25.4 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

Ayo Kita Buat Maki-Sushi Ala Jepang Sendiri!

Automoto – Siapa yang tidak tahu masakan Jepang yang bernama Sushi? pasti sudah banyak yang tahu bahkan sudah pernah mencicipinya. masakan Sushi Jepang ini sudah terkenal diseluruh dunia, Susi ini berbahan dasar nasi dipadukan dengan cuka dan topping berbagai macam hasil laut mentah.

Sushi dibagi menjadi beberapa kelompok, pertama Haya-Zushi (fresh sushi) dengan topping hasil laut mentah, kedua Nare-Sushi yaitu sushi yang harus melalui proses permentasi dengan bahan lactic-acid bacuillus yang ketiga Edomae-sushi atau Nigiri Sushi atau juga disebut dengan Maki-sushi yaitu sushi yang digulung dengan tangan, namun di negara luar jepang semua kelompok sushi tersebut di sebut dengan sushi, sedang di Wilayah Jepang sendiri memiliki beragam nama. Sushi termasuk makanan yang mengandung protein tinggi khususnya daging ikan.

Karena sushi hanya menggunakan sedikit bumbu saja tidak seperti masakan-masakan lain yaitu hanya menggunakan campuran cuka saja dengan topping hasil laut yang segar atau ada yang ditambahkan sedikit gula maka sushi di kenal sebagai salah satu makanan yang paling sehat di dunia. sejalan dengan perkembangan jaman hampir seluruh dunia sudah ada restoran-restoran yang menyajikan masakan sushi termasuk di Indonesia, ada sushi bar, sushi te dan lain sebagainya.

Salah satu tipe Sushi yang tidak kalah terkenalnya yaitu Maki- Sushi  atau disebut juga sushi roll, Di Jepang sendiri biasanya pada bulan April adalah musim dimana anak-anak Jepang memasuki jenjang sekolah taman kanak-kanak, siswa-siswa TK tersebut biasanya membawa bekal sekolah (Bento) ke sekolah, orang tua mereka pasti berupaya untuk membuatkan bekal makan siang bagi anak-anaknya Maki-sushi dengan dihiasi sedemikian rupa agar anak-anaknya bisa menikmati bekal makan siangnya. ada yang ditambah dengan hiasan sosis yang dipotong-potong model bentuk gurita, nasi nya dibentuk dengan beberapa karakter anime atau hewan dilengkapi dengan nori atau rumput laut kering .

Maki-suzhi ini adalah hidangan yang sering disiapkan untuk perayaan masuk sekolah taman kanak-kanak yang biasanya di bulan april. sayur-sayuran atau ikan yang dibungkus dengan nasi dan nori dengan sedikit campuran cuka dengan bentuk bulat dibungkus dengan lembaran rumput laut kering (Nori)

Nah sahabat automoto, Kali ini kita akan memberikan tips dan resep bagaimana cara membuat Maki-Sushi, untuk membuat Maki-sushi untuk 4 porsi bahan-bahan yang harus disiapkan antara lain

  1. 300 gr Nasi
  2. 400 ml Air
  3. Cuka sushi
  • 3 sendok makan cuka
  • 2 sendok makan gula
  • 1 sendok teh garam
  1. wortel
  2. 1 sendok makan gula
  3. 1/4 sendok teh garam
  4. 200 ml air
  5. telur dadar
  • 2 butir telur
  • 1/2 sendok teh kecap asin atau soyu (kecap asin Jepang)
  • 1 sendot teh minyak sayur
  1. 1 buah ketimun
  2. 70 gr Ikan tuna ( tergantung selera) 
  3. 4 lembar Nori (rumput laut kering) lebar

Pertama tama campurkan cuka sushi yang terbuat dari bahan diatas yaitu cuka, gula dan garam kedalam sebuah panci kecil dimasak dengan api kecil dan diaduk pelan-pelan. setelah cuka susi selesai siram nasi dalam wadah dengan cuka sushi yang telah kita buat di aduk-aduk hingga rata kemudian biarkan selama kurang lebih 2 menit, begitu nasi dan cuka sushi sudah tervampur rata, lalu di kipas-kipas hingga nasi menjadi dingin, lalu bagi nasi tersebut menjadi 4 porsi yang sama besar.

Langkah berikutnya kupas wortel lalu potong batang dengan diameter 1 cm, masukkan potongan wortel kedalam panci lalu di masak dengan api sedang, setelah air mendidih kecilkan apinya dan masak lagi hingga 5 menit, setelah 5 menit masukkan gula dan garam kemudian panci ditutup rapat dan masak lagi hingga 7 menit, setelahnya matikan api biarkan dingin agar wortel menyerap bumbunya.

Langkah berikutnya masak telur dadar, tambahkan gula, garam dan kecap asin Jepang (soyu) dan tambahkan air 1 sendok makan kemudian diaduk rata, tuangkan minyak sayur secukupnya, begitu sudah panas masukkan adonan telur dadar sambil diaduk dengan cepat, saat ampuran telur tersebut setengah matang angkat panci lalu miringkan agar telurnya merosot ke sisi panci dan bentuklah menjadi telor dadar, kecilkan api goreng hingga matang sepenuhnya, setelah telor dingin iris telor dasar berbentuk potongan-potongan kecil berdiameter 1 cm. lalu iris ketimun memanjang dengan diameter 1cm juga, masukkan ikan tuna dalam saringan kemudian di tiriskan.

Gelar tikar penggulung sushi atau kain yang kuat, lalu letakkan lembaran nori di atasnya. Lembabkan tangan Anda, lalu lap sedikit dengan handuk tangan. Ambil salah satu dari seperempat porsi nasi yang sudah diberi cuka beras, lalu sebarkan merata di atas nori, dengan meninggalkan jeda berdiameter sekitar 5 cm tanpa nasi di ujung nori.

Gunakan kedua jempol untuk mengangkat bagian dekat ujung tikar penggulung, dan jari-jari lainnya untuk menahan isi agar tetap pada tempatnya. Angkat tepi yang dekat dengan kita ke arah tepi yang jauh dari kita untuk menangkupnya. Gulung menjadi bentuk silinder, lalu gulung maju mundur sedikit agar membuat bentuk yang baik. Letakkan gulungan yang sudah jadi dengan ujung gulungan menghadap ke bawah. Gulung tiga gulungan berikutnya dengan cara yang sama.

Nah demikian sedikit resep dan tip cara membuat maki-sushi, semoga bisa dijadikan referensi serta selamat mencoba.

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications