25.4 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

Fiat Moretti Sportiva Tahun 1968, Rare Namun Tak Begitu Terkenal

Fiat Moretti Sportiva tahun 1968 ini adalah salah satu 300 unit yang pernah diproduksi dan masih tergolong sebagai mobil sport yang sangat tidak dikenal, namun tetap cantik pada masanya dengan biaya operasional yang sangat terjangkau.

Automoto – Sportiva berbasis Fiat 850, mobil berpenggerak roda belakang bermesin belakang kecil dan harga terjangkau produksi dari Fiat.

Versi Sportiva selanjutnya menggunakan mesin 982cc yang lebih bertenaga, dan berkat bobot model yang rendah. Suspensi depan dan belakang yang independen memiliki performa yang signifikan di kelas perpindahannya.

Agnelli dan Moretti

Jika bukan karena persahabatan erat antara Giovanni Moretti dan Gianni Agnelli, pimpinan Fiat, kemungkinan besar Moretti Motor Company tidak akan bertahan hingga awal tahun 1960.

Persahabatan ini menghasilkan kesepakatan antara Moretti dan Fiat untuk menggunakan sasis Fiat dan perlengkapan dibawah mobil Moretti, dengan persyaratan yang sangat menguntungkan.

Kesepakatan tersebut bukan hanya dilakukan untuk menyelamatkan Moretti saja, Gianni Agnelli dikenal sebagai pebisnis yang brilian dan kesepakatannya dengan Moretti membuktikan hal ini, karena menghasilkan serangkaian mobil sport cantik yang mengusung nama Fiat, ditenagai oleh Fiat.

Mesin, dan semuanya tanpa biaya kepada Fiat yang benar-benar mendapat untung dari setiap sasis bertenaga yang mereka kirimkan ke Moretti.

Fiat Moretti pertama mulai muncul pada tahun 1961 berdasarkan Fiat 1100/103 H. Versi sport dari berbagai Fiat segera mulai bermunculan dengan bodi indah yang dirancang dan dibuat di Moretti, termasuk Moretti Fiat 2500 SS Coupé yang berpengaruh.

Fiat Moretti Sportiva

Fiat Moretti Sportiva akan memulai debutnya pada tahun 1967 tetapi pertama kali diperlihatkan kepada publik di Turin Motor Show pada tahun 1965.

Setahun kemudian di Turin Motor Show tahun 1966 Fiat Dino Spider diperkenalkan, dan mungkin secara kebetulan tetapi tidak diragukan lagi merupakan keberuntungan bagi Moretti bagian depan mobil memiliki lebih dari kemiripan dengan Sportiva.

Desain Moretti Sportiva diselesaikan oleh desainer Swiss Dany Brawand yang sebelumnya bekerja di bawah bimbingan Giovanni Michelotti di Ghia.

Pada pertengahan tahun 1960-an Brawand menjadi kepala Moretti Styling Center di Turin, Italia dan dalam peran ini dia bertanggung jawab atas banyak mobil Moretti yang paling berkesan termasuk Moretti 124 Coupé, Midimaxi, Panda Rock, dan tentu saja, the Olahraga.

Fondasi Moretti Sportiva semuanya berasal dari Fiat 850. Mobil kompak dua pintu yang relatif tenang namun terjangkau yang diproduksi Fiat pada tahun 1964, yang pada dasarnya merupakan pengembangan dari Fiat 600 sebelumnya dari tahun 1950-an.

Fiat 850, dan selanjutnya Moretti Sportiva, memiliki suspensi depan dan belakang independen, rem tromol empat roda, dan mesin 850cc yang dipasang di belakang menghasilkan 47 bhp pada 6.000 rpm yang semuanya dikirim kembali melalui transmisi manual 4 kecepatan ke roda belakang.

Versi selanjutnya dari Sportiva akan menerima mesin 982cc yang menghasilkan 61 bhp dan rem cakram depan. Mobil ini awalnya akan diproduksi sebagai coupe dua tempat duduk, diikuti oleh mobil convertible dua tempat duduk dan empat tempat duduk. adalah model S2 yang dibuat sekitar 52 unit, dan model ini secara luas dianggap paling diminati saat ini.

Banyak pemilik Sportiva telah mengupgrade mobil mereka selama bertahun-tahun, biasanya dengan mesin Fiat yang lebih besar, beberapa dengan mesin yang telah dimodifikasi oleh Abarth, dan menghasilkan tenaga yang jauh lebih besar daripada standar. , itu adalah mobil sport elegan di kelas sub-1000cc, mungkin yang paling elegan di dunia pada saat itu.

 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications