29 C
Jakarta
Thursday, July 25, 2024

Indojumpstitls, Komunitas Penggemar Olahraga Ekstrem

Automoto- Permainan engrang merupakan salah satu permainan tradisional khas Indonesia, permainan ini juga menjadi bagian dari olahraga tradisional, namun apakah kalian pernah memainkannya?

Bahkan bisa jadi nama permainannya saja sudah dilupakan, karena terhapus permainan-permainan yang ada digengaman kita, ya game di Handphone lah yang menjadi penyebab anak-anak indonesia meninggalkan permainan-permainan tradisional peninggalan nenek moyang. 

Permainan Tradisional

Engrang sebuah permainan tradisional yang menggunakan dua pasang tongkat bambu panjang yang diberi tempat pijakan kaki, cara memainkannyapun sederhana kita tinggal menaiki tongkat bambu tersebut dan menjaga keseimbangan tubuh. awal-awal pasti mengalami kesulitan untuk bermain engrang, tapi lambat laun akan mudah dan menyenangkan untuk memainkannya. 

Sejalan dengan perkembangan Jaman, maka pada tahun 2000 mulai dipopulerkan sebuah alat yang berkonsep seperti engrang yang disebut dengan skyjumper atau bocking jumper, oleh Alexander Bock, hingga akhirnya banyak berdiri komunitas-komunitas jumps stilts di beberapa negara termasuk di Indonesia yang tersebar di Jakarta, bandung, Surabaya, Malang dan beberapa daerah lainnya.

Di Jerman jumps stilt ini termasuk sebagai olahraga ekstrim, sama seperti bmx, skateboard atau olahraga lainnya, sehingga membutuhkan perlengkapan keselamatan yang baik, seperti helm, pelindung siku dan lutut. kalau engrang digunakan hanya untuk berjalan atau berlari saja, sedang Jumps stitls ini bisa digunakan untuk lari, melompat dan bahkan bisa untuk melakukan trik-trik yang ekstrim tergantung dari nyali si pemain.

Permainan Modern dan Olahraga esktrem

Karena tergolong olahraga dan permainan yang ekstrim jumpstitls ini terbuat dari bahan alumunium yang kuat dan per atau pegasnya terbuat dari bahan carbon fiber dipadukan dengan beberapa part yang terbuat dari karet yang tebal.

Bagi pemula awal-awal harus bisa berjalan dengan menggunakan alat ini, berlanjut berlari yang sensasinya sama dengan seekor kangguru berlari dan melompat-lompat, trik lain yang bisa dilakukan seperti salto untuk yang bernyali besar. semakin rajin kita berlatih maka lambat laun akan mahir juga seperti pepatah mengatakan bisa karena ala biasa.

Dari semakin maraknya pengguna jump stitls ini maka banyak komunitas-komunitas pengguna dan penghobi jumps stilts, salah satunya indojumpstitls yang biasanya bermain di beberapa tempat seperti di senayan, taman menteng dan beberapa tempat lainnya. indojumpstitls memiliki cabang-cabang di malang, bandung, semarang, balik papan dan beberapa wilyah lainnya. 

Komunitas ini sering juga diundang untuk memeriahkan beberapa event-event tertentu, di acara tv, iklan dan kegiatan-kegiatan lainnya. lantas bagaimana dengan nasib engrang sendiri? 

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications