29.3 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

Kawasaki ER6N “Cyberpunk” Karya Treasure Garage Bali

Kawasaki ER6N pertama kali diluncurkan pada tahun 2008 namun motor sport naked kelas menengah ini bukanlah motor yang sering terlihat dijalanan.

Automoto – Meskipun Kawasaki ER6N memiliki reputasi karena memiiki value yang tinggi, tapi motor ini kurang diminati oleh banyak bengkel kustom di beberapa negara.

Kecuali di Indonesia, Kawasaki ER6N menguasai jalanan dan masih banyak bengkel motor custom Indonesia yang membangunnya serta memamerkannya di event-event otomotif motor kustom seperti bengkel Batakastem misalnya.

Di Indonesia, Kawasaki ER6N dianggap sebagai motor besar, mengungguli kebanyakan motor berkapasitas kecil dan skuter yang memenuhi jalan-jalan di tanah air.

Namun bukan hanya kapasitas ER6N yang membuat menarik, Kawasaki mendapatkan nilai rating bintang 5 tertinggi karena Kawasaki ER6N ini. 

pengujian telah menjelaskan bahwa 9 dari 10 penguji motor jalanan lebih memilih Kawasaki ER-6 dibandingkan motor kelas menengah lainnya.

Saingannya termasuk Suzuki GSF600 Bandit, Yamaha FZ600 Fazer, Ducati Monster 600, dan Suzuki SV650 telah dikalahkan oleh Kawasaki ER-6.

Kita hanya bisa berasumsi bahwa hal yang membuat bengkel-bengkel motor kustom menyukai ER6N adalah karena gaya nya yang terlihat sporty.

Namun ketika motor tersebut ditangani oleh builder kelas dunia seperti Nuel pemilik dan pendiri Tresure Garage Bali, masalah remeh temeh ini tidak ada artinya.

Kawasaki ER6N 2013 bergaya Neo-retro ini adalah kendaraan pribadi Nuel Sendiri, setelah bosan dengan gaya Kawasaki yang terlihat Kaku menurutnya.

lalu Ia memutuskan untuk membuangnya dan menjadikan sebagai proyek-inhouse terbaru treasure garage Bali

Dalam beberapa tahun terakhir, Treasure Garage Bali telah mengembangkan dan membangun reputasi dalam membangun sebuah wahana yang tampak futuristik dan konsep yang ada di benak Nuel akhirnya menjadi kenyataan.

Nuel Terinspirasi dari sebuah game yaitu “Cyberpunk 2027” Game RPG first person bergaya neo-moir yang terkenal menampilkan Cameo oleh Keanu Reeves.

Untuk menciptakan visinya ini, maka ER6N tersebut dibongkar habis semua bagian termasuk rangka, mesin dan peleknya

Namun dalam waktu 6 bulan Kawasaki ER6N tersebut berubah menjadi sebuah motor yang tampak liar dan agresif.

Dimulai dengan sasis, Tim treasure Garage melakukan pemotongan subframe motor, hal ini dilakukan agar bisa memperketat proporsi motor dan mengubahnya menjadi motor single seater.

Untuk menakomodasi visi Nuel ini maka knalpot kustem baru dipasang, monoshock yang terpasang disamping diganti dipasang dibagian tengah motor.

 

Sehingga harus melakukan modifikasi pada bagian lengan ayun dan subframe agar monoshock tersebut bisa berfungsi secara maksimal.

Knalpotnya sendiri menggunakan knalpot model 2 into 2. pipa-pipa dipotong melingkar pada bagian depan mesin ke arah belakang mesin disembunyikan dibawah bagian belakang motor.

Ubahan Radikal treasure Garage Bali

Treasure Garage Bali melakukan ubahan bodi secara radikal, semua komponen mulai dari spatbor hingga tangki motor telah dibentuk dengan susah payah dari bahan alumunium.

Penutup lampu depan dibuat baru, lampu dengan sistem proyektor ini dilingkari dengan lampu DRL warna merah seperti pada 9000 Space odessy tahun 2001.

Pada bagian kaki garpu motor dibalut dengan pelindung serta spatbor juga menutupi bagian dari rem depan. 

Dibagian tengah terdapat tangki model baru yang dibuat dari bahan Alloy, dilengkapi dengan lekukan lutur disetiap sisinya.

Pada bagian pengisian bahan bakar dibuat lebih tinggi sedikit. tampilannya cocok dengan sasis ER6N.

Dibawah tangki terdapat satu set penutup samping yang dibuat secara khusus, selain untuk memperkuat tampilannya.

Cyberpunk

Panel-panel tersebut juga dilengkapi dengan satu set lampu sein LED yang tersembunyi dengan model sentuhan motor balap dibuat penutup mesin untuk melindungi mesin dari kerikil-kerikil yang tak diundang.

Pada bagian belakang yang paling menonjol dengan desain seperti layaknya bokong sebuah jet yang dilengkapi dengan stabilator vertikal diantara dua sirip yang melengkung.

Untuk menonjolkan lampu belakang LED didesain melengkung dan pada spatbor dari bahan alloy dengan desain Hugger-Style Fender.

Untuk rem dipasang rem cakran sehingga menambah tampilan motor yang tampak lebih kokoh. jika kalian failiar dengan game Cyberpunk 2077.

Kalian pasti tahu bahwa tidak ada yang halus, dari pakaian aktornya hingga cat kendaraan semuanya terlihat kasar.

Nuel menggunakan ini sebagai inspirasi untuk finishing cat motor dengan sentuhan yang berani dan terasa gaya baru.

Mesin motor diperkuat dengan ban yang mencolok secara visual. dan digunakan untuk membungkus pelekny yaitu ban Pirelli diablo rain racing.

Nuel dan tim Treasure garage telah membuat suatu gebrakan baru di ranah motor kustom di Indonesia.

Motor tersebut pernah ditampilkan di event Kustomfest di Jogjakarta dan mengantongi 5 trophy kemenangan.

Untuk mengetahui lebih detail karya karya Treasure Garage Bali silahkan lihat disini

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications