29 C
Jakarta
Thursday, July 25, 2024

Honda N600, Mobil Jepang Pertama Yang Dipasarkan Di Amerika

Honda N600 tidak diragukan lagi merupakan salah satu mobil terpenting dalam sejarah perusahaan mobil Jepang, ini merupakan mobil pertama yang diimpor secara resmi ke Amerika Serikat.

Automoto – Honda N600 dibekali dengan mesin berkubikasi 598cc yang banyak meminjam suku cadang dari mesin motor Honda pada masanya, mesin Parallel-Twin berpendingin udara.

Dengan satu cam overhead, dua katup setiap silinder, mensin ini menghasilkan tenaga 36 – 45 bhp pada putaran mesin 9.000 rpm.

Honda N600 Dan Amerika

Ketika Honda N600 mulai dijual di Amerika Serikat pada tahun 1968, hal ini merupakan  salah satu pertaruhan terbesar perusahaan Jepang hingga saat itu.

Saat itu Honda merupakan produsen motor berkapasitas kecil dan menengah terlaris yang dikenal karena tekniknya yang sangat baik, irit bahan bakar, dan keandalan

Honda N600 adalah ujian untuk melihat apakah kualitas yang sama akan terbukti berhasil dalam sebuah mobil.

Honda N600 ini berbasis Honda N360, sebuah “Kei Car” yang awalnya dikembangkan untuk penjualan domestik di Jepang agar sesuai dengan Kelas Kei-car.

Karena saat itu pemerintah Jepang memberikan peraturan  pembatasan ukuran mesin dan dimensi kendaraan yang menghasilkan pajak yang jauh lebih rendah.

Dengan mesin motor 360cc, N360 tidak akan pernah bisa untuk dipasarkan ke Amerika Serikat, Dimana masyarakat Amerika senang dengan mobil besar dan V8 yang besar dan kuat.

Alhasil, Maka Dikembangkan Honda N600 yang dibekali dengan mesin 598cc yang diambil dari sebuah motor Honda pada saat itu.

Mesin ini sudah maju sesuai dengan standar zamannya, memanfaatkan pengalaman Honda yang luas dalam balap motor Grand Prix.

Mesin Twin-Parallel berpendingin udara, satu cam overhead dan dua katup setiap silindernya maka tenaga yang dikeluarkan sebesar 36-45 bhp tergantung versinya

Tenaga disalurkan melalui transmisi manual 4 percepatan ke roda depan, sehingga tidak interior  terbilang luas yang diadopsi dari mobil MINI buatan Inggris  pada tahun 1950-an.

Honda N600 bisa muat untuk 5 orang penumpang dua didepan dan tiga dibelakang, sebenarnya jok belakang lebih nyaman untuk 2 orang.

Kecepatan tertinggi mencapai 124 km/ja, dan waktu akselerasi dari 0-60 mph ditempuh dalam waktu 19 detik, Honda N600 memang tidak kencang, namun banyak yang mereview bahwa mobil ini lincah.

Hemat Bahan Bakar Dan Krisis Minyak

Penghematan bahan bakar sangat baik yaitu 7,8 liter per 100 km,  Ketika mobil pertama kali diperkenalkan pada akhir tahun 1960-an, faktor Kehematan bahan bakar tidak menjadi perhatian utama bagi kebanyakan orang Amerika.

Namun saat terjadi Krisis Minyak Tahun 1973 terbukti sangat menguntungkan Honda dengan mobilnya yang kecil dan ekonomis, dan sebagai hasilnya penjualan meningkat pesat.

Honda Civic memulai debutnya pada tahun 1972 untuk mengambil alih N600. Ini dikembangkan berdasarkan pembelajaran dari model sebelumnya.

Ukurannya sedikit lebih besar dan memiliki mesin empat silinder yang lebih besar dengan kapasitas 1.169cc – hampir dua kali lipat dari N600.

Honda Civic  menjadi salah satu mobil terlaris dalam sejarah dunia, dengan lebih dari 27 juta unit terjual sejak tahun 1972, meskipun sebagian besar pemilik belum pernah mendengar tentang Honda N600.

Honda N600 “Woodie Wagon” 1971 

mobil yang ada disini adalah Honda N600 tahun 1971 yang telah dirawatan penuh, dijuluki dengan  “Woodie Wagon”, tidak diketahui kapan kustomisasinya tetapi pasti sudah dilakukan beberapa waktu yang lalu, karena kayunya menunjukkan tanda-tanda patina yang berkaitan dengan usia.

Mobil ini difinishing dengan cat “Petrol Blue”  dengan pelek baja berwarna biru langit muda dengan Hubcup di Krome. Kedua sisinya bodi dilapisi kayu dua tone warna, interiornya  berwarna hitam dan abu-abu tua, dengan tata letak kemudi kiri, ada jendela , dan sabuk pengaman.

Mobil tersebut telah menjadi anggota populer dari koleksi Museum Mobil Klasik Maine, sekarang ditawarkan untuk dijual oleh Bonhams atas nama mereka dengan panduan harga $14,000 – $18,000 USD dan tanpa reservasi. Jika Anda ingin membaca lebih lanjut tentang mobil tersebut atau mendaftar untuk menawar Anda dapat mengunjungi daftarnya di sini.

 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications