29.3 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

KTM Super Duke Edisi Khusus Bergaya Brabus On The Way

Kata “Brabus” sudah menjadi nama yang identik dengan Mercedes sejak akhir tahun 70an, namun melakukan lompatan ke roda dua dengan Brabus 1300 R pada tahun 2022.

Automoto – Ternyata banyak pelanggan bersedia membayar Brabus 1300 R  dengan harga tinggi untuk motor bermerek Brabus. telah mengajukan tiga permohonan merek dagang untuk model baru Brabus 1400 R, yang pada dasarnya menegaskan kolaborasinya dengan KTM akan diperluas dengan lebih banyak sepeda berbasis Super Duke.

Brabus 1300 R asli didasarkan pada KTM 1290 Super Duke Evo, mengadopsi mesin dan sasisnya (tidak diubah) dan membungkusnya dengan gaya berbeda termasuk lampu depan bundar yang dipinjam dari Husqvarna.

Generasi pertama dibuat dalam jumlah terbatas sebanyak 154 sepeda motor (77 berwarna merah dan 77 berwarna hitam) untuk menandai berdirinya perusahaan pada tahun 1977.

Meskipun harganya setara dengan hampir $45.000 dan tidak ada keunggulan kinerja dibandingkan Super Duke Evo seharga $19.000, ke-154 unit tersebut terjual dalam waktu dua menit setelah buku pesanan dibuat dan diumumkan.

Maka tidak mengherankan jika Brabus menambahkan versi sepeda generasi kedua pada tahun 2023, 1300 R Edition 23, dengan produksi meningkat menjadi 290 unit.

Sekali lagi, ini dibagi 50/50 antara dua warna, Superblack dan Stealth Grey, dan ada Ada perubahan pada gayanya, termasuk penutup lampu depan dan saluran masuk udara baru.

lagi-lagi keduanya cepat terjual, dan Brabus meluncurkan versi ketiga, 1300 R Masterpiece Edition, hanya beberapa bulan kemudian.

Versi ini lebih eksklusif dengan hanya dibuat sebanyak 50 unit , 25 berwarna putih dan 25 berwarna hitam, dan Brabus berjanji itu adalah yang terakhir.

Kini, tentu saja KTM 1290 Super Duke sudah tiada, digantikan pada tahun 2024 oleh Super Duke 1390, sehingga ada ruang bagi Brabus untuk mengulanginya lagi dengan jajaran sepeda motor yang menggunakan mesin 1.350cc LC8 V-twin yang diperbarui dari the model baru.

Lengkap dengan sistem timing dan pengangkatan katup variabel bergaya shiftcam, motor baru ini diklaim menghasilkan tenaga sebesar 190 hp pada 10.000 rpm dan torsi 107 lb.-ft pada 8.000 rpm, naik dari 177 hp dan 103 lb.-ft.

Mesin dipadukan dnegan sasis, suspensi, dan rem Super Duke Evo terbaru, pasti akan menjadi fondasi sepeda motor Brabus generasi baru.

Tiga permohonan merek dagang yang diajukan sejauh ini menunjukkan bahwa Brabus mungkin sedang mempertimbangkan ide yang sama seperti sebelumnya.

Menawarkan tiga jenis sepeda yang terpisah

Merek dagang pertama adalah nama Brabus 1300 R Rocket. “Rocket” adalah sebutan yang sudah diterapkan Brabus pada beberapa mobil Mercedes kelas atas edisi terbatasnya, jadi ini adalah cara yang logis untuk menghubungkan keluaran merek roda dua dan empat.

Kita telah melihat pada sepeda motor edisi terbatas Ducati Streetfighter Lamborghini dan Diavel untuk Bentley, terdapat minat dari para kolektor untuk membeli sepeda yang cocok dengan mobil kelas atas mereka.

Tidak sulit membayangkan Triumph yang sudah menjual sepeda dengan nama Rocket akan keberatan dengan rencana Brabus membuat sepeda motor bermerek Rocket. Kita harus menunggu dan melihat apakah permohonan merek tersebut disetujui.

Permohonan merek dagang yang kedua adalah untuk istilah “Brabus 1400 R Signature.” Sekali lagi, Brabus telah menggunakan istilah “Signature” pada keluarannya yang sudah ada.

Yang terakhir, setidaknya untuk saat ini, ada permohonan merek dagang untuk judul “Brabus 1400 Tailor Made.” Nama Tailor Made mengingatkan kita kembali ke masa lalu untuk Brabus, ketika perusahaan tersebut membuat serangkaian versi modifikasi yang mahal dari minicar Smart ForTwo. di bawah merek yang sama pada tahun 2010.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications