27.8 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

Maserati 450s Dan Kisah Tony Parravano Yang Misterius

Ketika Kalian ingin mempelajari lebih dalam sejarah Maserati 450s, berikut kisah-kisah yang membuat mobil ini Luar biasa dan menjadi lebih baik, lebih indah dan lebih seru.

Automoto – Kisah Tony Parravano harus diceritakan, bukan hanya karena ia membuat Maserati 450s menjadi kenyataan, tetapi juga karena Ia adalah salah satu tokoh paling misterius didunia balap pada tahun 1950.

Antonio Parravano lebih dikenal dengan Tony Parravano Lahir pada tanggal 9 Juni 1917 di Arpino dekat dengan Napoli, setelah perang dunia ke-2,  Ia bermigrasi ke Amerika Serikat, tepatnya ke California Selatan melalui Chicago dan entah bagaimana Ia mendapatkan passport Amerika. 

Dalam waktu yang sangat singkat, Ia membangun sebuah kerajaan perusahaan konstruksi, dan segera diawasi secara ketat oleh berbagai kantor pemerintah, yang terpenting, otoritas pajak (IRS) memperhatikannya, karena Tony menghabiskan uang dan hampir tidak membayar pajak apapun.

Lalu Ia sering datang mengikuti balapan mobil diundang oleh temannya bernama Jack McAfee (yang juga memiliki cerita menarik), virus balapan mobil merasukinya, Ia tidak ingin menyetir sendiri, tetapi Ia membiayai Jack McAfee sebuah mobil Cadillac yang bisa digunakan untuk menjadi jokinya, serta mengendarai mobil Carrera Panamercana di Meksiko pada tahun 1951, Ferrari pertama, America 340 dan seterusnya. 

Tony membeli lebih banyak mobil dengan cepat, meyewa para pembalap, termasuk Carrol Shelby, Phil Hill, masten Grogery dan Ken Miles dan meraih kesuksesan. Tony Parravano menginginkan kesuksesan yang lebih besar, Ia ingin memenangkan balapan Indy 500, untuk mewujudkan keinginannya ia memesan mesin V8 4,2 liter baru dari Maserati yang bakal dipasang di sasis mobil Curtis. 

Bahkan lebih gila lagi Ia mengirimkan uang ke Modena lebih dari 500 ribu dollar untuk memesan mobil bermesin lebih bertenaga pada masa itu. Ia memesan mesin mobil sport yang sesuai untuk menemaninya, dan lahirlah Maserti 450s dengan nomor VIN #4502 produksi tanggal 29 Oktober 1959, ditambah dengan mdoel 250F dan 350S.

Namun pada saat pengiriman, IRS mengawasinya dengan ketat sehingga Tony Parravano harus berangkat ke Meksiko pada tahun 1957, Ia mencoba menyelelundupkan sembilan kendaraan ke California, tatapi 5 mobil dicegat diperbatasan.

Diantaranya Maserati 450s, berserta satu truk penuh suku cadang, Tony berhasil melarikan diri dan menghilang dari permukaan bumi sejak tanggal 8 April 1960. tidak ada yang tahu apa yang terjadi pada dirinya.

Semua mobilnya kini menjadi legenda karena sejarahnya, dan pengaruhnya terhadap event balap tidak dianggap remeh, Ia membawa Maserati ke level baru dengan 450s, Ferrari harus mengimbanginya, pergerakannya semakin besar, tenaganya semakin besar dan alhasil, FIA membatasi pergerakan mobil sport menjadi 3 liter pada akhir tahun 1950.

Dengan sejarah yang bergejolak ini, terlihat jelas bahwa Maserati 450s dengan nomer chassis 4502 tidak mempu memutuskan tantangan di trek balap. Ritchie Ginther, Jack McAfee dan Bob Drake melakukan test lap di Willow Spring pada bulan Januari 1957.

Namun kemudian disana ada jeda hingga tahun 1959, ketika Billy Krause berkompetisi dibeberapa klub balap di California dengan mobily ang saat itu menjadi milik Italia Motors (Dr. Rey martinezz telah menaikkan harga pembilian sebesar $3.000). Maserati 4502 dilombakan di sirkuti tersebut hingga tahun 1962, tetapi dengan keberhasilan yang lumayan. 

Bahkan setelah itu, kehidupan Maserati tidak mejadi lebih mudah, pada akhir tahun 60-an, Ia berpindah tangan sebanyak 5 kali dalam waktu singkat, dibongkar, dicat ulang dan direstorasi.

Pada pertengahan tahun 1970-an, dimiliki oleh Grad Hubertus Von Doenhoff yang membeli dengan harga 42.000 dolalr dan dirawat dengan baik secara profesional.

Selama dua dekade akhirnya berpindah tangan lagi ke Harmut Ibing di Dusseldorf dan di cat warna biru, satu dekade kemudian berpindah tangan lagi ke Willi Balz dan dimiliki sekitar 10 tahun, saat ini dimiliki oleh seseorang berkebangsaan Swiss. 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications