucklehead mencetak rekor baru dengan kecepatan 220 km/jam.

Seorang polisi dari Pasadena bernama Fred ham mengendarai motor Harley-Davisson model E menuju Muroc dry lake dan mengelilingi api unggun selama 24 jam untuk mencatat keceptan tertinggi. Dia berhasil meraih kecepatan rata-rata 125 km/jam dengan jarak tempuh sekitar 1.825 mil selama 24 jam hanya berhenti ketika mengisi bahan bakar dan minum jus saja. 

harley-davidson

Karena reputasi dari mesin knucklehead inilah maka banyak para kolektor motor HD memburunya. namun pada tahun 1948 mesin Knucklehead mau tidak mau harus minggir karena ada mesin baru model Panhead yang sudah direvisi. 

harley-davidson

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications