29.3 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

“Italien” Satu-satunya Mobil Show Berbasis Ford Thunderbird 1963 Didunia

Ini adalah Ford Thunderbird “Italien Show Car” tahun 1963, satu-satunya dari jenisnya, dirancang oleh Ford Styling dan dibuat oleh Dearborn Steel Tubing (DST) khusus untuk menjadi bagian dari Custom Car Caravan.

automoto –  Ejaan “Italien” digunakan pada mobil ini untuk menggambarkan gaya mobil Italia pada saat itu, pada saat Ford ingin membeli Ferrari, Henry Ford II sedang pacaran dengan seorang wanita Italia yang glamor, dan mengagumi kepandaian Gianni Agnelli yang sopan.

Italien mobil Yang sangat menakjubkan

Pada tahun 1963 Ford melakukan negosiasi mendalam dengan Ferrari untuk membeli perusahaan tersebut. Ceritanya, kesepakatan tersebut hampir tercapai tetapi Enzo Ferrari menolak keras gagasan kehilangan kendali atas divisi balap Ferrari (yang selalu menjadi cinta sejatinya), dan dia membatalkan kesepakatan – malah menjual saham perusahaan tersebut kepada rekan-rekan Italianya di Fiat.

Pada awal tahun 1960-an ada suatu masa ketika Ford, dan Henry Ford II khususnya, terpikat dengan gaya orang Italia. Henry Ford II pernah berpacaran dengan sosialita Italia bernama Maria Cristina Vettore dan Enzo Ferrari, namun karena alasan yang sangat berbeda.

Pada akhirnya kesepakatan dengan Vettore tercapai dan keduanya menikah pada tahun 1965, sementara kesepakatan dengan Ferrari gagal, sehingga mengakibatkan peluncuran program GT40 untuk memberi pelajaran kepada orang Italia di Le Mans.

Mobil show Ford Thunderbird Italien 1963

Di tengah semua ini Ford Thunderbird Italien diciptakan di Dearborn, Michigan. Meskipun mobil tersebut terlihat seperti salah satu mobil spesial yang dibuat oleh carrozzeria Italia dengan sasis mobil produksi Amerika, mobil tersebut 100% dirancang dan dibuat oleh tangan orang Amerika Serikat sebagai sebuah karya seni.

Mobil tersebut berbasis mobil convertible Thunderbird tahun 1962 baru yang dikirim dari jalur produksi langsung ke fasilitas Dearborn Steel Tubing (DST) di mana mobil tersebut akan dibangun.

Nama Dearborn Steel Tubing sangat masuk akal ketika perusahaan ini didirikan pada tahun 1955 yang memproduksi knalot, meskipun mungkin kemudian menjadi kurang masuk akal ketika perusahaan tersebut memperluas produksinya ke pembuatan seluruh mobil kustom, yang biasanya mengerjakan untuk Ford.

Desain Italien ditulis di Ford Styling, yang jelas dimaksudkan sebagai evolusi dari desain Thunderbird saat itu, hampir seperti tampilan mobil tersebut jika berasal dari Turin dan bukan dari Dearborn.

Bagian belakang mobil dan spatbor depan serta pintu dilepas, kemudian diganti dengan unit yang lebih baru dari Thunderbird tahun 1963. Atap fastback baru dibuat dari fiberglass dan ditambahkan ke mobil bersama dengan 80 potongan trim khusus.

Hal tersebut diatas lantaran terinspirasi dari Ferrari. desain gril, dan interior yang dikerjakan ulang dengan jok kulit yang dibuat lebih luas, sandaran kepala kursi belakang dengan fairing yang dikrom.

Italien adalah merupakan mboil yang populer di event Custom Car Caravan dan kemudian ditampilkan di banyak dealer Ford besar di seluruh negeri, juga dipamerkan di beberapa Autoramas dan diublikasikan dibanyak majalah otomotif jaman dulu.

Setelah turnya hampir berakhir, rencananya mobil tersebut akan dikirim ke crusher, sebuah nasib umum bagi mobil konsep dan pertunjukan pada saat itu. Untungnya mobil tersebut didivestasi kembali ke DST, dan kemudian dibelivoleh aktor TV Dale Robertson , bintang Tales of Wells Fargo.

Mobil tersebut pernah dimiliki oleh tangan beberapa pemilik pribadi sampai, mobil tersebut membutuhkan restorasi dan disimpan dalam penyimpanan jangka panjang.

Untungnya, Italien tersebut dibeli oleh Tom Maruska pada tahun 2005 dan dia memulai restorasi penuh kembali ke aslinya. kondisi yang selesai pada tahun 2008.

Restorasi tersebut mencakup pembangunan kembali mesin/drivetrain secara penuh, pengembalian yang hati-hati ke cat Candy Apple Red aslinya, interior dipulihkan dengan bahan dan pola asli, dan potongan trim logam yang unik dipulihkan.

Mobil tersebut masuk ke pelelangan RM Shoyheby yang ditafsikan dengan harga antara $400.000 hingga $600.000 dan terjual dengan harga $456,000 di tahun 2024.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications