29 C
Jakarta
Thursday, July 25, 2024

Inovasi Transportasi 90 Tahun Terakhir, Ada Nissan LEAF

Nissan LEAF menempati peringkat ke-19 dalam daftar tersebut, sementara kendaraan listrik secara khusus dipilih sebagai inovasi yang paling menjanjikan bagi masa depan.

Automoto – Mobil listrik kini telah mendapatkan tempatnya di antara beberapa inovasi transportasi terhebat di dunia.

Selama 9 dekade terakhir, industri otomotif telah mengalami perubahan paling menarik dibandingkan dengan industri penerbangan, kereta api, dan bersepeda.

Hal ini diungkap Nissan dari hasil survei yang dilakukan untuk memperingati ulang tahunnya yang ke-90.

Sejak perusahaan ini didirikan pada 26 Desember 1933, Nissan telah mengukir sejarah dalam memelopori kendaraan listrik, mobil performa legendaris, dan crossover revolusioner yang menunjukkan semangat inovasinya yang berani selama sembilan dekade terakhir.

Baca Juga : Honda WR-V 2024 Dipasarkan Tahun Depan, Harga Mulai Rp 228 Jutaan

Mulai dari kendaraan listrik Tama tahun 1947, melalui Nissan LEAF – EV pasar massal pertama di dunia pada tahun 2010 – hingga baru-baru ini meluncurkan konsep EV masa depan seperti Hyper Punk dan Hyper Urban.

Untuk memperingati 90 tahun kesuksesan otomotifnya, Nissan mengadakan survei OnePoll terhadap 2.000 orang dewasa di Inggris untuk mengetahui pendapat masyarakat mengenai daftar inovasi transportasi penting lainnya dalam 90 tahun terakhir – dengan dibukanya Terowongan Channel, penerbangan pertama Concorde, dan penemuan satnav menjadi yang teratas.

Elektrifikasi London Underground, hovercraft modern pertama, dan zebra cross pertama juga masuk dalam peringkat 30 besar.

Melihat ke masa depan, penelitian ini menunjukkan bahwa 69 persen berpendapat bahwa teknologi baru akan berperan besar dalam mengurangi dampak lingkungan dari transportasi.

Baca Juga : Xiaomi SU7, Mobil Sport Listrik Ini Mampu Menjelajah Hingga 800 Km

Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa 27 persen mendukung penerapan kecerdasan buatan dalam industri mobil, sementara 29 persen memiliki pandangan yang sama terhadap transportasi umum.

Dengan semakin banyaknya kecerdasan buatan (AI) dalam kehidupan sehari-hari, Nissan telah memanfaatkan teknologi tersebut untuk menghidupkan warisan 90 tahunnya dengan membayangkan adegan transportasi yang membandingkan Tama, mobil listrik pertamanya pada tahun 1947, dengan Ariya EV modern.

Andrew Humberstone, Managing Director Nissan GB, mengatakan selama 90 tahun terakhir, mereka selalu berani melakukan sesuatu secara berbeda di Nissan dan telah menghadirkan beberapa inovasi yang benar-benar inovatif.

“Kami sangat bangga dengan semangat kepeloporan ini dan orang-orang yang membentuk tim global kami yang luar biasa di Nissan – saya berharap dapat berbagi lebih banyak desain otomotif, teknologi, dan kegembiraan berkendara dengan pelanggan kami di masa depan,” ucap Andrew.

Baca Juga : Harga OMODA E5 Diumumkan Awal Tahun 2024, Apa Saja Keunggulannya?

Nissan LEAF menempati peringkat ke-19 dalam daftar tersebut, sementara kendaraan listrik secara khusus dipilih sebagai inovasi yang paling menjanjikan bagi masa depan keberlanjutan Inggris.

Sepertiga dari mereka yang disurvei juga percaya bahwa industri otomotif telah mengalami perubahan paling menarik selama sembilan dekade terakhir dibandingkan dengan industri penerbangan, kereta api, dan bersepeda.

Tujuh puluh persen dari mereka yang disurvei percaya bahwa inovasi transportasi telah memberikan dampak positif pada kehidupan mereka, dan 54 persen menyatakan bahwa inovasi transportasi membuat perjalanan mereka menjadi lebih mudah.

Hampir tiga perempat (71 persen) setuju bahwa hal ini telah meningkatkan kemampuan mereka untuk bepergian ke luar negeri, dan tetap terhubung dengan keluarga dan teman menjadi lebih mudah bagi 30 persen orang.

Terlebih lagi, 41 persen dari mereka yang disurvei mampu menghemat waktu dalam perjalanan mereka, dan 43 persen mampu melakukan perjalanan ke lokasi yang lebih jauh berkat berbagai inovasi.

Inovasi Transportasi 90 Tahun Terakhir

1976 – Concorde melakukan penerbangan supersonik pertama yang membawa penumpang
1957 – Penerbangan pertama pesawat jet komersial
1994 – Pembukaan saluran terowongan
1958 – Pesawat jet komersial pertama
1981 – Penerbangan perdana pesawat ulang-alik
1960 – Peluncuran Sat Nav pertama
1951 – Penciptaan power steering
1988 – Airbag pertama
1934 – Pengenalan Tes Mengemudi
1955 – Penciptaan Hovercraft
1959 – Sabuk pengaman tiga titik pertama
2022 – Penerbangan listrik tanpa emisi pertama dilakukan
1939 – Helikopter praktis pertama dibangun
1949 – Zebra cross pertama
1971 – Lunar Roving digunakan di bulan
1964 – Peluncuran Bullet Train
1939 – Penciptaan transmisi otomatis
1967 – Pengoperasian Kereta Otomatis: London Underground
2010 – Peluncuran mobil listrik produksi massal pertama di dunia
1984 – Mobil tanpa pengemudi
1953 – AC pertama di mobil
2022 – Jalur kereta api bertenaga hydrogen pertama dijalankan
1971 – Teknologi ABS pertama kali digunakan pada mobil
1940 – Bus listrik pertama dikirimkan
2003 – Parkir otomatis pertama
2016 – Penerbangan bertenaga hidrogen pertama
1984 – Mobil pertama dengan pemutar CD
2001 – Perangkat Bluetooth handsfree pertama
2018 – Trem tanpa pengemudi pertama diuji
1958 – Penciptaan cruise control

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications