29.3 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

Land Rover Defender 110 Pick Up Bermesin Asli V8 Pabrikan Langka

Land Rover Defender 110 pick-up tahun 1991 ini adalah varian defender yang sudah langka dan satu mobil yang masih terselamatkan ini masih menggunakan mesin asli V8 pabrikan

Automoto – Hanya segelintir mobil Land Rover Defender yang dibekali dengan mesin V8, sebagian besar menggunakan mesin turbodiesel karena keunggulannya yang  hemat bakar dan keandalan saat dikendarai arak tempuh yang jauh.

Defender dengan mesin V8 diaplikasikan pada versi modifikasi dari Rover V8, mesin yang menggerakkan segalanya mulai dari pembalap reli Paris-Dakar dan TVR hingga mobil mewah dan Morgan Plus 8

Kenapa digunakan nama Defender

Land rover defender 110

Ketika model Land Rover yang sekarang kita kenal sebagai Defender pertama kali dirilis, sebenarnya awalnya bukan menggunakan nama defender, model ini memulai debutnya pada tahun 1983 dalam bentuk wheelbase panjang dan diberi nama dengan sebutan “Land Rover One Ten” karena wheelbasenya berukuran 110 inchi.

Setahun kemudian pada tahun 1983 dibuat dengan jarak sumbu pendek bernama “Land Rover One Ninety” walaupun sebenarnya menggunakan sumbu 92,9 inchi, saat ini, jajaran model Land Rover terdiri dari Range  Rover dikelas atas, dan One Ten dan Ninety dikelas menengah yang berorientasi bagi para pekerja. Karena hanya ada dua varian utama maka pada tahun 1989 muncul nama baru yaitu Land Rover Discovery

Land rover defender 110

Sekarang Land Rover memiliki 3 model, sehingga pada tahun 1991 nama “Defender” ditambahkan kedalam model Ninety dan one ten, yang sekarang menjadi Defender 90 dan Defender 110 selain itu ada juga model Defender 130 dengan poros sumbu lebih panjang.

Nama Defender tetap digunakan untuk model tersebut hingga dihentikan produksinya pada tahun 2016 dan diganti menjadi New Defender, meski begitu defender asli masih diproduksi oleh Land Rover dalam beberapa edisi kecil dan sangat terbatas jumlahnya dengan harga yang jauh dibawah 6 digit bagi pembeli yang berminat.

Defender 110 pick up V8 Varian defender model pick-up dari seri defender mdoel seri 1, seri 2 + 2A dan seri 3 ) saat itu terbukti populer baik diaplikasikan untuk pertanian maupun industri, namun jumlah penjualannya jauh lebih sedikit dibandingkan model sebelumnya.

Land rover defender 110

Menariknya, pelanggan bisa membeli versi truck pick-up dengan pilihan poros sumbu 90, 110 dan 130 inchi, meskipun area bagasi di model 90 agak terbatas, versi 130 ditawarkan sebagai model defender pick-up untuk penupan, memiliki 4 pintu dan 4 tempat duduk untuk lima orang dengan satu penumpand di bagasi belakang.

Sedang defender pick-up model 110 memiliki 2 pintu dan 4 tempat duduk dan bisa direquest dengan doble kabin.  Sejulah pilihan mesin ditawarkan selama defender diproduksi, termasuk mesin bahan bakar bensin dan diesel Horizontal 4 inline-four, dan turbodiesel. 

Interior

Rover V8 dimulai sebagai Buick 215cc mesin V8 yang diperkenalkan pada tahun 1960, mesinnya unik karena secara fisik lebih kecil dari pada mesin V8 pada umumnya yang digunakan di Amerika dengan kapasitas 3,5 liter dan blok mesin  dan head nya terbuat dari bahan alumunium sehingga membuat cukup ringan.

Produsen Mobil asal Inggris Rover membeli hak dan peralatan untuk mesin dan memasukkannya kedalam produksi dan dengan cepat mobil ini menjadi populer karena performanya dan banyak mesin ini banyak menggerakan mobil-mobil dari TVR dan marcos, organ, Ultima MG, Triumph, Ginetta dan masih banyak lagi.

tampak depan

Mesin tersebut juga digunakan pada Range Rover, bowler willdat, Land Rover discovery dan land Rover Defender. hal ini menghasilkan versi defender yang paling bertenaga, namun hanya tesedia sebagai model standard yang dipasarkan di Amerika semua versi lainnya harus dipesan khusus dari situ maka sedikit yang menggunakan mesin V8 dibandingkan dengan turbodiesel.

Defender Pick up Land Rover Defender 110 V8 keluaran tahun 1991 ini dobekali dengan mesin Rover V8 bawaan pabrik, dikeirim dalam keadaan baru ke UEA tetapi hanya digunakan sesekali, pada tahun-tahun berlkutnya mobil tersebut terdampar di Perancis dengan pemilik baru, dengan catatan jarak tempuh pada odometer tertulis 50.000 km sekitar 31.000 mil. 

tampak belakang

Defender pick-up ini difinishing dengan warna hijau klasik dengan interior warna hitam dan hijau dan karpet warna hitam. serta kartu pintu hitam dan hijau, posisi stir disebelah kiri dengan transmisi manual 5 percepatan dan kotak transer jarak ganda.

Sekarang ditawrarkan di pelelangan Bonhams dan kalian bisa kunjungi disini bila memang ingin membelinya.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications