29 C
Jakarta
Thursday, July 25, 2024

Lotus Elan S2 Besutan Tahun 1966, Langka dan Imut

Filosofi terkenal dari Colin Chapman tentang mobil yang ringan tampaknya telah hilang, setelah diciptakannya mobil generasi baru yaitu Lotus Elan S2 yang baru baru ini ada kabar dilelang.

Automoto – Mobil klasik dan Langka selalu dicari orang atau para kolektor yang banyak duit, salah satunya mobil imut Lotus Elan S2. Siapapun yang pernah menyatakan sebuah ungkapan berbahasa Inggris “ There’s No Replacement for displacement” kemungkinan orang itu belum pernah mengendarai mobil Lotus, karena 5 menit saja diatas mobil jebolan tahun 1966 ini akan tersenyum lebar, walau didukung mesin twin-cam 1,6 liter 4 silinder yang relatif kecil.

Berdasarkan standarisasi yang ada dijaman modern ini, kendaraan apapun yang memiliki bobot sekitar 1 ton dianggap masih belum sempurna. Sedangkan mobil Lotus Elan S2 ini bobotnya hanya 680 Kg, Mobil ini benar-benar termasuk dalam kategori mobil kecil.

Pada bulan November 1964 lotus meningkatkan spesifikasi Elan S2 meliputi rem girling disc yang lebih baik dan banyak perubahan bodi. tersedia dalam pilihan S/E. model S/E sedikit berat dari S2 karena ada penambahan material pada interiornya seperti karpet dan sabuk pengaman. Dashboar terbuat dari kayu venner yang lebar.

Ketika Ford menghentikan produksi Ford Cortina 116E, Lotus memproduksi blok mesin sendiri yaitu Block 2731E yang hampir sama dengan blok mesin Ford Cortina.

Pada tanggal 8 Desember 2023 akan datang ketokan palu dari sebuah biro lelang online Gooding’s Geared yang melelang mobil Lotus Elan S2 yang langka dan terselamatkan dengan tafsiran harga antara $55.000 – 75.000. pada odometernya tercatat 39.372 mil dan kondisinya masih orisinil. siapakah yang akan memiliki mobil  imut dan langka ini, kita tunggu saja.

Dan sekarang ini, Lotus telah beralih memproduksi mobil listrik mewah dan berat bobotnya, kali ini pernyataan Collin Chapman bisa menjadi benar berkaitan dengan mobil yang bobotnya lebih dari satu ton akan lebih kencang dijalanan yang lurus bila tenaga mesinnya di tingkatkan. bagaimana apakah kalian tertarik untuk mecoba mobil lotus yang imut ini? atau paling tidak bisa mencari model diecastnya untuk dikoleksi.

Lotus Elan 2 1966

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications