25.4 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

Mercedes-Benz 500 SEC AMG 6.0 “Wide Body” Tahun 1996

Mercedes-Benz 500 SEC AMG 6.0 wide body keluaran tahun 1986 ini dianggap sebagai salah satu contoh mobil Mercedes-Benz yang dimodifikasi oleh AMG yang paling rendah kilometernya, di odometer tercatat hanya 3.043 Mil. 

Automoto – Mobil ini merupakan hasil modifikasi dari pihak AMG sebelum Mercedes membeli perusahaan tuning tersebut dan mengelolanya sendiri, disebut sebagai AMG Pra-Merger awal ini sekarang sangat dicari oleh para kolektor karena performanya yang garang.

AMG didirikan pada tahun 1967 oleh Hans Werner Aufrecht dan Erhand Melcher, sepasang engineer yang bekerja di departemen pengembangan di Dailmer-Benz untuk mengembangkan mobil balap, akhirnya semua kegiatan yang berhubungan dengan motorsprot dihentikan oleh pihak Mercedes.

lalu Keduanya mulai mengerjakan mesin balap Mercedes yang berperforma tinggi saat mereka keluar dari Aufrect di Grossapach, Jerman. mereka menamai perusahaan baru mereka dengan nama Aufrecht Melcher Grossaspach, yang sekarang lebih dikenal sebagai AMG. 

Dikatakan bahwa orang Jerman pandai berbicara dan hal ini tentu saja tidak terkecuali, deskripsi lengkap dari perusahan baru tersebut yaitu “ Perusahaan tehnik, desain dan pengujian Aufrecht Melcher Grossaspach untuk mengembangkan mesin balap” 

Bengkel resmi pertama AMG berlokasi di bekas pabrik diwilayah Burgstall, Jerman, kira-kira berjarak sama antara Berlin dan Hanover. Tonggak sejarah besar pertama bagi perusahaan ini terjadi pada tahun 1971 ketika mesin mercedes yang mereka modifikasi sendiri secara signifikan yang akan digunakan pada mobil Mercedes, salah satunya adalah AMG Mercedes 300 SEL 6,8 meraih Kemenangan kelas dan posisi kedua secara keseluruhan di 24 Hour of SPA.

Seiring berjayanya tahun 1979-an AMG memulai lebih fokus pada pembuatan mobil versi jalan raya Mercedes yang sudah dimodifikasi. termasuk versi mercedes-Benz R107 dan C107, Mercedes-bens W116, Mercedes-Benz W123 dan W126.

Mercedes-Benz 500 SEC AMG 6.0 ini awalnya digunakan sebagai standar dalam mesin 5.0 liter V8, kemudian diberi sandcast head baru yang dikembangkan oleh AMG dan sejumlah peningkatan performa lainnya hingga menghasilkan tenaga sebesar 375 bph.

Mungkin dua dari AMG yang paling terkenal adalah tipe sedan AMG Hammer yang dirilis pada tahun 1986 dan jenis sedan penumpang tercepat didunia pada saat itu, yang dikatakan lebih cepat dari Lamborghini Coutach.

Mercedes 500 SEC menjadi Mercedes terkenal lainnya yang mendapatkan perawatan AMG secara penuh pada tahun 1980-an, perusahaan membuat bodi kit lebar untuk model yang memungkinkan pemasangan roda dan ban yang lebih lebar pula, pelanggan juga dapat memilih beberapa opsi peningkatan kinerja mesin dengan menggunakan mesin 6.0 liter DOHC V8 dengan keluaran tenaga sebesar 375 bhp. 

Daimler-Benz dan AMG mulai bekerjasama secara resmi pada tahun 1990, kemudian pada tahun 1999 Daimler-Benz telah mengakuisisi saham pengendali diperusahaan tersebut, dengan akuisisi penuh  terjadi pada tahun 2005.

Mobil Mercedes-Benz 500 SEC “Wide Body” yang ada diphoto ini sangatlah langka merupakan spesifikasi tertinggi dari yang mereka tawarkan AMG pada platform W126 S-Class SEC. mobil ini dilengkapi dari awal dengan kepala silinder sandcast baru dengan fitur twin-cam overhead 4 valve per silinder. 

Mobil ini masih relatif bagus, hanya kluster instrumen dan stir Momo M38 bermerek AMG dan yang tersembunyi dibalik kap mesin. dikenal dengan sebutan “Hammer” mesin ini juga memiliki fitur Throttel body yang telah dimodifikasi, saluran intake knalpot dan knalpot AmG yang dibuat oleh Sebring. serta beberapa peningkatan lainnya untuk menggandakan tenaga mesin mersedes aslinya.

Mobil ini juga dipasang ban baru, suspensi dan rem yang telah diupgrade, interior tak luput dari modifikasi secara terpisah, ketika baru harganya lebih mahal dari harga Ferrari Testarossa dan mampu mengalahkan Lamborghini Countach, mobil ini juga terjual dalam jumlah terbatas dibanding mobil pesaing dari Itali. 

Mobil yang ada diphoto tergolong rendah kilometernya , tercatat  4.898 km, sebagian besar kondisinya masih asli dengan pengecualian rem dan suspensi, sekarang dilengkapi dengan kaliper depan 4 piston merek Brembo dengan rotor berventilasi 320mm dan pegas H&R yang lebih baru telah dipasang untuk menggantikan pegas aslinya yang sudah tua umurnya.

Bodi-kit lebar tersedia di AMG, namun mobil yang paling diminti memiliki paket upgrade mesin, suspensi dan rem belakang. interior mobil ini dilapisi dengan trim kayu pada pintu, dashboar dan konsol tengah, mobil ini juga memiliki stir dari momo M38 bermerek AMG dengan 4 palang dan serangkaian instrumen yang mencakup 300 khas AMG, spedometer satuan yang digunakan km/jam dan pengukur perjalanan secara komputerisasi. sekarang ini mobil tersebut masuk dipelelangan RM southeby’s dengan tafsiran harga antara $600.000 hingga $750.000 informasi lebih jelas Klick disini.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications