29.3 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

Hayabusa Class Four Engineering, Motor Drag Race Handal

JD-STER Jepang identik dengan Hayabusa dan ZX-14R yang memiliki tujuan yang sama dengan Class Four yaitu menjadi yang tercepat

Automoto – Hayabusa termasuk motor yang terkuat di tahun 2022 dan 14R yang mendekatinya, Hayabusa adalah rajanya motor disisi lain juga merupakan salah satu motor sport ultima

Balapan drag race dimana dalam jarak 1/4 mil harus bisa sampai secepat mungkin, tidak ada batasan modifikasi pada kelas JD-STER Pro Open, jadi tergantung kondisi mesin.

Hayabusa yang dikendarai oleh Tuan Shirata yang menjadi juara seri di kelas yang sama pada tahun 2022 mencetak waktu terbaik 8,4 detik.

Hayabusa ini telah berjalan selama 12 musim hingga sekarang, berdasarkan pada tipe 2, ubahan-ubahan yang dilakukan pada motor tersebut adalah pelek depan dan belakang yang ditempa oleh American Carrozzeria.

Bearing terbuat dari keramik yang dibentuk sangat bulat, bagian belakang dibuat lebih panjang 2 inchi, dan karena knalpotnya pakai NOS.

Untuk mencegah panas, side winder diubah dari bahan titanium stainless steel, rangka masih menggunakan rangka asli.

Mesin ditingkatkan menjadi 1441cc pada awalnya, piston ditempa di HTP dengan lubang lebih lebar dan dibuat lebih kaku. Connection Rod dan web cam shaft digunakan dari produk Carriro.

Dikombinasikan dengan NOS yang menyuntik Nitro oxide ke saluran intake, ada juga spesifikasi yang juga menyuntikkan bahan bakar tambahan pada saat bersamaan, sehingga menghasilkan tenaga sebesar 340PS.

Tuan Yokota dari Class Four Engineering,  menjelaskan bahwa motor ini spesifikasinya masih terlihat masih umum, crankshaft rod dan crankshaft- nya masih menggunakan aslinya. 

Cam yang digambarkan diatas masih belum memiliki spek yang tajam, dan bagian piston memiliki bentuk yang piih mendekati aslinya, katup mesin juga masih menggunakan ukuran aslinya.

Hayabusa asli mampu bertahan dalam kondisi seperti itu, terbukti tidak hanya pada kendaraan yang sudah dimodif ini, tapi jua di event-event drag race Amerika, bahwa motor ini masih bisa melaju tanpa putus meski menghasilkan tenaga 450ps.

Baut stud dipasang pada bak mesin dan silinder terbuat dari baja Chromoly APE, bukan besi aslinya, untuk menyambungkan bagian atas dan bawah silinder serta casingnya agar kuat.

Selain itu pada balapan  dragrace yang harus diperiksa adalah kopling dan plate secara detail dan hati-hati, jadi cover independen diganti biar lebih mudah untuk mengecek dan mengontrolnya. 

Oil-Pan juga digunakan untuk mecegah oli terdorong ke belakang saat melakukan akselerasi G yang besar.

Meski oil-pan Hayabusa bawaan di desain untuk mencegah ketidak seimbangan oli, namun karena memiliki desain flat-pan sehingga mudah untuk menurunkan ground clearance.

Jika kalian bertanya, apakah menuru kalian hal ini masih ortodoks? dengan meningkatkan perpindahan dan supercharging.

Tenaga telah ditingkatkan hingga lebih dari 1,5 kali lipat dari oil-pan bawaan. Fakta bahwa hal ini dapat ditingkatkan lebih dari dua kali lipat berdasarkan pada pengaturan NOS.

Hayabusa  tersebut dibongkar dan diperiksa mesinnya setiap dua musim sekali, namun hanya sedikit kerusakan yang didapati.

tidak adanya perubahan besar hingga pada musim ke-12 membuat spesifikasi ini cukup memadai, apalagi sejak tim ikutan kursus JARI pada tahun 2021, waktu pencapaian lebih baik dan makin stabil.

TuanYokota mengatakan karena kondisi lapangan stabil, maka mudah untuk mencoba berbagai hal dalam kondisi yang sama, dan hasilnya mudah dipahami semua tim.

Out-put disalurkan secara stabil ke permukaan jalan, sehingga memudahkan pengendara dalam mengendarai dan memahami settingan motor.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications