29 C
Jakarta
Thursday, July 25, 2024

Misteri Maserati 330 Ricarrozata 1979 Oleh ATL

Ini adalah Maserati 330 Ricarrozata Berlinetta tahun 1979 yang dikatakan telah dibuat oleh Autotechnica de Lario (ATL) menjadi mobil sport hardtop elegan yang dipengaruhi oleh mobil seperti A6GCS/53 dan 450S.

automoto – Ada beberapa misteri seputar mobil Maserati 330 Ricarrozata Berlinetta 1979 ini , dan tampaknya tidak ada yang yakin akan asal muasalnya. Mobil ini dibuat dengan sasis Maserati Quattroporte III 4200 tipe 330, pertama kali didaftarkan pada tahun 1979, dan memiliki sertifikat FFSA yang mengonfirmasi rincian ini.

Autotechnica de Lario (ATL)

Autotechnica de Lario (ATL) didirikan pada tahun 1969 oleh Ercole Zuccoli di Mandello del Lario, Italia – yang juga merupakan rumah dari pabrikan motor ternama Italia, Moto Guzzi. Awalnya, ATL memproduksi serangkaian kereta pantai yang terinspsirasi dari Meyers Manx, berbasis sasis VW Beetle yang diperpendek dan memiliki bodi fiberglass yang dibaut ke atas.

Seiring berjalannya tahun 1970-an, segala sesuatunya menjadi sedikit lebih menarik, perusahaan ini dikreditkan dengan menciptakan serangkaian mobil yang hampir mustahil indah dimulai dengan serangkaian delapan contoh Alfa Romeo 1900 Speciale oleh ATL.

Maserati 330 Ricarrozata Oleh ATL Ditampilkan Di Sini

Kemudian pada tahun 1970-an, ATL dikatakan telah menggunakan sasis Maserati Quattroporte III 4200 tipe 330, kemungkinan atas perintah Maserati sendiri, dan menciptakan bodi yang benar-benar baru yang dipengaruhi oleh Maserati tahun 1950-an dan 1960-an, khususnya. A6GCS/53 rancangan Pininfarina dan 450S rancangan Zagato.

Penting untuk dicatat bahwa mobil ini bukanlah replika, melainkan desain uniknya sendiri, meskipun jelas ada pengaruh dari desain formatif Pininfarina dan Zagato ini. Quattroporte III yang menjadi basis mobil ini adalah sedan empat pintu dengan bodi baja dan mesin V8 4,2 liter yang dipasang di depan yang mengirimkan tenaga ke roda belakang.

V8 90º ini merupakan yang paling canggih pada saat itu, dengan kamera overhead ganda per bank, menghasilkan tenaga 255 bhp pada 6.000 rpm. Mobil ini memiliki bodywork aluminium, yang jauh lebih ringan daripada panel baja yang digunakan pada Quattroporte III asli, dan dilengkapi dengan jok bucket kulit berwarna coklat, dasbor berlapis suede, dan roda kemudi berbingkai kayu.

Desain mobil yang elegan pasti akan menarik perhatian para penggemarnya, profil sampingnya agak mirip dengan Alfa Romeo 1900 Speciale dari ATL, meskipun ada beberapa kemiripan yang bisa diharapkan.

Mobil ini memiliki kaca depan terpisah, yang dilengkapi dengan wiper sendiri, gril cekung, kap mesin yang tersembunyi, dan lampu depan tersembunyi di balik penutup bening aerodinamis.

Di bagian belakang Anda akan menemukan bagasi kecil untuk bagasi dan terdapat rak belakang di belakang jok dengan jok kulit berlapis untuk tas tambahan. Meskipun mobil ini mungkin agak terlalu sederhana untuk dianggap sebagai grand tourer, namun dapat memenuhi fungsinya jika pengemudi tidak membutuhkan terlalu banyak kemewahan.

Daftar lelang untuk mobil ini mencatat bahwa mobil ini pertama kali didaftarkan pada tahun 1979, yang tentunya sangat masuk akal, karena ini adalah tahun debut Quattroporte III.

Perdebatan

Namun ada beberapa poin sejarah yang menjadi perdebatan, seperti fakta bahwa ATL dikatakan telah menghentikan operasinya pada tahun 1976 dan dengan demikian mereka tidak dapat membuat mobil dengan sasis yang baru tiba pada tahun 1979.

Terdapat beberapa dokumentasi pada mobil tersebut termasuk dokumen registrasi yang menunjukkan registrasi pertama pada tahun 1979, serta sertifikat FFSA yang mengonfirmasi rincian yang sama, dan sertifikat FIA tertanggal 19 Januari 2023.

Mobil tersebut tercatat memiliki transmisi manual 5 kecepatan yang diinginkan dan hanya berjarak 5 kilometer di odometer, atau sekitar 3,1 mil, yang jelas sangat rendah untuk sebuah mobil berusia 45 tahun.

Ada kemungkinan bahwa kendaraan tersebut dibuat pada tahun 1979 dan kemudian disimpan sebagai kepemilikan pribadi hingga saat ini, meskipun harus dikatakan bahwa ada kemungkinan bahwa kendaraan tersebut dibuat lebih baru pada platform Quattroporte III tahun 1979.

Jika penjelasan terakhir ini benar, maka harus ada kekhawatiran dengan kurangnya transparansi seputar asal-usul mobil tersebut. Apapun cerita di balik mobil ini, satu hal yang kita semua sepakati adalah bahwa mobil ini indah, dan terlihat sangat menyenangkan untuk dikendarai.

Mobil tersebut sekarang sedang ditawarkan untuk dijual di Car & Classic di Limbrug, Belgia dan penawaran akan dimulai dalam beberapa jam. Jika Anda ingin membaca lebih lanjut tentang mobil ini atau mendaftar untuk menawar, Anda dapat mengunjungi daftarnya di sini .

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications