29 C
Jakarta
Thursday, July 25, 2024

Konsep Honda 0 Series, Gambaran Canggihnya Mobil Listrik Honda di Masa Depan

Honda 0 Series menampilkan filosofi desain baru “The Art of Resonance” yang menyatukan lingkungan, masyarakat, dan pengguna secara harmonis.

Automoto – Selain dua model konsepnya, Saloon dan Space-Hub, Honda mengumumkan pengenalan seri EV global baru yang diberi nama Honda 0 Series di Consumer Electronics Show (CES) 2024 di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat (10/1).

Honda menjelaskan bahwa mereka melakukan pendekatan baru pada desain dan teknik yang mereka sebut “Mulai dari Awal” dalam pengembangan kendaraan listrik mereka.

Model pertama yang akan diluncurkan Honda di pasar Amerika Utara akan dimulai pada tahun 2026 mendatang.

Honda 0 Series (seri 0) mewakili pendekatan baru dalam pengembangan kendaraan listrik, yang digariskan oleh tiga prinsip utama: Ringkas, Ringan dan Bijak.

Baca Juga : Honda Kenalkan 2 Konsep Honda 0 Series di CES 2024

Prinsip-prinsip ini melawan batasan tradisional kendaraan listrik baterai sambil membangun filosofi teknik Honda yang sudah lama ada seperti “M/M” man maksimum/machine minimum.

Prinsip-prinsip ini akan tercermin dalam bidang-bidang utama menggunakan platform kendaraan listrik “ringkas”, seperti lantai yang rendah untuk menciptakan aerodinamis yang optimal, dan produk mobilitas dengan perangkat lunak untuk pengalaman pengguna yang “lebih bijaksana” dan cerdas.

Selain itu, Honda 0 Series akan memperkenalkan desain, pengendaraan otomatis, teknologi konektivitas, performa, dan efisiensi baterai yang lebih maju.

Konsep Honda Space-Hub
Konsep Honda Space-Hub Automoto.id/Honda

Desain Artistik yang Harmonis

Model-model dalam seri ini akan menampilkan filosofi desain baru “The Art of Resonance” yang menyatukan lingkungan, masyarakat, dan pengguna secara harmonis.

Hal ini mencakup penggunaan material ramah lingkungan dan membangkitkan emosi melalui desain.

Baca Juga : Logo Honda Terbaru di Perkenalkan di CES 2024, Lambang Transformasi Honda

Penerapan ADAS dan Fitur Mengemudi Otomatis

Honda Seri 0 akan menampilkan ADAS (advanced driver-assistive system) yang memanfaatkan teknologi pada Honda SENSING Elite, yang pertama kali diterapkan pada tahun 2021 di Jepang.

Sistem AD generasi berikutnya sedang dikembangkan berdasarkan konsep keselamatan Honda “human-centric”.

Sistem itu akan dilengkapi dengan AI (kecerdasan buatan), pengindraan, pengenalan, dan monitoring pengemudi yang lebih canggih.

Tujuannya, untuk mencapai prediksi risiko yang lebih mirip manusia, alami, dan presisi tinggi, sehingga membuat orang merasa aman dan percaya diri saat menggunakannya.

Sistem AD yang canggih ini akan memperluas penerapan beberapa fungsi berkendara otomatis di jalan bebas hambatan maupun di jalan alternatif.

Baca Juga : Honda WR-V 2024 Dipasarkan Tahun Depan, Harga Mulai Rp 228 Jutaan

Honda juga tengah mengembangkan sistem operasi orisinal untuk model Honda 0 Series.

Dengan memanfaatkan AI dan data pengemudi, kendaraan akan mempelajari preferensi serta perilaku dan kecenderungan pengguna saat berkendara, sehingga kendaraan dapat memberikan saran guna meningkatkan pengalaman berkendara.

Selain itu, kendaraan akan memberikan informasi tentang area sekitar, dan panduan rute tambahan menuju tujuan.

Terhubung Dengan Kendaraan

Teknologi ini akan meningkatkan hubungan antara manusia dan kendaraan yang lebih harmonis. Semakin sering kendaraan itu digunakan maka kendaraan akan semakin memahami perilaku dan karakter penggunanya.

Hal ini tentu akan memberi manfaat besar bagi pemilik kendaraan baik saat bekendara maupun saat parkir dan meninggalkan kendaraannya.

Baca Juga : Intip Fitur All New Honda Accord RS e:HEV

Peningkatan Kinerja Aerodinamika
Peningkatan ini dilakukan dengan memanfaatkan teknologi elektrifikasi dan performa eksklusif untuk menciptakan pengalaman berkendara yang sporty pada model Honda 0 Series.

Dari pengalaman selama bertahun-tahun di dunia balap, termasuk Formula 1, model ini akan menampilkan teknologi aerodinamis canggih yang akan menghadirkan tingkat performa baru untuk kendaraan listrik.

Tingkat Efisiensi Baterai Baru
Honda akan menawarkan kendaraan listrik yang lebih efisien. Dikembangkan dari pengalaman selama puluhan tahun memproduksi serta mengembangkan mobil hybrid dan produk elektrik lainnya.

Model Honda 0 Series akan menampilkan e-Axles*2 yang menghasilkan tenaga dan efisiensi tinggi menggunakan baterai berdensitas tinggi, sehingga kemampuan jelajahnya lebih luas sekaligus meminimalkan ukuran baterai.

Untuk mengatasi kekhawatiran tentang waktu pengisian daya dan penurunan daya baterai, model Honda Seri 0 akan menawarkan pengisian daya bebas stres dan kinerja baterai yang meminimalkan penurunan kualitas seiring usia pakainya.

Pengisian cepat dari kapasitas baterai 15% menjadi 80%, akan dipersingkat menjadi sekitar 10-15 menit.

Sementara itu, dengan menerapkan teknologi kontrol sistem baterai, Honda menargetkan penurunan kapasitas baterai bisa diminimalisir hingga kurang dari 10% setelah 10 tahun penggunaan.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications