29 C
Jakarta
Thursday, July 25, 2024

Tommy Jemison, Pemecah Record 100mph Velocette

Tommy Jemison adalah seorang manajer distributor Velocette New South Wales, Ia adalah seorang pembalap motor yang sukses dan telah memenangkan sejumlah event termasuk balapan di Australia dan NSW GP & TT 250 di Trek Bathrust di NSW pada tahun 1934,1935, 1936 dan 1938.

Automoto – Pada tahun 1938 Ia melanjutkan untuk memecahkan Land Speed Record Australia 250cc untuk melaju pada kecepatan 160 km/jam selama waktu fajar di Hume Highway (selama pemecahan rekor jalan tol ini ditutup). Rekor Tommy Jemison bertahan selama 35 tahun, yang kemudian dipecahkan rekor oleh seorang warga Australia lainnya bernama Bryan Hindle pada tahun 1973 di daratan Western Australian Salt flat. 

Tommy Jemison

Tommy Jemison bekerjasama dengan Sydney Velocette yang digawangi oleh Percy William yang mengimpor 30 MOV Velocette baru, tetapi William merasa kesulitan untuk menjualnya karena getaran motor ini sangat keras. 

Tom mulai mencoba latihan dan mengeksplorasi motor tersebut, namun ia mengalami kecelakaan, kemudian Tom terus mengamati dan mengotak atik motor tersebut sehingga akhirnya menjadi motor yang hebat dimasanya. motor ini masih terus digunakan sebagai motor balap jalanan di Australia.

Setelah dikembangkan dan di oprek akhirya Tommy Jemison bisa memecahkan rekor sebelumnya, Tom Jamison berhasil meraih kecepatan lebih dari 100mph di Bathhrust, ini merupakan sebuah prestasi yang luar biasa dengan hanya mengendarai motor 250cc yang tidak efisien di jamannya. 

MOV Velocette adalah adalah nama yang berkaitan dengan sebuah kelurga yaitu Goodman dengan Percy Goodman yang terkenal karena desain OHC nya dan keberhasilan Vellocette di dunia balap.  diterbitkan dalam sebuah majalah otomotif motor di Inggris mengatakan motor ini disebut “MotorCycle Sport” ditahun 1969. kemudian motor ini dijadikan sebagai Buku dengan hard cover pada tahun 1994.

Adik laki-laki percy Goodman yang bernama Percy Eugene juga terlibat dibelakang perusahaan Veloce Ltd, penjualan MOV Velocette pada tahun 1930-an turun drastis, bahkan sepertiga dari bisnis mereka yang dilakukan pada akhir tahun 1920-an mulai merancang mesin pushrod 250 OHV yang ternyata lebih ekonomis tinimbang OHC, sehingga perusahaan ini bisa bertahan dan mesin yang dikembangkannya menjadi mesin yang terkenal. 

Pada bulan Desember 1933, sekitar 400 MOV telah dikirik ke dealer dan mungkin para pelanggannya tidak sabar. MOV menjadi cikal bakal dari Velocette Pushrod OHV, dan pada tahun 1971 menghentikan usahanya. 

MOV terbukti menjadi mesin yang sangat sukses dikelas balap 250cc didunia, keluarga Holmes di Inggris mengikuti MOV dengan sukses besar. Sebelumnya di Australia, sebelum perang dunia, mandor dari distributor Veloccete NSW yang tak lain adalah Tommy jemison mendali perunggu dari Veloce karena telah memenangkan banyak di beberapa kejuaran balap. 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications