30.2 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Budaya Sub-Kultur Underground Street Racing Di Jepang

Kata Hashiriya dalam bahasa Jepang digunakan untuk menggambarkan mereka yang suka balap liar (underground street racing) di jalan raya, walaupun mereka melakukan balapan liar tetapi  dianggap lebih terhormat dan mendapat perhatian lebih dibandingkan di negara barat. 

Automoto – Seperti orang-orang Asia pada umumnya, Orang Jepang menjunjung tinggi rasa saling hormat menghormati, begitu juga para pembalap liar underground street racing di Jepang yang cenderung lebih menekankan pada keterampilan mengemudikan mobil  dari pada penampilannya.

Pada kesempatan ini kita akan sedikit mempelajari bersama tentang sejarah, legalitas dan daya tarik dunia balap underground street racing di Jepang. dengan mengeksplorasi evolusi yang ada dari berbagai disiplin yang mendifinisikan tentang Sub-kultur Underground Street Racing di Jepang.

Apakah balap liar underground street racing  di Jepang legal?

Sebelum kita mendalami lebih jauh tentang status hukum Underground street racing di Jepang, mari kita sejenak kembali ke masa lalu, ketika masa kejayaan budaya otomotif Jepang khususnya pada tahun 1980-an dan 90-an yang menunjukkan suatu hal yang sangat berbeda di kala itu .

Pada saat itu, negara Jepang banyak menelurkan mobil-mobil legendaris, seperti R32 Nissan Skyline GT-R, Mazda RX-7 dan Toyota Supra, tetapi pada kenyataannya kegiatan Balap Liar di Jalanan sangatlah berisiko tinggi dan sangat berbahaya.

Selama periode itu, Pemberian keringanan hukuman terhadap kegiatan semacam ini jelas lebih terasa dibandingkan di jaman sekarang, sering kali para pihak yang berwajib sering mengambil tindakan  “Laissez-Faire” yang berasal dari bahasa perancis biarkan saja apa yang terjadi alias membiarkan begitu saja kegiatan balap motor dijalanan.

Tetapi dijaman sekarang ini pihak pemerintahan Jepang sudah berubah secara signifikan, keutamaan keselamatan di jalan raya justru lebih diutamakan, sehingga potensi risiko yang disebabkan oleh para pembalap liar sudah mulai berkurang.

Dan adanya peningkatan kepedulian secara internasional dimana para pengemudi sekarang ini jauh lebih bertanggung jawab dan disiplin mematuhi peraturan lalu lintas,  Hal ini telah mendorong pihak yang berwajib untuk memperketat kendali mereka terhadap adanya balap liar underground Street Racing.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications