29.3 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

Intip Dapur Pabrik Helm Arai Jepang

Pabrik Tour Helm Arai, sejenak kita intip bagaimana helm arai diproduksi di Jepang.

Automoto – Event Press Ride diadakan di Jepang bertepatan dengan peluncuran model terbaru Helm Arai di luar negeri, Helm baru Arai tersebut diberi lebel “Tour Cross V”, bagaimanakah komitmen Helm Arai yang dipersembahkan bagi perlindungan dan keselamatan pemotor diseluruh dunia. 

Perusahaan Helm Arai terus berkeyakinan dan berupaya tanpa henti demi keselamatan untuk melindungi kepala para biker diseluruh dunia. Keyakinan mereka sangat kuat akan keselamatan yang tidak bisa diraih dengan produksi mesin.

Sebenarnya apa yang menjadi pertimbangan kalian saat ingin membeli helm? desain? Harga? berat? atau apakah itu rekomendasi dari toko penjual helm? faktanya, helm yang pajang berjejer-jejer di toko-toko helm hadir dalam berbagai macam produsen, merek, tipe, dan warna.

Bisa dibayangkan pasti kalian akan bingung dan kewalahan untuk memilih mana helm yang akan dibeli? namun dalam memilih helm untuk melindungi kepala merupakan bagian yang paling ingin dilindungi saat berkendara motor.

Faktor terpenting adalah keselamatan, kalian tidak boleh salah dalam memilih helm, salah satunya pilihan helm Arai adalah pilihan yang tepat. Arai adalah produsen Helm pertama di Jepang, hingga saat ini terus berupaya mengembangkan dan meningkatkan keselamatan dan perlindungan setiap harinya bagi para pemotor.

Proyek Slide Press undangan yang dilakukan oleh arai bagi semua media dari seluruh negeri yang diadakan di Jepang bertepatan dengan peluncuran helm Arai Tour Cross V dan diluar jepang diberi nama dengan TOUR-X5.

Dimulai dari R&D dikantor pusat Arai, Saitama perfektur tempat produksi helm arai terkait Inspeksi, pengecatan dan perakitan.

Kemudian dilanjut keliling pabrik Shinto di Gunma Perfektur sambil menguji helm Tour Cross V sebuah helm yang mengutamakan keselamatan dan dibuat melalu kerja manual yang rumit oleh para pegawai yang sangat terampil dan berpengalaman.

Helm Arai Tidak Dibuat Dengan Mesin.

Dimulai dari metode pembuatan CLC, yang dibuat sendiri dari cetakan dan dicetak dengan menjepit, bahan serat kaca khusus yang sangat elastis diantara serat yang sangat kaku. sekitar 30% atau lebih dibandingkan dengan serat kaca biasa.

Serat ini digunakan untuk memenuhi persyaratan penguatan dari setiap bagian helm, dengan menggunakan metode manufaktur yang unik ala Arai.

Termasuk sabuk serat super dengan kekuatan 100% dan ditambah lapisan anti goncangan yang dibentuk dengan gabungan rasio busa optimal untuk setiap bagian.

Banyak bagian dibuat dengan tangan dan terintegrasi untuk memaksimakan kekuatan helm. Proses yang sangat rumit dan detail ini tidak dapat diotomastisasi setiap langkahnya dengan mesin.

 

Arai melakukan proses pembuatan helm mereka dengan tangan yang dikerjakan oleh para pengrajin yang terampil, dan sangat indah sehingga sangat meanarik untuk disaksikan saat mengerjakan sebuah helm.

Wakil presiden Akihito Arai, menjelaskan apapun upaya mereka dalam mengupayakan keselamatan untuk pelindung kepala.

Mereka tidak akan pernah berhenti, jadi jika mereka bisa meningkatkan kinerja keselamatan meski bertahap, mereka ingin lebih meningkatkan jumlah prosesnya.

Itu sebabnya setiap proses memiliki arti, dan banyak hal yang tidak bisa diserahkan kepada mesin, karena keterampilan mutlak diperlukan.

Tergantung pada prosesnya, mungkin diperlukan waktu beberapa tahun untuk menjadi manusia yang utuh.

Dalam setiap departemen, sebagai anggota perusahaan ini , mereka ingin semua orang memiiki semangat yang sama dan membawa helm ke dunia. sehingga mereka tidak memiliki pekerja paruh waktu. 

Setiap pengerjaan dikerjakan satu persatu oleh pengrajin

Selain kedua jenis pengerjaan diatas, cetakan dilapisi dengan serat dan bahan lain yang memberikan kekutatan tambahan, dipanaskan dengan resin termoset khusus untuk membuat alasnya, tentu sana dikerjakan oleh tenaga kerja yang terampil.

Serat super yang juga digunakan pada helm Arai Preformer merupakan serat kaca bermutu tinggi sekitar 6 kali lebih kuat dari serat kaca biasa.

Tahan terhadap robekan dan penetrasi. semua proses pengecatan dilakukan di pabrik Arai sendiri, proses surfer dan pengamplasan basah diulang hingga 2 kali.

Bahkan selama proses ini, dipastikan tidak ada perbedaan ketebalan. Setiap gambar diaplikasikan oleh pengrajin dengan air.

Stricker juga diaplikasikan melalui proses khusus, menginngat bentuk helmnya, proses penempelannya sangat rumit.

 

Helm yang sudah di cat dan diberi sticker diperiksa dua kali ketebalan dan beratnya, lebih tebal tidak selalu berarti baik, namun dengan membuatnya mencapai ketebalan dan berat tertentu, helm mereka mencapai kekuatan dan pengurangan berat.

Proses perakitan melibatkan masukan lapisan penyerap goncangan, dengan menggabungkan bantalan dan bagian lain yang biasa dengan cara disentuh, keahlian karya ini bisa kalian rasakan sendiri.

Helm Arai tidak hanya memenuhi standar SG dan PSC, tetapu juga standar SNELL (standar internasional yang tinggi) dan menetapkan standarnya sendiri dengan nilai yang lebih ketat, termajuk uji anti goncang dan uji ketahanan.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications