25.4 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

Budaya Mobil JDM, Makin Dinamis Dan Makin Digemari Orang

Dampak dari Budaya Mobil JDM sangatlah berpengaruh terhadap komunitas mobil saat ini, termasuk di Indonedia sendiri.

Automoto – Di antara berbagai komunitas mobil yang ada di seluruh dunia ini, para penggemar otomotif mobil salah satu hal yang paling menarik bagi mereka adalah ketika  berbicara tentang  Budaya mobil JDM yang terbilang unik namun menyenangkan.

Seperti yang kita ketahui bersama, budaya mobil di Jepang bisa kita dapatkan di majalah-majalah otomotif, dari film Fast & Furious dan video game ikonik seperti Grand Turismo. Orang-orang diseluruh dunia telah mengembangkan kecintaan abadi terhadap dunia budaya mobil Jepang, ya mobil-mobil JDM lah yang menjadi daya tarik tersendiri dan menghibur para pecintanya.

Tetapi apa sebenarnya budaya mobil JDM itu? dan apa yang membuat mobil itu menjadi JDM? kalian mungkin pernah mendengarkan istilah tersebut sebelumnya dan mengetahui satu atau dua hal tentang JDM, namun sejarah dibalik sisi paling menarik dari industri otomotif di Jepang sebenarnya cukup kompleks. 

Sebelum mendalami mobil JDM secara spesifik, ada baiknya kita melihat apa yang membuat kendaraan dari Jepng secara umum begitu istimewa, meski mereka mobil Eropa seperti Mercedes-Benz, Audi dan BMW terkenal dengan kendaraan mewahnya, Pabrikan Amerika seperti Chevrolet dan Ford sangatlah menonjol saat itu, karena kemampuan mereka untuk bisa menjangkau segmen pasar tertentu dengan diluncrukan jajaran produk yang serbaguna dan memiliki daya tarik tersendiri pada tampilan dan performanya.

Perusahaan mobil di Jepang selalu berhasil mencapai perpaduan yang sempurna antara kendaraan dan keterjangkauan harganya, kesalah pahaman tentang istilah JDM adalah bahwa orang cenderung berpikir bahwa setiap kendaraan dari jepang kelompokkan sebagai JDM.

meet up para pecinta mobil modifikasi

JDM sendiri adalah singakatan dari Pasar domistik Jepang, artinya mobil JDM adalah mobil yang mengacu pada mobil yang secara khusus diproduksi di Jepang untuk dijual hanya di Jepang saja, agar hal ini bisa terwujud artinya mobil tersebut harus memenuhi syarat dan aturan-aturan oleh pemerintah Jepang, termasuk mencakup undang-undang lalu lintas,  dan bisa menunjukkan surat standar emisi. 

Saat memodifikasi mobil JDM, penting juga untuk memastikan bahwa suku cadang aftermarket yang ditambahkan ke kendaraan yang dimodifikasi bersumber dari Jepang, dengan cara ini, kendaraan tetap asli asal Jepang tanpa dicemari oleh suku cadang dari negara lain karena hal tersebut tidak disukai didunia JDM.

Budaya mobil JDM

Salah satu aspek yang paling menarik dari budaya mobil Jepang adalah praktik modifikasi kendaraan secara besar-besaran dengan cara yang paling serbaguna dan unik, baik melalui peningkatan performa yang menghasilkan mobil sangat bertenaga, atau modifikasi desain ekterior yang gila-gilaan atau kedua-duanya, sebenarnya kesamaan modifikasi yang menjadi ciri khas terdapat pada subkultur yang membedakan antara satu mobil dengan mobil lainnya. 

Bosozoku misalnya adalah jenis modifikas gaya khusus jepang yang fokus pada penerapan body-kit mewah dan pipa knalpot yang sangat liar, ada yang tingginya melebihi tinggi mobil itu sendiri. kadang mereka memodifikasi mobil mereka berdasarkan dari sebuah film anime,  ada model modifikasi Shakotan salah satu modifikasi yang paling populer, mobil Shakotan menampilkan bagian bodi over-fender dan lebih lebar, serta bamper dan grill yang lebih lebar, dan masih banyak lagi subkultur jepang yang bisa kita amati dari setiap klun atau komunitas yang ada di Jepang. 

Diantara sekian banyak mobil JDM yang ada saat ini, hanya beberapa yang menonjol diantara mereka sebagai model yang legendaris yang sangat diidam-idamkan para antusias JDM karena performa yang tinggi dan ada yang disebabkan karena bentuk ekteriornya yang kelihatan indah dipandang mata.

budaya mobil JDM | Toyota supra

Mobil JDM yang paling Ikonik adalah Nissan Skyline R34 GT-R yang sangat kontroversial, awalnya mencapai ketenaran secara global setelah tampil sebagai mobil Brian O’corner di filam 2 fast 2 furios, tidak hanya cantik namun berperforma tinggi, di Amerika juga sangat diminati tetapi karena adanya larangan import maka mobil ini sangatlah langka.

Mobil JDM ikon lainnya yaitu Toyota MK4 Supra, yang menarik perhatian karena mesin yang digunakan yaitu mesin 2JZ yang bisa dimodifikasi dan merupakan mobil legendaris yang dapat dengan mudah tenaganya bisa mencapai 1000 tenaga kuda.

MK4 Supra dianggap sebagai salah satu mobil JDM yang paling bergaya hingga saat ini, kebetulan juga dikendarai oleh Brian o;corner di film Tha fast and the Furious. dan masih banyak lagi mobil JDM lainnya yang patut disebutkan. pantau terus automoto.id

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications