29 C
Jakarta
Thursday, July 25, 2024

The Rebel Machine 1970, Mobil Muscle Langka Buruan Kolektor

AMC Rebel Machine adalah sebuah mobil yang dibuat untuk menandingi Muscle car di akhir tahun 1960-an yang diproduksi oleh 4 pabrikan mobil terbesar di Amerika. AMC Rebel machine dibekali dengan mesin V8 390cc dengan keluaran tenaga sebesar 340 bhp dan torsi 430 lb-ft.

Automoto – AMC Rebel Machine memang tak sepopuler Mustang atau Camaro yang memiliki performa tinggi, namun dijaman sekarang ini mobil ini menjadi mobil koleksi dan langka, hanya sebanyak 2.326 unit yang telah diproduksi.

Diproduksi pada tahun 1970 dan hanya tersedia 1 model tahun saja yang ada dipasaran, konsep dasar dari  kata “The Machine” sebenarnya sudah ada sejak tahun 1967, dengan prototip awal berwarna hitam, pelek warna hitam dan ban berukuran lebar, serta tidak memiliki garis, scoops ataupun spoiler seperti fitur-fitur pada mobil muscle car yang ada. 

the rebel Machine

Rebel Machine ini merupakan hasil kolaborasi antara Hurst Performance Research yang dipimpin oleh David L Kandrith selaku Vice presiden dan American Motors yang dipimpin oleh R.W Bill McNeeley selaku Vice President.

Nilai pemasaran mobil halo seperti AMC Rebel machine dipahami dengan baik sebagai alat untuk menarik pengunjung menuju ruang pamer, walaupun tidak banyak yang langsung tertarik membeli tetapi pihak AMC bisa menyakinkan mereka bahwa mobil tersebut adalah mobil yang sangat praktis dengan 4 pintu serta bahan bakarnya irit.

the rebel Machine

kriteria desain utama dari The Machine adalah sebagai display mobil balap drag race terbaik dan harganya terjangkau, oleh karenanya AMC melengkapi mobil tersebut dengan mesin V8 390 cc dengan keluaran power sebesar 340 bhp dan torsi 430 lb-ft, dan rasio perbandingan kompresinya berbanding 10,0:1 sehingga mengharuskan menggunakan bahan bakar yang beroktan tinggi.

the rebel Machine

Mesin ini dilengkapi dengan Head mesin yang khusus, ranka katup sudah dimodifikasi, dan cam yang digunakan memiliki performa tinggi pula. intake dan kenalpot sudah di desain ulang, sedangkan karburator menggunakan 690 cfm motorcraft four-barrel yang dipasang diatas mesin. 

The Machine Rebel yang sudah menggunakan mesin baru ini diluncurkan pada bulan Oktober 1969, dan mesin tersebut diakui sebagai mesin produksi AMC yang paling bertenaga sepanjang sejarahnya. 

Mesin V8 tersebut dipadukan dengan transmisi manual T-10 dengan porseneleng lantai dari Hurst sebagai fitur standard, selain porseneleng Hurst tersebut AMC menawarkan pula dengan porseneleng model kolom transmisi otomatis sebagai pilihan bila kustomernya menginginkan versi otomatisnya. 

the rebel Machine

AMC mulai mendebutkan The Machine Rebel di Texas di ajang Final Drag race kejuaraan Dunia National Hot rod Association di Dallas. mobil tersebut sudah memenuhi syarat untk kelas NHRA F dan memiliki rating power pabrikan terbesar yaitu 10.7 pounds per Horspower.

Untuk tujuan pemasaran maka dibuatlah 10 unit, lima manual dan 5 lagi otomatis, semuanya dikendarai dari pabrik yang ada di Wisconsin menuju lokasi Drag Race di Dallas, kemudian dilombakan dengan trim standar. mobil-mobil tersebut dilombakan secara besar-besaran, di Dallas dan di seluruh negeri. kemudian di jual kepada pelanggannya sebagai kendaraan bekas tetapi tetap bergaransi.

the rebel Machine

Mobil The rebel Machine baru yang keluar dari dealer, bisa melakukan akselerasi 1/4 mil dicatat 14.4 detik pada kecepatan 104 mph, dan akselerasi 0 hingga 62 mph dicatat 6,4 detik. tak banyak mobil-mobil produksi pabrikan lain yang mampu menandinginya, butuh waktu bertahun-tahun untuk bisa menyamainya. 

Selama masa produksi 1 tahun sudah diproduksi sebanyak 2.326 unit, dan kini mobil ini menjadi mobil koleksi karena kelangkaannya dan performanya lebih baik dari mobil-mobil lain dijamannya. 

the rebel Machine
Image courtesy of Bring a trailer

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications