29 C
Jakarta
Thursday, July 25, 2024

Sejarah BYD Menjadi Produsen Kendaraan Elektrik Terbesar Dunia Part 2

Automoto – Sejarah BYD dalam insdustri global dimulai pada tahun 1995 sebagai perusahaan baterai. Dari sebuah rumah yang disewa sebagai kantor dan hanya terdiri dari 20 orang, kini perusahaan tersebut jadi raksasa industri teknologi terkemuka di dunia.

Build Your Dreams (BYD) merupakan perusahaan teknologi global berbasis di Shenzhen, Guangdong, China. Perusahaan ini telah melakukan investasi besar selama 30 tahun guna melakukan riset dan pengembangan teknologi untuk mencapai visi dan misi menciptakan lingkungan bebas emisi.

Dua Strategi Utama

Ada dua strategi utama dalam menjalankan kegiatannya, transportasi energi hijau dan rantai industri yang menyeluruh.

Dalam strategi transportasi energi hijau, BYD ingin merevolusi semua kendaraan yang bergerak menjadi EV. Inilah yang melatarbelakangi BYD menginvestasikan banyak waktu dan biaya.

Bila strategi ini berjalan 100%, maka akan dapat meningkatkan potensi pengurangan polusi di dunia.

BYD optimis mampu mengimplementasikan strategi ini karena teknologi BYD telah disematkan di berbagai transportasi umum di berbagai negara.

Sejarah BYD
Sejarah BYD – Luncurkan 3 Model Sekaligus di Indonesia bersamaan helatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024

Di Indonesia keberadaan BYD sudah dimulai dengan kendaraan umum berbasis EV yang digunakan untuk armada Transjakarta dan unit taksi. Di Singapura, teknologi BYD sudah terpasang di bus, mobil penumpang, taksi dan truk.

Sementara 80% bus elektrik di Inggris, sudah menggunakan teknologi BYD. Di Amerika Serikat, juga sudah menyematkan teknologi yang sama pada bus elektrik tronton, dan truk.

Strategi yang kedua, rantai industri menyeluruh atau full chain industry memegang peran penting terhadap keberhasilan BYD saat ini. BYD merakit hampir seluruh komponen EV termasuk baterai dan BMS (battery management system) secara mandiri, membuatnya mempunyai kuasa penuh untuk mengelola produksi di bagian manufaktur.

Selain itu, BYD bisa dengan cepat mengirim kendaraan kepada pelanggan dan mengubah kendaraan EV secara cepat, sehingga menjadikan BYD mampu memproduksi dengan masif.

Empat Industri Utama BYD

BYD mempunyai empat bisnis utama yang saling berkaitan satu sama lain, diversifikasi bisnisnya yaitu otomotif, elektronik, renewable energy, dan rail transit. Dengan fokus pada akuisisi energi, penyimpanan, dan aplikasi, BYD menawarkan solusi energi baru yang komprehensif dengan nol emisi.

  • Otomotif

Dengan riset dan pengembangan mandiri, BYD telah menjadi satu-satunya perusahaan di dunia yang menguasai teknologi inti kendaraan listrik baru (NEV), seperti baterai, motor, kontrol elektronik, dan chip.

Saat ini, NEV BYD telah membentuk tiga lini produk utama untuk mobil penumpang, kendaraan komersial, dan forklift.

  • Elektronik

BYD adalah penyedia layanan dan solusi manufaktur elektronik (EMS) dengan pendekatan satu atap. Setelah lebih dari dua dekade pengembangan, perusahaan ini mencakup empat bidang utama, yaitu: ponsel pintar dan laptop, sistem otomatis cerdas, dan new intelligent product.

  • Renewable Energy

BYD adalah pelopor dalam menyediakan ekosistem energi nol emisi mulai dari pembangkitan daya hingga penyimpanan, dan penggunaan.

Sejak tahun 2008, produk tenaga surya dan penyimpanan energi BYD telah diekspor ke enam benua, lebih dari 20 negara, dan lebih dari 90 kota.

  • Rail Transit

Dengan kekayaan IP (Hak Kekayaan Intelektual) 100% independen dan penguasaan penuh atas seluruh rantai industri, BYD menyediakan solusi keseluruhan untuk transportasi rel, mulai dari desain, badan kendaraan dan balok rel, hingga sistem komunikasi dan operasi serta pemeliharaan cerdas.

BYD mempunyai 90.000 tenaga penelitian dan pengembangan dan merupakan salah satu terbesar di dunia. Selain itu, BYD mempunyai 11 riset institut yang tidak hanya membantu BYD dalam proses bisnis, tapi juga membantu industri sosial.

Kemudian, BYD mempunyai kemampuan untuk mengajukan 19 paten setiap hari dan bahkan BYD berencana untuk membangun jumlah tim penelitian dan pengembangan ke 200.000 orang.

Penjualan Mobil Listrik BYD 2023
Sedan BYD HAN EV. Automoto/byd.com

Pencapaian Hasil dari Konsistensi Terhadap Visi

Sebagai pengakuan atas dedikasinya pada inovasi dan keberlanjutan, BYD telah menerima berbagai pencapaian dan pengakuan internasional.

Pencapaian tersebut mencakup penjualan 90 unit per hari di Jerman, yang menegaskan BYD dalam menghasilkan kendaraan yang dibutuhkan masyarakat global.

Di Asia, khususnya di Thailand, BYD mampu menjual 10.300 unit dalam waktu satu bulan 12 hari dengan satu model saja.

Bahkan semenjak launching 2022, BYD masuk pada kategori empat teratas industri otomotifnya.

Teknologi “Blade Battery yang sangat terintegrasi” BYD memenangkan “Global New Energy Vehicle Innovation Technology Award” di Kongres Kendaraan Energi Baru Dunia 2020.

Pengakuan atas keberhasilan BYD juga terlihat dari pertumbuhan penjualan kendaraan listriknya. Sebagai produsen NEV terbesar di dunia, EV BYD saat ini telah tersebar di 70 negara dan 400 kota yang berada di enam benua. Pencapaian ini menjadikan BYD sebagai produsen kendaraan elektrik terbesar di dunia.

BYD memiliki sejarah pencapaian global yang mengesankan. Pada tahun 2023, produksi NEV BYD secara global mencapai 3.045.231 unit dengan peningkatan sekitar 62.24% dari tahun sebelumnya.

Bahkan pada tahun yang sama, BYD juga dan memecahkan rekor penjualan, yaitu sebesar 3.024.417 unit NEV. Pada tahun 1995 pendapatan BYD sebesar 9.6 juta USD lalu pada tahun 2022, pendapatan BYD sudah mencapai 61 miliar USD.

“Tentu saja, untuk mencapai green transportation energy, kami harus berkolaborasi dengan banyak pihak, karena kita tidak bisa bertarung sendiri. Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa jika bertepuk sebelah tangan, maka tepuk tangan tidak akan berbunyi. Kami berharap di masa depan akan lebih banyak kolaborasi yang dapat dilakukan BYD dengan para pelaku industri, terutama dalam hal energy intelligence dan teknologi masa depan,” pungkas Jacob.

Sejarah BYD Menjadi Produsen Kendaraan Elektrik Terbesar Dunia Part 1

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications