29 C
Jakarta
Thursday, July 25, 2024

Ducati 750GT V-Twin Pertama Tahun 1970

Automoto –  Pengen tahu motor Ducati pertama yang menggunakan mesin v- twin untuk versi Road going ? Motor tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah Ducati 750GT.

Ducati 750GT Dirancang oleh seorang desainer engineer ternama bernama Fabio taglioni pada tahun 1970. Motor ini dikembangkan untuk bersaing dengan Norton Commando dan Honda CB 750. 

Ducati 750GT
Ducati 750GT

Saat itu Taglioni tahu banyak untuk mengembangkan sebuah mesin yang bisa menandingi baik mesin Honda, Norton maupun CB750, oleh karenanya dia memilih mesin menggunakan 1 silinder, bevel-drive overhead single cam cylinder yang sebelumnya sudah diproduksi secara massal oleh Ducati. Namun Taglioni membuat versi barunya.

Crank case model baru didesain ulang dan 2 unit cylinder barrel yang unik dmana yang satu didesan menggunakan fin vertikal heatsink dan satu lagi model heatsinK horizontal. 

Taglioni juga paham bahwa mesin yang dirancangnya butuh sistem pendinginan yang mumpuni, sehingga dengan cara membuat pipa cylinder mengarah kebawah agar mesin mendapat suply udara untuk pendinginan sehingga motor tidak cepat panas.

Fitur lain menggunakan standard pabrikan dijamannya, seperti garpu menggunakan garpu hidrolik, frame menngunakan twin down tube steel, twin shock absorber, menngunakan rantai dan jok motor untuk 2 orang. 

Selama masa produksi dari tahun 1971 hingga  1974 sudah terjual sebanyak 4.133 unit. Sehingga motor ini termasuk motor yang lebih langka dibanding Norton Commando dan Honda CB750. 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications