29 C
Jakarta
Thursday, July 25, 2024

Vespa Douglas Penuh Kenangan Bagi Tony Dan Istrinya

Automoto tomodachi yang antusias motor atau skuter yang fanatik pasti tidak akan memindah tangankan motor atau skuter kesayangan terlebih lagi yang bersejarah, seperti Tony Towle yang memiliki Vespa Douglas sejak tahun 1960-an masih ada hingga sekarang.

Automoto – Tomodachi, ada salah satu pecinta skuter Vespa bernama Tony Towle yang memiliki  Vespa Douglas sejak tahun 1960-an hingga sekarang  vespa tersebut tetap tinggal di keluarganya.

Vespa tersebut dibeli oleh Tony pada tahun 1960-an dan diangkut mobil Towing ke rumahnya, namun saat skuter tersebut menuju 125 mil sebelah timur rumahnya di Leicester, Keponakannya yang bernama Ian Chapman ingin membelinya.

Sebenarnya Tony berat Hati untuk menjualnya tapi karena yang ingin membeli skuter tersebut adalah keponakannya dan Ia percaya akan dirawat dengan baik, akhirnya dengan berat hati ia merelakan skuter tersebut dirawat oleh keponakannya yang tinggal di Norfolk.

Tony yang sudah berumur 88 tahun ini sangat senang dengan Vespa Douglas 152L2 ini, ditambah lagi istrinya yang bernama Joyce mengijikannya, tapi kalau pembelinya bukan ponakannya istrinyapun tak mengijinkan.

Vespa Douglas tersebut lengkap dengan surat-surat dan buku manual serta beberapa spare part dan aksesoris diberikan kepada keponakannya. sedih memang melepaskan skuter kesayangan yang sudah lama mereka miliki, namun apa boleh buat, ponakannya yang juga antusias sangat menginginkannya.

Tetap Mempertahankan Gaya Patina

Saat Mendapatkan Vespa Douglas tersebut, Tony sangat Senang sekali berkesempatan untuk membelinya, surat-suratnya lengkap dan setelah dibeli tentu saja Ia tak sabar untuk cepat-cepat mengendarainya, dan Ia berniat untuk tetap menjaga gaya Patina dan apa adanya.

Kembali ke tahun 1950-an, Tony teringat motor pertamanya yaitu sebuah motor Panther 250 yang dimiliki bersama saudaranya yang bernama Roger, kemudian beralih ke motor Excelsior 200 lalu berlanjut memiliki motor BSA Golden Flash.

Beberapa mobil datang dan pergi kerumah Tony, yang tinggal dan bekerja di pertanian keluarga di Burton on the Wolds, memutuskan untuk memesan Vespa baru dari dealer Autos Supply yang berbasis di Coalville.

Saat itu Tony menginginkan sebuah kendaraan skuter vespa ini karena baginya terasa mirip sebuah mobil karena terdapat pelindung kaki dari cuaca.

Tony membeli Vespa tersebut pada tanggal 2 Januari 1960, membayar £152 16s 2d, termasuk 17s 6d untuk pajak jalan raya, £1 10s untuk pelat nomor, £7 12s 6d untuk kaca depan, £2 15s untuk keranjang beban pelindung kaki depan, dan 17s 6d untuk kaca spion, plus bensin dan aki.

Vespa Douglas dirakit di Bristol, di lokasi yang sama di mana perusahaan tersebut memproduksi sepeda motor sejak tahun 1907. Pada tahun 1948, Vespa Douglas berada di ambang kebangkrutan ketika direktur pelaksana karismatik Claude McCormack melihat sebuah Vespa sedang berlibur di Italia.

Ia berhasil membujuk Enrico Piaggio untuk memberikan Douglas izin memproduksi Vespa untuk pasar Inggris dan Persemakmuran.

Vespa buatan Inggris

Produksi dimulai pada bulan April 1951, dengan skuter awal hampir seluruhnya dibuat di Inggris dengan mesin dan suku cadang rem pabrikan Douglas, dan bodywork berasal dari Pressed Steel di Birmingham.

Pada saat model 125cc 152L2 diperkenalkan pada tahun 1959, sebagian besar suku cadang diimpor dari Piaggio di Italia, tetapi barang-barang seperti sadel, karburator, ban, serta beberapa komponen kelistrikan masih dibuat di Inggris.

Douglas menghentikan produksi Vespa pada tahun 1965, namun tetap menjadi importir Piaggio di Inggris hingga tahun 1982. Saat Tony tinggal di daerah pertanian, ia menggunakan Vespa, satu-satunya alat transportasinya, khusus untuk kesenangan di tahun-tahun awal.

Kerapkali Tony mengendarai vespa douglas tersebut di malam hari dan akhir pekan untuk pergi ke bioskop, liburan dan sebagainya, selain itu Ia juga bergabung ke sebuah komunitas vespa yang bernama Leicester Vespa Club setelah ia baru saja mebelinya.

Pertemuan semasam anggota club tersebut diadakan di hari minggu, kadang-kadang riding bareng hingga ke Derbyshire, setiap malam minggu juga sering kopdar, tetapi Tony masih belum banyak kenal anggota-anggota lainnya, akhirnya ia lebih sering riding sendiri tanpa ada hubungannya dengan skena mod saat itu.

Meskipun Tony tidak dapat mengingat dengan pasti, Joyce mengatakan bahwa dia hampir pasti pernah mengendarai skuter ke Leicester untuk acara square dancing Amerika pada suatu malam di tahun 1962.

Hingga akhirnya disebuah acara pesta Tony mengendarai vespa tersebut dan bertemulah dengan joyce yang menjadi istrinya hingga saat ini. dan akhirnya tony dan Joyce mendaftarkan nama mereka untuk mengikuti tour keliling sentral telepon baru di Wharf street.

Modifikasi Vespa

Tidak lama setelah membeli Vespa, Tony melakukan beberapa modifikasi seperti  memasang kit “Flashing Signalators”, dan saklar rahasia yang perlu dijentikkan agar dapat menghidupkan mesin. Indikator dan lampu belakang bukan merupakan perlengkapan resmi Vespa – sebenarnya merupakan perlengkapan untuk mobil

Lampu Ini sangat berguna pada suatu malam di Leicester, seperti yang diingat Joyce. Saat mereka sedang pacaran, nonton bioskop dan kami duduk di beberapa kursi di Alun-Alun Balai Kota, berpelukan dan semacamnya, tiba-tiba alarm vespanya berbunyi ada yang mencoba mencurinya tapi karena ada kunci rahasianya maka skuternya tidak dicuri.

Berkendara di salju dan es

Tony dan Joyce senang sekali mengendarai vespa douglas tersebut saat cuaca dingin dimusim salju, pada bulan Septemer tahun 1962 setelah panen, sering sekali mengendarai vespa tersebut berdua.

Terlebih lagi saat liburan, hampir semua waktunya dihabiskan dengan mengendarai vespa douglas tersebut mengelilingi kota dan tempat-tempat wisata berdua hingga akhirnya setelah menikah Joyce akhirnya berhenti untuk membonceng, karena Ia lebih memilih mengendarai mobil untuk kekantor.

Menggunakan Douglas Vespa sebagai kendaraan komuter

Namun Tony tetap mengendarainya, skuter tersebut kini terkadang digunakan sebagai kendaraan komuter karena ia telah pindah dari pertanian keluarga dan masuk ke rumah perkawinan pasangan tersebut.

Sebenarnya, skuter yang Anda lihat di foto-foto ini tidak sepenuhnya skuter yang dikendarai Tony saat pulang pada tanggal 2 Januari 1960. karena bodinya dimodifikasi dan mesinnya juga baru karena pernah nabrak dan mengalami kerusakan parah sehingga harus direstorasi hampir keseluruhan. saat itu Ia mengendarai vespa sejauh 71.000 mil ditempuh dalam waktu 10 hingga 15 tahun.

Dia masih berkendara hingga usia 70-an, hanya sesekali keluar untuk bersenang-senang saja, hingga akhirnya ia dijulukid engan oldman and scooter. diusia ke 80 tahun ia berhenti mengendari skuter tersebut dan menyimpannya digudang.

Hingga akhirnya ponakannya ingin memiliki vespa douglas yang penuh dengan memori tersebut.

 

 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications