29 C
Jakarta
Thursday, July 25, 2024

Volkswagen Tipe 2 1972 Berlapis Baja, Hanya 4 Unit Yang Pernah Di Buat

Volkswagen T2 Tahun 1975 ini keluar dari pabrik dalam bentuk Van yang relatif standar, dikirim ke Itali dan diubah menjadi kendaraan lapis Baja untuk digunakan oleh Metronotte untuk mengangkut perhiasan, emas dan uang tunai dalam jumlah besar.

Automoto – Meskipun mobil Volkswagen T2 tahun 1972 ini dalam daftar lelang untuk kendaraan ini didiskripsikan sebagai mobil angkut lapis baja, kendaraan ini mungkin lebih tepatnya digambarkan sebagai mobil lapis baja.

Kendaraan ini telah diberi banyak lapisan baja dan perlindungan lain untuk keselamatan di Metronotte, dan sekarang sedang ditawarkan Seine Maritime, Perancis di Car & Classic.

Dari Palltenwagen Ke T2

Tidak mungkin ada orang di Volkswagen yang tahu bahwa pada tahun 1950-an, ketika mereka pertama kali merilis Tipe 2, mobil ini merevolusi persepsi dunia tentang apa sebernanya mobil Van, pilhan bagi gerakan Hippie pada tahun 1960-an, dan menjadi platform Camper Van yang paling umum di dunia.

Konsep awal Volkswagen Type 2 muncul dari seorang importir Volkswagen Belanda Bernama Ben Pon, Pada tahun 1947, Pon mengunjungi Pabrik Volkswagen di Wolfburg, Jerman.

Saat disana, Ia melihat sebuah kendaraan unik dan darurat yang dibuat oelh para pekerja pabrik dengan menggunakan sassis Beetle yang telah dipreteli untuk mengangkut suku cadang dan material disekitra komplek pabrik yang luas. 

Penggerak suku cadang flatbed ini, meskipun belum sempurna, sangat fungsional dan memicu sebuah ide dalam pikiran Pon,

Terinspirasi oleh kendaraan flatbed yang Ia lihat di Pabrik, ia membuat sketsa desain kendaraan multifungsi berbentuk kotak yang dibangun diatas sasis vw Beetle.

Gambar awalnya, tertanggal 23 April 1947, sering dianggap sebagai gambar konseptual pertama dari apa yang kemudian menjadi tipe 2.

Pon memnayakan sebagai kendaraan serba guna yang dapat berfungsi baik sebagai mobil angkutan penumpang maupun barang.

Produksi resmi Volkswagen Tipe 2 dimulai pada bulan Maret 1950 di Wolfsburg, Jerman dan disebut tipe 2 karena diambil darri naman VW Beetle Tipe 1.

Volkswagen Tipe 2 memiliki sejumlah nama berbeda diberbgai wilayah, disebut Transporter, Kombi atau Microbus di Amerika, Bus atau Kombi di Australia,dan Cmaper di Inggris sedang di Jerman disebut Bulli.

Pada tahun 1967 generasi kedua dari tipe 2 diperkenalkan, secara internal disebut T2 oleh Volskwagen, dan model generasi pertama menjadi T1.

T2 menampilkan beberapa peningkatan dibandingkan dengan pendahulunya termasuk kaca depan panorama one-piece model baru, kaca lebiah lebar, lebih panjang dan lebih luas serta lebih aerodinamis, model barunya ini kemudian mendapat julukan “Breadloaf”. (roti tawar)

Sama seperti pendahulunya, T2 terbukti menajdi produk terlaris dan digunakan dalam semua keperluan, versi camper tetap sangat populer saat ini dan sangat layak untuk dikoleksi.

VOlkswagen Tipe 2 yang ada di Foto

Mobil VW tipe 2 yang kalian liat difoto digambarkan sebgai mobil pengangkut pribadi lapis baja, meskipun lapis baja dan memapu membawa pesonel.

Kendaraan ini digunakan sebagai mobil lapis baja oleh perusahaan Italia Metronotte untuk mengangkut perhiasan, emas, uang dan barang berharga yang lain.

Dalam sejarahnya ada 4 mobil sejenis yang pernah dibuat, proses pengerjaannya relatif signifikan termasuk mengganti seluruh kaca asli dengan kaca lapis baja yang tebal

Bagian dalam diganti dengan material baja karena mobil tersebut digunakan untuk mengangkat uang, emas, perhiasan dan barang berharga lainnya di Itali.

Sulit untuk mengetahui bagaimana masa depan Van ini, apakah pemilik baru akan mempertahankannya seperti sekarang ini atau memodifikasi ulang?

Mobil tersebut masih dibekali dengan mesin VW flat-four 1,6 liter asli yang dipadukan dengan gearboks 4 perceptan.

Kemungkianan besar ini bukanlah kendaraan tercepat mengingat bobot tambahannya berbahan baja dan kaca laminasi yang lebih tebal.

jika kalian berkesempatan untuk memilikina lantas apa yang akan kalian lakukan?    

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications