29.3 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

Jeep FC-150 Tahun 1962 Berbasis Wyllys

Jeep Willys “foward Control” FC-150 dirancang oleh desainer industri ternama yaitu Brooks Steven berbasis sasis Jeep CJ-5.

Automoto – FC-150 dikembangkan sebagai kendaraan alternatif yang lebih praktis dibandingkan Jeep biasa, dengan 3 kursi di depan dan bagasi yang relatif besar dibaguan belakang.

Harapan Willys mobil ini bisa digunakan untuk mobil pertanian dan industri. Namun tidak terjual sebanyak yang mereka targetkan.

Jeep FC -150 adalah salah satu kendaraan paling inovatif dikelasnya pada pertengahan abad ke-20.


Pada tahun 1958, perusahaan ini menawarkan rasio 1:1 antara bobot kosong dan bermuatan. Jenis rasio terendah yang ditawarkan oleh produsen dalam negeri pada saat itu di segmen pasar komersial.

Awalnya FC-150 mulai dipasarkan pada tahun 1956, diikuti FC-170, setahun kemudian pada tahun 1957, 2 varian inilah yang menjadi versi utama, meskipun konsep konsep lain dilakukan untuk memproduksi model lain. Faktanya FC-150 DRW diproduksi dalam jumlah yang terbatas.

Beberapa varian militer FC-170 yang dikembangkan dan terbukti lebih baik dalam banyak hal jika dibandigkan dengan M37, dengan ruang muatan 50% lebih banyak, muat 12 orang pasukan bukan 8 orang. Bahan bakar lebih hemat, jarak tempuh dua kali lipat, bobot hanya 700 lb.


Desain FC-150 selanjutnya dibuat dibawah lisensi di India oleh Mahindra dan Mahindra Limited di Mumbai (sebelumnya Bombay) diberi bodi bus danĀ  hasilnya bisa membawa penumpang lebih banyak.

Meskipun Jeep FC-150 tidak pernah terjual dalam jumlah yang diharapkan di Amerika serikat, namun di India dan Spanyol tetap diproduksi lebih dari 20 tahun setelah di Amerika di hentikan.

Jeep FC-150 dikembangkan tahun 1950 sebagai kendaraan bergaya truk pick-up serbaguna menggunakan sasis jeep CJ-5 yang ada sebelum perang dunia pecah jaman jeep wyllys.

Sebenarnya platform CJ-5 tidak terlalu cocok sebagai mobil pengangkut barang karena sumbu rodanya yang relatif pendek. Sehingga perancang industri Brooks Steven diberi tugas berat untuk membuat desain yang ringkas dan desainya cukup memuaskan perusahaan, hingga akhirnya reputasinya mencuat.

Steven mengembangkan desain yang terinspirasi dari konstruksi truk-kabin yang menggunakan mesin sederhana. Dia membuat desain dengan kabin digeser kedepan dan ke atas melewati ruangn mesin dari CJ-5 dan masih ada joj untuk tiga orang dibagian depan. Dan dikabin belakang jok motor bisa dijadikan tempat tidur.


FC-150 masih menggunakan sasis rangka baja dari CJ-5 demikian pula dengan mesin, rem dan suspensi yang sama untuk menghemat biaya pengembangan.


Pada saat dirilis tahun 1956, FC-150 dibekali mesin Hurricane yaitu mesin flathead inline-four 2,2 liter dan versi selanjutnya menjadi 3,7 liter Super Hurricanr inline-six dan beberapa mobil dipasang mesin ford Y-block V8.
Tenaga disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual Borg-warner T-90 tiga percepatam, lalu ditingkatkan menggunakan Borg-Warner T-98 empat percepatan mulai tahun 1958.


Kendaraan ini menggunakan as axel dan pegas baik didepan maupun belakang, dengan rem tromol, stir masih belum menggunakan powerstering.

FC-150 terus diproduksi dengan beberapa peningkatan, dari tahun 1956 hingga 1965. Meakipun demikian seperti yang sudah di jelaskan diatas bahwa di India dan Spanyol masih di produksi dibawah lisensi hingga tahun 1980.


Mobil FC-150 tahun 1962 yang ada diphoto telah direstorasi dan sekatang masuk di biro lelang Collecting CarCollecting Car swedia.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications