29 C
Jakarta
Thursday, July 25, 2024

Fifth-Wheel Satu-satunya Didunia Berbasis Volkswagen Type 2

Volkwagen Type 2 campervan ini berbeda dengan VW campervan-campervan lainnya, VW campervan modifikasi ini dibuat dari 2 unit VWType 2 campervan yang biasanya disebut dengan Fifth-wheel, karena gabungan dari 2 mobil jadi mesinnya diganti dengan mesin Audi S3 dan menggunakan transmisi otomatis.

Automoto – Mobil VW Campervan rakitan ini diklaim adalah satu-satunya mobil VW Camper fifth-wheel di dunia, mobil rakitan ini dibangun oleh pemiliknya dan terdaftar sebagai mobil yang berplat nomer negeri Inggris, ceritanya mobil tersebut sedang ditawarkan untuk berpidnah tangan ke pemilik baru.

Setelah kesuksesan dari Volkwagen Beetle (type 1) di akhir tahun 1930-an, kemudian di tahun 1940 muncullah ide untuk membangun Type 2. konsepnya mengacu pada desain yang dirancang oleh Ben Pon seorang importer yang mendesain chassis dari Beetle pada tahun 1947.

Produksi massal dimulai pada tahun 1950 dipabrikan VW yang berlokasi di Wolfsburg, Jerman. versi pertama memiliki fitur Split front windshield sehingga dijuluki “Splittie” . T1 tersedia dalam beberapa varian ada model panel van, pick-up dan microbus, mobil-mobil VW tersebut dalam masa kurun waktu yang lama telah menjadi simbol dari pergerakan budaya Hiippies pada tahun 1960-an, khususnya di Amerika Serikat.

Setelah generasi baru muncul dan tipe 2 dihentikan produksi di beberapa negara, kemudian produksi dilanjutkan di Brasil hingga bulan Desember 2013, karena produksi lama di kerjakan di Brasil, maka Tipe 2 mengalami berbagai macam pembaharuan makin lama makin modern baik mesin maupun interior-nya.

Sejak dirilisnya Volkwagen Type 2 ditahun 1950-an, Volkswagen merubah persepsi dunia tentang apa itu mobil Van, mobil ini banyak dibutuhkan oleh para pedagang didunia, menjadi mobil pilihan bagi pergerakan kaum Hippies ditahun 1960-an dan menjadi campervan paling banyak digemari diseluruh dunia.

Nah mobil Campervan VW yang ada diphoto terbuat dari 2 mobil Volkswagen Type 2, mobil bagian depan sebagai penggerak dan yang bagian belakang sebagai tempat tinggal dan pada bagian belakang interiornya lebih banyak dibanding pada mobil bagian depannya.

Karena bobot mobil semakin berat maka mesin asli diganti dengan mesin Audi S3 dengan kombinasi gearbox otomatis, mesin 2.0 valve inline-four double overhead ini tenaga minimumnya sebesar 207 bhp, mesin tersebut diletakkan dibagian belakang dari mobil yang paling depan.

Untuk Warna baik bagian depan dan belakang dicat 2 warna dan pada bagian interior dicat dengan warna kulit dan kream. bangku depan bisa muat untuk 3 orang dewasa. shifter otomatis audi diletakkan di tengah lantai yang dibungkus dengan bahan kulit.

Pada Fifth-wheel bagian belakang terdapat kasur lipat, kulkas, beberapa kabinet untuk penyimpanan dan juga terdapat bukaan atap agar kepala tidak kejedot, warna kelambu disesuaikan dengan warna mobil dan lantai terpasang lantai kayu.

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications