29 C
Jakarta
Thursday, July 25, 2024

Toyota Mega Cruiser Langka, Layak Di Koleksi

Toyota Mega Cruiser versi sipil ini hanya diproduksi sebanyak 133 unit, mobil 4X4 langka ini jelas saja layak untuk di koleksi

Automoto – Toyota Mega Cruiser dibangun berbadasarkan desain dari Toyota BXD10 yang disebut dengan High mobility Vechicle (HMV),

Pengembangan ini terinspirasi dari Mobil American Mobility Multi Purpose Wheeled Vechicle (HMMWV) yang lebih dikenal dengan HUmvee.

Jawaban Toyota Untuk Humvee

Kesamaan desain Toyota Mega Cruiser dengan Hamvee Amerika bisa langsung terlihat, namum hal ini sudah tidak mengejutkan lagi.

Toyota telah mengembangkan kendaraan 4X4 mereka yang paling awal berbasis mobil Jeep Amerika yang tertangkap di Philipina selama perang dunia ke II, yang kemudian dikembangkan menjadi Land Cruiser

Toyota Mega Cruiser

Nama Toyota Mega Cruiser diambil dari nama Toyota Land Cruiser, meskipun dengan tambahan kata “Mega”

Disini mereferensikan pada ukuran yang lebih besar yang merupakan produk 4×4 terbesar yang pernah dibuat oleh perusahaan tersebut.

Toyota Mega Cruiser adalah varian sipil dari kendaraan mobillitas Tinggi (HMV) Toyota BXD10 yang dikembangkan untuk penggunaan militer Jepang.

Mega Cruiser pertama kali muncul didepan umum sebagai prototip di Tokyo Motor Show ke-30 tahun 1993, dimana mobil ini menjadi sorotan media diseluruh Jepang dan dunia.

Pengembangan yang dilakukan pada Toyota mega Cruiser tidak bisa disangkal lagi daya tariknya, ini merupakan uji coba tehnologi baru yang bisa diterapkan pada produksi 4×4 lainnya.

Mirip dengan Humvee, Mega Cruiser diberi suspensi independen baik depan dan belakang dengan  As potral yang memastikan ground clearence tinggi hingga 420mm pada titik terendah.

Dilengkapi dengan power streering, rem cakram internal baik depan dan belakang, selain itu dilengkapi pula dengan front-rear and central differential locks, dual- range transfer case dan hub reduction drive sistem.

Tenaga dibekali dengan mesin Turbo Diesel 15B-FTE 4,1 liter inline-four 4 silinder dan tenaga dikirim kembali oleh transmisi otomatis Aisin-Warner 4 percepatan.

Bobot keseluruhan 2.850 kg , jarak sumbu roda 3.395 mm. panjang 5.090mm, lebar 2.170mm dan tinggi 2.075mm

Ukuran ini tidak cocok digunakan untuk orang sipil, karena kota-kota di Jepang jalannya kecil-kecil dan sempit, lagipula harganya yang selangit.

Belum juga termasuk pajak pembeliannya, kecuali orang Jepang yang benar-benar kaya dan suka dengan mobil 4×4.

Akibat dari alasan diatas mobil ini hanya diproduksi 133 unit dijual untuk warga sipil selama masa produksi 1996 hingga 2001.

Kendaraan ini sekarang dianggap layak untuk dijadikan koleksi, sebagian kecil telah keluar dari Jepang ke Amerika dan beberapa negara lain.

Toyota Mega Cruiser 1996 yang ada di photo

Toyota Mega cruiser stir kanan warna putih yang ada diphoto ini adalah model awal tahun 1996 dan pelek bahan alloy,.

Odometer 169.000 km, memiliki rak atap ganda, pengangkut ban serep, interior bahan kain warna abu-abu, AC dan sistem CD stereo.

Jok muat 6 orang, jok  depan model bucket. interior sebagian besar berwarna abu-abu karena dulunya diperuntukkan bagi militer Jepang.

Menurut pemilik terakhir, poros bagian kiri belakang, kaca depan, aku, dudukan mesin, dan peredam kejut, serta oli nya telah diganti.

Pernah ada bekas karat dibagian bawah dan permukaan bagian bawah bodi mobil yang dicat hitam oleh pemilik sebelumnya.

Saat in mobil tersebut ditawarkan oleh dealer penjual dengan catatan servis lengkap, dokumen impir dan sertifikat New Hampshire yang sah.

Siapa saja yang ingin memiliki mobil ini langsung saja ke Bring a Trailer siapa cepat dia dapat

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications