29.3 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

Apollo GT “The Thorndyke Special” satu-satunya mobil legendaris di dunia

Automoto – Mobil Thorndyke Special dinegaranya sudah tidak asing lagi, khususnya bagi anak-anak  yang suka nonton film “Herbie: The Love Bug”, namun tidak banyak orang yang tahu bahwa sebenarnya mobil tersebut adalah mobil langka buatan Amerika dan Itali berbasis mobil Apollo GT.

Mobil Apollo GT diciptakan oleh seorang mekanik asal Amerika bernama Milt Brown untuk menunjukkan sebuah mobil asal Amerika yang kencang dan seelegan mobil GT Eropa ditahun 1960-an. Chassis mobil dirancang oleh Brown sendiri sementara body mobil di kerjakan di Amerika sebelum dijual, tercatat hanya ada 88 unit yang telah diproduksi selama tahun 1962-1964.

Julukan Thorndyke Special sebenarnya adalah tokoh utama dalam film Herbie pertama yang berjudul “The love Bug” yang tayang primiernya di bioskop-bioskop pada tahun 1986, Mobil berjuluk “The Thorndyke Special ini” berbasis mobil Apollo GT yang di cat dengan warna hitam dan kuning digarap oleh seorang builder mobil balap legendaris bernama Balchowsky, mobil yang dipersiapkan untuk film ini dibangun 2 unit yang satunya rusak sehingga tinggal 1 unit saja.

Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2004 seseorang telah melakukan proyek restorasi the Thorndyke special yang tersisa, kemudian menjualnya, mobil Apollo GT satu-satunya ini setelah dilakukan restorasi dibandrol senilai 175.000 hingga 250.000 dollar Amerika atau bila dirupiahkan mobil tersebut senilai 266.398.125 hingga 3,8 M, wow fantastis bukan?

Sejenak kita kembali ke sejarah terciptanya Apollo GT, mobil ini mulai dibuat pada awal tahun 1960-an, pada waktu itu ada seorang mekanik mobil muda asal Amerika bernama Milt Brown telah lama ingin membangun mobil  GT Amerika untuk bersaing dengan mobil-mobil GT Eropa seperti Aston Martin DB4GT, Ferrari 250 GT series dan Jaguar E-Type. lalu Milt Brown mendesain sebuah chassis mobil yang bisa dibilang terdepan, chassis tersebut dipadukan dengan Coil spung suspension disetiap rodanya, sedangkan mesinnya dipasang dibagian belakang agar mendapatkan distribusi bobot yang optimal, dan jok pengemudi diposisikan agak kebelakang hingga bagian as bagian belakang, sedang mesin yang digunakan yaitu mesin Buick V8 berkubikasi 215cc dari bahan alloy. mesin Buick 215 V8 itu sendiri diproduksi mulai tahun 1961 hingga 1963, mesin buick ini juga digunakan oleh mobil-mobil rover jebolan Ingris yang diberi nama dengan mesin The Rover V8, perusahan asal Inggris ini membeli lisensinya untuk memproduksi The Rover V8 hingga tahun 2006.

Kepopuleran mesin Buick V8 itu sudah tidak diragukan lagi adapun yang membuat orang-orang suka dengan mesin ini yaitu karena bobotnya yang ringan dan memiliki tenaga dan torsi yang tinggi, oleh karena alasan inilah Milt Brown memutuskan untuk membangun mobil Apollo 3500GT. dibantu oleh salah satu koleganya bernama Ron Plescia mereka mendesain ulang body mobil, Ron Plescia pergi ke Eropa untuk menjumpai orang yang membuat Apollo GT untuk berdiskusi, lalu bertemu dengan pendiri bengkel intermeccanica bernama Frank Reisner  di ajang balap Monaco Grand prix pada tahun 1960 dan milt mempercayainya untuk menangani proyek tersebut dan kemudian hasil akhir pengerjaan body mobil tersebut dikirim ke Milt Brown untuk dipasang pada chasis yang telah dirancangnya. hingga sekarang mobil Apollo GT termasuk mobil klasik yang langka. 

Nah Sahabat automoto mobil Apollo GT Thorndyke Special yang ada diphoto ini adalah satu-satunya didunia yang juga telah kesohor melalui film herbie ini yang dirilis pada tahun 1968, mobil ini direstorasi pada tahun 2004 karena pernah mengalami kerusakan karena kecelakaan sehingga ada bagian body mobil yang rusak pada bagian body yang berwarna kuning, setelah berkonsultasi dengan arahan pembuat herbie aslinya maka proyek restorasi tersebut berlangsung, dan melalui film herbie yang diputar-putar ulang untuk mendapatkan hasil yang maksimal sesuai aslinya. setelah direstorasi mobil tersebut sekrang ini dijual dengan tafsiran harga $ 175.000- $250.000 melalui biro lelang bonhams.

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications