29.3 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

Mobil Homologasi Renault 5 Turbo

Renault meluncurkan kebangkitannya dari model  Renault 5 yang ikonik minggu lalu di Geneva Motor Show 2024, meskipun sekarang diperkirakan dalam bentuk mobil listrik sepenuhnya.

automoto – Seperti yang telah kita ketahui terjadi banyak perubahan pada mobil Renault 5 asli yang memulai debutnya pada tahun 1972, khususnya Renault 5 Turbo – inkarnasi terhebat dari roket saku mungil yang selalu populer.

Sebelum kita membahas Renault 5 Turbo asli dengan segala kehebatan tenga induksi , mari kita lihat sekilas Renault 5 E-Tech baru ini.

Berdasarkan konsep tahun 2021 yang dibuat oleh pabrikan Perancis, E-Tech, yang akan tersedia untuk umum tahun depan, sangat mirip dengan desain awal, menciptakan kembali sejumlah detail dari pendahulunya di tahun 70-an.

Sambil tetap mempertahankan banyak karakteristik model aslinya, termasuk perawakannya yang kecil, untuk bersaing dengan Fiat 500 dan MINI Electric.

Tersedia untuk pelanggan di Inggris dengan mesin 121bhp atau 148bhp, model yang lebih bertenaga akan mampu mencapai 60mph dari posisi parkir dalam waktu kurang dari delapan detik.

Waktunya mirip dengan 5 Turbo asli saat itu. mobil ini tampak  gesit, karena bobotnya hampir 500kg lebih berat dan merupakan penggerak roda depan dibandingkan penggerak roda belakang.

Kendaraan ini memiliki konektivitas aplikasi yang ada di mana-mana dan integrasi AI, ia memenuhi semua kriteria modern dan terlihat cukup bagus.

Renault 5 Turbo asli menjadi mobil ikonik yang terus bertahan hingga kini adalah karena mobil ini sangat menyenangkan untuk dikendarai.

Tidak hanya itu, mobil ini juga merupakan mobil yang sangat kompeten pada masanya. Dengan jagoan Rally Jean Ranotti di belakang kemudi, spesifikasi kompetisi Renault 5 Turbo akan mencapai kesuksesan yang layak.

Terutama di aspal, sebelum mobil all-wheel drive yang mendominasi Grup B hadir dan menulis ulang buku peraturan, secara efektif menghentikan karir motorsport R5 yang masih baru.

Terinspirasi oleh Stratos dari Lancia, VP produksi Renault pada saat itu, Jean Terramorsi, meminta orang-orang baik di Bertone untuk merancang versi khusus reli dari Renault 5 Alpine.

dan rumah desain terkenal Italia tersebut pasti berhasil. Meskipun bodinya yang melengkung berbentuk kotak baru dirancang oleh duo dinamis Marc Deschamps dan Marcello Gandini.

Renault 5 Turbo masih tampak seperti mobil aslinya, tetapi di bawahnya tersembunyi drivetrain yang sepenuhnya telah dimodifikasi,  Apa yang berhasil dilakukan Renault sungguh spektakuler, mengubah mini hatchback bermesin depan berpenggerak roda depan menjadi senjata reli bernapas api bermesin dengan sistem gerak roda  belakang.

Kursi belakang sudah tidak ada lagi dan digantikan dengan mesin empat silinder 1,4 liter injeksi bahan bakar yang dipasang memanjang, lengkap dengan turbocharger Garrett AiResearch T3 yang mampu menghasilkan hampir 160bhp dalam spesifikasi jalan raya.

Berbagai suku cadang lainnya diambil dari model serupa dalam oeuvre Renault pada saat itu, semuanya dipasang ke sasis 5 yang dimodifikasi, dan hasilnya terbukti dengan sendirinya.

Inilah mobil produksi Prancis paling bertenaga yang pernah ada serta hot hatch bermesin tengah pertama yang pernah dibuat.

Lengkap dengan pintu dan atap aluminium yang hemat bobot, serta interior yang terlihat langsung dari kiri lapangan, 400 Renault 5 Turbo produksi jalan raya dibuat untuk mematuhi aturan homologasi Grup 4.

Agar Renault dapat bersaing dengan mobil tersebut di kancah internasional sirkuit reli, kemudian memenangkan Reli Monte Carlo pada penampilan pertamanya di WRC di tangan Ranotti. Validasi memang.

Sambutan positif setelah dirilis, jumlah awal 400 membengkak menjadi hampir 5.000 karena semakin banyak orang yang ingin mendapatkan mobil baru yang benar-benar menarik ini. Namun, sebagian besar di antaranya adalah model Turbo 2 yang direvisi kemudian.

Turbo 2 adalah penerus Renault 5 Turbo (obvs) asli dan hadir tiga tahun kemudian pada tahun ’83. Menghindari beberapa bagian homologasi yang dimodifikasi demi tarif yang lebih standar 5.

Turbo 2 lebih murah untuk dibuat dan dibeli, namun tetap tidak mengorbankan kredensial performa mobil apa pun.

Mobil itu mungkin bukanlah kekuatan yang mampu menaklukkan dan mendominasi seperti yang diharapkan, namun pengaruhnya tidak bisa dianggap remeh. Anda hanya perlu melihat MG Metro 6R4 dan Peugeot 205 T16.

Untuk memahami efek yang dimiliki Renault 5 Turbo dan kemudian menginspirasi penerus spiritualnya, Renault Sport Clio V6, dan memang, DNA-nya dapat dirasakan di dalamnya. bukan bagian kecil dari new Renault 5 E-Tech yang disebutkan sebelumnya.

Ada banyak Renault 5 Turbo yang dapat dipilih di Car & Classic saat ini, mungkin lebih banyak Turbo 2, tetapi versi mana pun yang Anda putuskan untuk menikmati apa yang akan Anda dapatkan adalah kesenangan yang luar biasa.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications