29.3 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

Micro Car Peel P50, Pemegang Rekor Guinness Sebagai Mobil Terkecil

Mobil kecil dan aneh Peel P50 ini 100 % ditenagai oleh listrik, mulai didebutkan pasa tahun 1962, dan masih memegang gelar Guinnerss book of world records 

Automoto – Peel P50 terkenal ketika Jeremy Clarkson mengendarai didalam ruangan disekitar pusat Televisi BBC selama episode Top Gear tahun 2007.

Hal ini membantu menghidupkan kembali minat terhadap mobil tersebut, akhirnya perusahaan mulai memproduksi kembali pada tahun 2010 secara terbatas.

Mobil terkecil yang pernah dibuat

Di Eropa dan Inggris setelah perang dunia ke-2 permintaan mobil dan motor meningkat dikalangan bawah, harga yang terjangkau dan biaya operasional murah.

Hal ini menyebabkan lonjakan produksi skuter Vespa dan Lambretta, motor berkapasitas kecil dan mobil micro car seperti Messerschmitt KR200, Iso Setta, Heikel Kabine, dan Peel P50.

Dari semua micro car yang akan ada saat itu Peel P50 yang terkecil, ukuran panjang 137 cm dan lebar 99cm dan berat 59 kg. 

Saking ringannya, jadi tidak ada gigi mundur, pengemudi cukup keluar dan menggunakan pegangan tarikan untuk memundurkan mobil ke tempat parkir.

Peel P50 tida menjelang akhir booming nya micro car, pertama kali diperlihatkan kepada dunia pada pameran motor Earls Court pada tahun 1962 di London.

Mobil micro car ini sempat menarik perhatian banyak orang dan banyak yang berminat, walaupun model nya aneh tetapi masih banyak yang menginginkan dan pesanan semakin meninggakat, akhirnya mobil tersebut di produksi di Isle of Man pada tahun yang sama.

Peel P50

Peel P50 dirancang oleh Cyril Cannell sebagai mobil yang sangat ekonomis yang dapat menampung 1 orang dewasa dan satu tas belanja.

Mobil ini dibuat dengan bodi monocoque fiberglass, bodi sendiri merupakan struktur penahan beban dan mobil tidak memiliki sasis terpisah.

Mesin dan roda belakang dipasang pada bagian belakang sebagai satu kesatuan, dengan dua roda terpisah didepan dengan suspensi independen yang terintegrasi dengan rack kemudi dan pinion. 

Tenaga digerakkan dengan motor DKW 99cc satu silinder berpendingin udara dengan transmisi manual 3 percepatan tanpa porseneleng mundur.

Sebagai gantinya dibagian belakang ada pegangan tarikan untuk memindahkan mobil.

Motor DKW 49cc ini memang tidak terlalu bertenga, hanya menghasilkan 4,2 bhp sehingga Peel P50 meraih kecepatan tertinggi 59 km/jam

Mobil ini cocok untuk pergi berbelanja kebutuhan sehari-hari di minimarket terdekat, itulah tujuan desain dari mobil tersebut.

Interior P50 sangat minimalis, ada jok tunggal yang terbuat dari kain yang direntangkan pada rangka logam, roda kemudi, pemindah gigi dan pedal.

kendaraan ini dilengkapi dengan satu lampu depan, satu wiper kacar depan dan pintu disisi kiri.

Awal dan Akhir Peel P50

Ada beberapa permintaan untuk Peel 50 ketika mulai diproduksi pada tahun 1962 dengan harga sekitar 299 poundsterling, ini setara dengan 5.320 Poundsterling pada tahun 2023 jika disesuaikan inflasinya.

Harga dibawah harga mobil biasa, harga segitu bisa menapatkan motor dengan sespan dengan harga yang sama yang bisa menganggkut hingga 3.

Faktanya, permintaan makin tinggi sehingga  P50 Asli era tahun 1960-an telah meroket sebesar dari MSTP asli sebesar 299 poundsterling.

Melewati harga setara jaman modern sebesar 5.320 pounsterling, hingga lebih dari 80.000 Poundsterling,

Harga yang dicapai oleh Pell P50 asli tahun 1964 dilelang di Bruce Winer RM Southebys pada bulan Februari 2013. 

Peel P50 Listrik 2017 yang ada di photo

Peel P50 yang ada diphoto mungkin terlihat sama dengan aslinya yang dibuat di Isle of Man pada tahun 1960.

Tetapi sebenarnya dibuat pada tahun 2017 dan tidak seperti model aslinya, mobil ini 100 persen memiliki drivetrain listrik.

Peel engineering Ltd memulai kembali produksinya pada tahun 2010 sekarang berbasis di Inggris, setelah sukses tampil di acara TV Dragon’s Den.

Berhasil mencari pendanaan sebesar 80.000 poundsterling untuk proyek tersebut. Perusahaan ini sekarang memproduksi versi bensin dan listrik dengan model Peel P50 modern, dipasarkan di Inggris, Eropa dan Amerika Serikat. 

Peel P50 versi listrik ditenagai oleh motor listrik pengerak langsung 48 volt yang dihubungkan ke 4 baterai 12 volt yang terletak didalam kabin,  Baterainya bisa diisi ulang, dan mobil ini memiliki kecepatan teringgi 40 km/jam.

Mobil ini sekarang berada di Healsburg California dan ditawarkan untuk dijual di Bring a Trailer, mobil mungil aneh berwarna merah dengan jok kain motif kotak-kotak ini di juluki dengan Montana.

Jika kalian minat untuk memilikinya silahkan ikuti bid nya disini

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications