25.4 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

Scrambler Splitfire BSA Tahun 1961, Pesaing Berat TR6 Trophy

Scrambler Splitfire BSA dikembangkan pada akhir tahun 1950an dengan tujuan utama bersaing dan mengalahkan Triumph TR6 Trophy “Desert Sled” di dunia balap gurun California Selatan yang sangat diperebutkan.

Automoto – Spitfire Scrambler BSA ini  tidak pernah dimaksudkan sebagai motor legal di jalan raya, tapi hanya dibuat sebagai motor balap saja dan karenanya motor tersebut  tidak memiliki lampu depan, tidak ada peredam knalpot, dan tidak ada pelat nomornya. Versi modern dari sepeda ini disebut enduro, tetapi pada tahun 1950-an disebut scrambler atau desert sled.

Scrambler Spitfire BSA : desert sled yang lebih baik

Pada akhir tahun 1950-an hanya ada sedikit motor balap off-road di dunia yang sesukses Triumph TR6 Trophy, yang dijuluki “desert sled”.

Kesuksesan TR6, khususnya varian TR6C, terus berlanjut hingga akhir tahun 1960-an ketika revolusi mesin dua langkah, yang sebagian besar dipimpin oleh Husqvarna, akhirnya menggeser mesin kembar paralel dari Coventry.

Semua kesuksesan yang dinikmati oleh Triumph ini tidak tertandingi. Semua pabrikan sepeda motor besar Inggris akan menantang mereka pada suatu saat, dan Inggrislah yang menjadi raja dalam hal produksi motor.

Salah satu pesaing utama Triumph TR6C adalah BSA Spitfire Scrambler yang memulai debutnya pada tahun 1957. BSA mengembangkan model baru ini khusus untuk arena balap gurun di California Selatan, atas perintah distributor West Coast ebrnama Hap Alzina.

Alzina telah menjelaskan kepada BSA bahwa dia membutuhkan motor yang dapat menandingi dan mengalahkan Triumph TR6.

BSA melakukan penelitian dari semua pabrikan motor  termasuk memeriksa TR6 suku cadang apasaja yang digunakan agar bisa membuat motor yang mampu mengalahkan TR6.

Mereka menggunakan rangka Gold Star Catalina, garpu, peredam kejut belakang, dan roda yang dilengkapi dengan mesin Road Rocket kembar paralel BSA 646cc yang telah dimodifikasi dengan piston kompresi lebih tinggi (9:1).

Sebuah “357” kamera balap, sepasang knalpot straight-through tanpa peredam suara, dan kepala dimodifikasi untuk menerima karburator Amal Monoblock 1 1/16″.

BSA Gold Star Catalina telah terbukti sukses dalam balapan scramble sebelumnya, setelah memenangkan Grand Prix Catalina pada tahun 1956, balapan 100 mil di pulau Santa Catalina di lepas pantai Los Angeles.

Kelemahan dari model ini adalah kenyataan bahwa ia didukung oleh mesin satu silinder 500cc yang menghasilkan 42 bhp. Oleh karena itu, rangka dan suspensi yang ringan dan telah teruji di balapan ini merupakan pilihan yang tepat bagi BSA saat mencari TR6 killer baru mereka.

Lalu mereka memasang mesin Road Rocket 646cc spesifikasi balap yang meningkatkan tenaga secara signifikan serta tangki bahan bakar dua galon AS yang lebih kecil, kemudian lampu depan, penutup mata, peredam knalpot, kaca spion, dan dudukan pelat nomor dihilangkan karena digunakan hanya sebagai motor balap off-road saja.

Model baru ini memulai debutnya pada tahun 1957 dan langsung terbukti kompetitif, namun BSA akan terus berupaya, terus meningkatkan model tersebut selama proses produksinya.

Gold Star Catalina diganti dengan rangka A10 yang lebih kuat, pada tahun 1958 kepala “katup besar” dipasang sebagai standar, jok yang lebih pendek dipasang pada tahun 1959, dan segera setelah itu knalpot yang dimodifikasi mulai digunakan.

Model ini akan tetap diproduksi dari tahun 1957 hingga 1963. Relatif sedikit yang dibuat jika dibandingkan dengan model produksi BSA yang legal di jalan raya, dan saat ini contoh asli dari Spitfire Scrambler sangat dicari.

Scrambler Spitfire BSA 1961 Ditampilkan Di Sini

Sepeda motor yang Anda lihat di sini adalah BSA Spitfire Scrambler tahun 1961 yang telah direstorasi . Dilengkapi dengan tangki bahan bakar berwarna merah dan krom, penutup samping hitam, dan pelindung lumpur krom di depan dan belakang, serta jok vinil hitam dengan pipa putih.

Perlu dicatat bahwa ia ditenagai oleh mesin aslinya , tetapi unit angkanya tidak cocok dengan suratnya, namun hal ini akan berdampak pada kolektibilitasnya tetapi kemungkinan besar meningkatkan kemungkinan bahwa pemilik baru dapat menggunakannya balapan tanpa khawatir kehilangan nilainya.

Sekarang sedang ditawarkan untuk dijual di Woodland Hills, California di Bring a Trailer dengan tagihan penjualan. Jika Anda ingin membaca lebih lanjut atau mendaftar untuk menawar, Anda dapat mengunjungi daftarnya di sini.

images courtesy of bring a triler

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications