25.4 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

Porsche 911 “STR II” Milik Magnus Walker Ganti Pemilik Lagi

Porsche 911 “STR II” ini dibangun oleh Magnus Walker, salah satu mobil kastem  yang terkenal dan mudah diingat orang karena dulunya juga pernah ada diacaranya Jay Leno garage, acara Adam Carolla’s carCast dan Fift gear TV show. 

Automoto – Porsche 911 STR ini bobotnya hanya 997 kg dengan isi bahan bakar penuh sekitar 10 galon, dibekali dengan mesin 3,2 liter short-stroke flat-six yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 275 bhp pada putaran mesin 6.500 rpm sehingga memberikan kemampuan untuk membuat malu mobil-mobil sport modern yang ada saat itu.

Magnus Walker adalah sosok seorang figure antusias mobil asal Jerman yang terkenal dikalangan para komunitas-komunitas Porsche, ketika mulai bekerjasama dengan seorang pembuat film asal Canada yaitu Tamir Moscovici untuk membuat film dokumenter tentang antusiasnya akan mobil keluaran Jerman ini. film dokumentasi tersebut dirilis pada tahun 2012 dan sempat viral dan membuat Ia terkenal diseluruh dunia. 

Magnus Walker aslinya adalah sosok seorang yang rendah hati, dia lahir di sebuah keluarga yang tidak kaya di Sheffield, Inggris. saat berusia 10 tahun ayahnya mengajaknya di acara pameran mobil Earl’s Court Motor Show tahun 1977, dia tertegun dan berhenti takjub pada sebuah mobil Porsche 911 berwarna putih bertuliskan Martini dengan ornamen strip warna merah dan biru. 

Porsche 911 magnus walker

Kemungkinan mobil inilah yang menjadi trigger awal kecintaannya terhadap Porsche yang pada akhirnya ia terkenal sebagai kolektor mobil Porsche terkenal didunia, dan warna strip merah dan biru tetap menjadi signature dari mobil-mobil Porsche yang dibangunnya.

Porsche 911 “STR II” 

Mobil Porsche 911 yang ada diphoto ini dijuluki dengan STR II, aslinya mobil ini keluar dari pabrikannya pada tahun 1972, dulunya mobil ini digunakan di California dan setelah beberapa dekade mobil tersebut rusak dan terbengkalai dan akhirnya dilakuan restorasi olehnya.

mesin Porsche flat six

Ia mulai proyek ini dengan fokus pada performa mobil serta bagaimana caranya agar bobot mobil menjadi lebih ringan dari pabrikannya. kemudian yang diperhatikan lagi adalah masalah handling dan sistem rem, selain meningkatkan tenaga mesin tentu saja beberapa kosmetik untuk membuat mobil semakin cantik dilakukan,  pada dasarnya konsep yang dianut oleh Magnus Walker ketika membangun sebuah mobil itu adalah ‘ Form Follow Function” 

Bodi mobil dimodifikasi semuanya dibuat dari plat baja termasuk desain front wings, Turbo-style rear wing, R-style bumper dan model lampu bekalang, serta kaca belakang diganti dengan polycarbonate agar bobot mobil bisa menjadi lebih ringan.

Porsche 911 tampak belakang

Sedangkan kaki-kaki mobil secara keseluruhan diganti menggunakan Sport shock absorbers dari Bilstein dan torsi bar menggunakan torsi keluaran elepahan racing yang bisa disetting, swaybar menggunakan RSR baik bagian depan maupun belakang. Tie-rods tipe turbo dan dipasang pula anti-bump steer kit. 

Pelek yang digunakan yaitu pelek replika dari Campagnolo warna emas berbahan alloy ukuran 15 inchi  dan untuk bagian depan lebarnya 8 inchi sedang bagian belakang lebarnya 10 inchi, dibungkus ban Michelin TB Course dan untuk sistem remnya dipasang SC brake dibagian depan dan M-Type caliper dibagian belakang. 

Untuk penggerak dapur pacunya fitur-fitur yang dimodifikasi antara lain mesin 3.2 liter 911 flat-six tersebut rasio kompresi disetting 9,5:1 dengan dipasang JE Pistons, high-lift Mod S camshafts, Assco Motorsport valve spring berbahan titanium, silinder terbuat dari bahan stainless -steel serta dipasang  sistem fuel injection keluaran Bosch.

Porsche 911 merah biru

Transmisi yang digunakan yaitu transmisi 5 percepatan dengan limited-slip differential dan a Jwest Shifter. didadalam kabin ruangan mobil jok belakang dibongkar agar bobot lebih ringan, dan jok depan model bucket seat dibungkus bahan kulit warna hitam dan dilengkapi dengan Harnes 4 titik keluaran Schroth.

Roll bar ditambahkan untuk menambah keamanan bagi sipengemudi, stir diganti dengan stir keluaran momo, dan ditambahkan cluster VDO gauges, dan pada ujung tuas pengganti gigi dipasang knob dari bahan kayu, mobil tersebut akhirnya mampu memiliki tenaga sebesar 275 bhp pada putaran mesin 6.500 dan bobotnya sekitar 997 kg. 

Setelah selesai mobil tersebut menjadi fitur liputan khusus dari majalah Issue of Road & track pada tahun 2013, dan juga muncul di majalah Total 911 dan beberapa acara TV show yang dibawakan oleh Jay Leno, adam Carolal’s CarCast dan Fifth Gear TV show.

Magnus Walker akhirnya menjual mobil tersebut dan dibeli oleh The Ingram Colelction, kemudian dibeli lagi oleh pemiliknya yang sekarang ini dan mengirim mobil tersebut ke Inggris dan terdaftar di DVLA pada bulan November 2019. sekarang ini pemilik terakhir memasuk ke pelelangan Colelction car dan terjual dengan tawaran tertinggi sebesar 315.000 pound sterling. 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications