34 C
Jakarta
Saturday, May 18, 2024

Wahana Honda Edukasi Perempuan Berkendara Aman dan Selamat

Materi edukasi safety riding yang diberikan Wahana Honda antara lain riding gear, pola kecelakaan hingga perilaku berkendara tidak aman.

Automoto – PT Wahana Makmur Sejati (Wahana Honda) selaku main dealer sepada motor Honda wilayah Jakarta dan Tangerang beri perhatian khusus pada keselamatan pengendara perempuan.

Wahana Honda mengundang sejumlah perempuan dalam seminar cara berkendara aman (safety riding) di Idemitsu Lounge, Jakarta pada medio Desember lalu.

Kegiatan bertema Hidup Penuh Arti Bersama #Cari_Aman ini guna mendorong peran wanita menerapkan safety riding sepedamotor di jalan.

Seminar dihadiri oleh 80 orang yang terdiri dari lady bikers dan istri komunitas Honda Spacy. Kapolsek Cilandak Kompol Wahid Key hadir sebagai pembicara undangan.

Menurut Head of Safety Riding Promotion PT WMS Agus Sani, angka kecelakaan lalulintas yang melibatkan pengendara sepedamotor di Indonesia masih tinggi. Trend wanita pengguna sepedamotor di Tanah Air juga naik.

Baca Juga : Main Dealer Honda Ajak Komunitas CB150X Adventure Riding ‘Dua Alam’

“Sayangnya, masih ada stigma negatif terhadap pengendara sepeda motor wanita di Indonesia. Idiom yang terkenal, contohnya, ‘sein kanan belok kiri’,” ujar Agus.

Oleh sebab itu, lanjut Agus, Wahana Honda dan stakeholder terkait terus berupaya mengikis stigma tersebut dengan mengadakan kegiatan seperti seminar ini.

“Kegiatan-kegiatan edukasi seperti ini harus dilakukan berulang kali agar perilaku safety riding tertanam kuat di alam bawah sadar pengendara sepeda motor,” tegas Agus.

Dia menyatakan peran serta masyarakat penting agar sikap berkendara #Cari_Aman dapat diterapkan oleh banyak pengendara sepeda motor di jalan. Tak terkecuali bagi wanita pengendara motor.

Baca Juga : Honda EM1 e: PLUS Resmi Meluncur, Harga Rp 33.5 Juta

“Mereka diharapkan menginspirasi pengendara lain atau khalayak luas” harap Agus.

Seminar ini merupakan bagian dari edukasi keselamatan berkendara kepada sekitar 1.100 perempuan dari Sabang sampai Merauke.

Edukasi ini digagas oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dalam rangka memperingati Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember.

Materi edukasi safety riding yang diberikan antara lain riding gear yang sesuai, pola kecelakaan hingga perilaku berkendara tidak aman yang berpotensi dilakukan oleh para pengendara.

Sebagai informasi tambahan, Korlantas Polri mencatat lebih dari 131 ribu kejadian kecelakaan lalulintas sepanjang tahun 2022, di mana sepedamotor mendominasi lebih dari 74%.

Dari situs Kemenhub didapatkan bahwa sepanjang periode Januari 2022 hingga 13 September 2022, dari laporan pihak Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri), tercatat 94.617 kasus laka lantas di wilayah Republik Indonesia. Jumlah tersebut mengalami peningkatan sekitar 34,6 persen dibandingkan tahun 2021 yaitu sebanyak 70.000 kasus kecelakaan.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications