29.3 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

Honda CB400FOUR Memang Tangguh Dan Mempesona

Honda CB400 Super Four  terkenal diproduksi dan dijual dari tahun 1992 hingga 2022. di uji oleh seorang penguji motor veteran bernama Yasuharu Ota 

Automoto – Tuan Yasuharu Ota menjelaskan apa yang telah ia uji tentang Honda CB400 selama didebutkan dan berbagai pesona yang dimiliki sepanjang sejarah penjualan yang panjang.

Honda CB400 ini menurut Yasuharu Ota memiliki kemampuan tehnis yang handal untuk merespon apapun dengan sempurna

Setelah CB750FOUR yang dirilis pada tahun 1969 menjadi hit di dunia, Honda secara agresif mempromosikan mobil bermesin inline-four. 

Di kelas menengah, CB350FOUR dirilis pada tahun 1972, CB400FOUR pada tahun 1974 dan CBX400F pada tahun 1981 dimana motor replika menjadi booming saat itu dan terus berkembang hingga muncul CBR yang menggunakan pendingin udara hingga berganti dengan pendingin air menjadi populer.

Pada tahun 1989, ketika booming replika mulai mereda, CB-1 diperkenalkan dengan bodi bergaya naked dan mesin berpendingin air tipe CBR yang bisa melaju dengan kencang

Meskipun terlihat berpenampilan tenang, tetapi mungkin karena karakternya yang berorientasi pada olahraga, motor ini tidak begitu populer.

CB400 SUPER FOUR dirilis dengan desain yang benar-benar baru sebagai bagian  utama dari “Project BIG-1. Pada acara peluncuran test drive, banyak jurnalis yang menguji dan memuji handling mesin yang mulus diseluruh rentang puratan dan respon bertenaga bahkan pada rentang putaran rendah.

Yang menarik perhatian para pengguna umum adalah mesinnya yang berpendingin air, dan ada spoiler belakang sehingga tampak seperti motor besar dengan suspensi ganda dan akhirnya bisa menggeser motor Zerphyr si motor juara.

Dibandingkan dengan Zephyr, Honda CB400 handlingnya sangat bagus, tidak perduli siapapun pengemudinya, dimana dan bagaimana, apalagi kalau dikendarai secara serius motor ini larinya sangat kencang.

Honda CB400FOUR  memiliki ketahanan yang tinggi, dan menurut pengedara motor ini, tidak jarang dari mereka yang bisa mengendarai dengan jarak lebih dari 500.000 km hanay dengan mengganti suku cadang setelah mengendarai sejauh itu.

Bahkan ada yang sudah terpakai hingga 700.000 km, menurut mekanis Honda, pengetahuan ini diperoleh dari motor Honda Super cub.

Yang telah diproduksi lebih dari 100 juta motor dan telah diuji dalam kondisi yang sulit hampir diseluruh dunia, Super Cub ini telah dimanfaatkan banyak orang.

Dari sini tampaknya ada banyak sekali tehnologi yang terakumulasi terutama mengenai ekspans termal dan pelumasan.

Mengingat dari latar belakannya yang bagus, model variasinya juga sangat lengkap. Versi “R” yang dilengkapi dengan Bikin Cowl memiliki kecepatan sebesar 53 HP.

dan ketika dikendarai dengan kecepatan maksimum hanya untuks atu putaran di Fuji Speedway, kecepatannya dengan mudah melampaui 200 km/jam.

Honda CB400Four yang dirilis pada tahun 1997 mengadopsi knalpit 4 bagian tanpa pipa penghubung, dan suara knalpot pada rentang putaran rendah dan menengah memiliki kualitas suara yang dalam mirip dengan CB750FOUR.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications