29 C
Jakarta
Thursday, July 25, 2024

Toyota Sports 800 Tahun 1965, Mobil Terkenal di Jaman Showa

Toyota Sports 800 dirilis pada bulan Maret 1965 dan menjadi mobil terkenal di Jaman Showa.

Automoto – Toyota Sport 800 merupakan salah satu mobil terkenal antara tahun 1955 hingga 1980-an, Edisi ke-27 adalah kemunculan Toyota Sports 800, yang dikenal dengan sebutan “Yotahachi”.

Lahir sebagai mobil sport ultralight, aktif di olahraga motor awal

Balapan Suzuka 500km pertama diadakan pada bulan Januari 1966, dan juga merupakan balapan jarak jauh pertama di Jepang.

Hampir semua mobil sport Jepang pada masanya diikutsertakan dalam perlombaan ini. Mobil-mobil tersebut antara lain Toyopet Corona, Skyline, dan Isuzu Verrett, namun ada juga mobil sport ternama Eropa yaitu Lotus Elan.

Performa berkendara rombongan Toyota Sports 800 yang berjalan berdampingan dengan mobil berkapasitas (relatif) besar ini mulai menarik perhatian penonton.

Berbeda dengan mobil berkapasitas besar yang melakukan minimal satu kali pit stop untuk pengisian bahan bakar.

Toyota Sport 800 yang dilengkapi dengan tangki bensin 69L yang dibuat khusus, terus berlari tanpa melakukan pit stop, secara bertahap meningkatkan rangkingnya, meski kecepatannya lambat. .

Selain itu, melalui strategi cerdik seperti slipstreaming antar rekan satu tim (mengemudi dekat di belakang mobil di depan) untuk mengurangi konsumsi bahan bakar.

Mereka menempati posisi ke-2 atau ke-3 di etape akhir, bahkan sempat memimpin karena mogoknya Lotus Elan yang memimpin.

Segera setelah itu, ia menempati posisi ke-1 dan ke-2 dan menjadi juara. Penonton terkejut dengan situasi yang mengejutkan ini.

Yotahachi julukan untuk  Toyota Sports 800

Bodi aerodinamis yang sangat ringan mengurangi hambatan udara, dan meskipun laju pergerakannya tidak begitu kencang.

Namun Ia mampu berlari dengan stabil dan untuk waktu yang lama, sehingga dengan terampil dapat berlari lebih cepat dari pesaingnya yang lebih kuat.

Prototipe Toyota Sports 800 adalah model yang dipamerkan dengan nama Publica Sports di Tokyo Motor Show ke-9 pada tahun 1962.

didesain oleh Shozo Sato, yang memenangkan Mainichi Industrial Design Award untuk desain model Datsun 110/210.

 

Prototipe ini menampilkan kanopi yang dapat digeser ke belakang, mirip dengan jet tempur pada Perang Dunia II.

Namun model produksinya tidak nyaman saat cuaca hujan dan sulit untuk dipasang dan dilepas  kemudian diubah menjadi pintu biasa .

Ide perancangnya, seperti gril depan yang sangat sederhana, bemper hanya dengan overrider, dan struktur bodi melengkung yang ramping, telah dibawa ke dalam model produksi.

bodi mobil memiliki dua ciri utama, pertama adalah penggunaan kaca melengkung untuk jendela samping, yang berkontribusi besar dalam mengurangi area proyeksi depan.

Yang kedua adalah adopsi panel atap FRP yang dapat dilepas, hampir setahun lebih maju dari Porsche 911 Targa Top yang terkenal.

Desain Bodi mobil

Desain bodi aerodinamis mirip pesawat melibatkan pengujian terowongan angin ekstensif, menghasilkan luas bagian depan 1,33m².

Hampir identik dengan Porsche 904 yang berukuran 1,32m². Selanjutnya nilai Cd koefisien hambatan udara menunjukkan nilai yang sangat baik sedikit melebihi 0,30.

Toyota Sports 800 dibuat dengan biaya murah dengan menggunakan banyak komponen dari mobil Publica yang diproduksi secara massal.

Mesinnya tentunya bertipe 2U yang merupakan versi modifikasi dari OHV (U) dua silinder berpendingin udara Publica. jenis).

Lubangnya 5mm lebih besar pada 83mm, tetapi langkahnya sama dengan 73mm, dan perpindahannya meningkat dari 697cc menjadi 790cc. Diameter venturi karburator juga ditingkatkan (26φ → 28φ), dan satu karburator dipasang per silinder.

Area poros engkol juga diperkuat, dan rasio kompresi ditingkatkan dari 8,0 menjadi 9,0. Melalui gearbox manual 4 percepatan.

Ia mampu berlari dari 0 hingga 400m dalam 18,4 detik dan memiliki kecepatan tertinggi 155km/jam. Kecepatan ini 10 km/jam lebih cepat dibandingkan Austin-Healey Sprite, mobil sport ringan pada masanya.

Apalagi jika dikendarai dengan baik, efisiensi bahan bakarnya mencapai 18km/L di dalam kota dan 28km/L saat melaju di pinggiran kota, angka yang tidak akan membebani dompet ringan anak muda saat itu.

bodi mobil termasuk ultra-ringan, yang memiliki latar belakang sejarah di mana insinyur pesawat masa perang aktif sebagai insinyur mobil, sepenuhnya memanfaatkan pengetahuan yang dikembangkan melalui desain jet tempur.

Dengan menggunakan susunan kerangka dan bahan unik seperti aluminium dan FRP. Hal ini dicapai dengan secara aktif mengadopsi materi baru pada saat itu. Aerodinamika tingkat lanjut juga merupakan hasil eksperimen terowongan angin.

Aktivitas Tojiro Ukitani yang legendaris


Berbicara tentang “Yotahachi”, kesuksesan Tojiro Ukitani terlintas dalam pikiran. Pada balapan pembuka Sirkuit Funabashi pada bulan Juli 1965.

Balapan Kejuaraan Klub Otomotif Seluruh Jepang, ia turun ke posisi 16 karena kecelakaan, tetapi menyalip S600 milik Toru Ikuzawa dan lainnya.

Meraih kemenangan ajaib dari belakang. Namun, pada tanggal 20 Agustus di tahun yang sama, dia mengalami kecelakaan saat berlatih di Suzuka, dan meninggal keesokan harinya.

Spesifikasi

Panjang total x lebar x tinggi: 3610 x 1465 x 1175mm
●Jarak roda: 2000mm
●Berat kendaraan: 580kg
●Model/tipe mesin: tipe 2U-B/berpendingin udara berlawanan dengan 2OHV
●Perpindahan: 790cc
●Output maksimum: 45ps/5400rpm
●Torsi maksimum: 6,8kgm/3800rpm
●Transmisi: MT 4-percepatan
●Ukuran ban: 6.00-12 4PR
●Harga mobil baru: 595.000 yen

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications